PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU SMK DALAM PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE 365
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6690Keywords:
Tegal, Microsoft, Office 365, teachers, administration.Abstract
Abstrak: Office 365 adalah aplikasi Microsoft yang diciptakan satu paket berupaWord, Power Point, Outlook, Excel, Acces dan Publisher. Office 365 memberikan kemudahan menjalankan pekerjaan melalui berbagai aplikasi fitur yang ada, dirancang membantu menyelesaikan lebih banyak secara lebih inovatif dengan layanan cloud cerdas. Banyak yang belum mengenal kelebihan dan kegunaan dari Office 365. Khususnya Guru dan TU di SMKN 3 Tegal padah sudah memiliki akun loginnya. Namun tidak mengetahui bagaimana menggunakan office 365. Pengabdian ini bertujuan untuk memudahkan kinerja bersama antara tata usaha dan proses mengajar bagi guru di SMKN 3 Tegal dengan memanfaatkan office 365. PKM ini menggunakan metode sosialisasi, dengan tahapan: persiapan (survey), memberikan materi, tanya jawab, diskusi, praktik, pendampingan serta dilakukan pre-test dan post-test untuk mengevaluasi kegiatan PKM. Pengabdian berlangsung selama 3 hari, dengan peserta 35 orang. Hasilnya peserta dapat mengoperasikan dan menggunakan akun Office 365 yang telah dimilki dengan baik dan lancar, saat dilakukan praktik dan evaluasi berupa pretest dan posttest pada quisioner yang telah diberikan, sebanyak 80% sudah dapat mengenal, memahami menggunakan dan operasikan office 365 secara baik dan lancar.
Abstract: Office 365 is a Microsoft application made in one package in the form of Word, PowerPoint, Outlook, Excel, Access, and Publisher. Office 365 makes it easy to get work done through a variety of existing applications, designed to help get more done innovatively with intelligent cloud services. Many do not know the advantages and uses of Office 365. Especially teachers and TU at SMKN3 Tegal already have a login account. However, they do not know how to use office 365. This service aims to facilitate joint performance between the administration and the teaching process for teachers at SMKN 3 Tegal by utilizing office 365. This PKM uses the socialization method, with the following stages: preparation, presentation, questions answer, discussion, practice, mentoring as well as pre-test and post-test for discussion of PKM activities. The service lasted for 3 days, with 35 participants. As a result, participants can operate and use their Office 365 accounts well and smoothly. This can be seen when practice is carried out and posttest of community service activities is carried out on the questionnaire that has been given as many as 80% can recognize, understand, use and operate Office 365 well and smoothly.
References
Agus, I., Destiawati, F., & Dhika, H. (2019). Perbandingan Cloud Computing Microsoft Onedrive , Dropbox , dan. Faktor Exacta, 12(1), 20–27.
Amirullah, G., & Maesaroh. (2020). Pelatihan Pengembangan Kelas Ditigal Berbasis Microsoft Office 365 di Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta. Communnity Development Journal, 1(3), 223–227.
Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 Bagi Pendidikan di Kabupaten Klaten Untuk Mewujudkan 21 St Century Learning : Sebuah Langkah Awal. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Dairoh, Wiyono, S., & Ratono. (2021). Pelatihan pembuatan website sederhana sebagai upaya meningkatkan kemampuan hard skill pelajar di SMK Negeri 3 Tegal. Community Empowerment, 6(5), 802–807.
Dairoh, Yoka, M., Sasmito, G. W., Mc.Chambali, & Laksmono, D. I. A. G. (2019). Peningkatan Pemahaman dalam Pembuatan Web Sederhana Bagi Siswa-Siswi SMKN 1 Bumijawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 25(3), 117–120.
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.
Ferdiana, R., Eka, R., & Fauzan, I. (2013). petunjuk praktis Microsoft Office 365. lulu.
Handayani, S., Hadi, S., Semarang, U., Hatta, J. S., Kulon, T., Pedurungan, K., & Semarang, K. (2020). Pelatihan E - Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 49–58.
Khoirudin, Christioko, b V., & Nugroho, A. (2020). Transformasi Ditigal Tata Kelola kegiatan UMKM bebrbasis Office 365. Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat Tematik, 2(2), 1–7.
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. 3, 150–165.
Nelius, H., Fransisca Dewi Silalahi, N., Sormin, E., Sanga Lamsari Purba, L., & Sumiyati, S. (2019). The difference of students’ learning outcomes with project based learning using handout and sway Microsoft 365. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 24–30. https://doi.org/10.24114/jpkim.v11i2.14459
Saputra, A. D., & Saddhono, K. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Microsoft Office Team 365 untuk SMA di masa pandemi. Lingua, 18(1), 16–26. https://doi.org/10.30957/lingua.v18i1.669.berdekatan
Stefany, S., Purbojo, R., & Adeline, C. (2020). Managerial Kelas Online bagi Tenaga Pendidik. 4(3).
Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 alam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal, 381–386.
Suranto. (2020). Gerakan Guru Menulis Buku Melalui Pelatihan Online dengan Microsoft Teams Bagi Guru Se Kota Salatiga. J-ABDIPMAS, 4(2), 109–116.
Susilo, A., & Suhardi, D. A. (2018). Kajian Pemanfaatann Fitur Dan Fasilitas Moodle dan Office 365 Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Tutorial Online. Edcomtech, 3(2), 53–62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).