PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU SMK DALAM PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE 365

Authors

  • Dairoh Dairoh Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • slamet Wiyono Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Very Kurnia bakti Program Studi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Ratono Ratono Program Studi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Dwi Intan Af'idah Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Riszki Wijayatun Pratiwi Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Sharfina Febbi Handayani Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6690

Keywords:

Tegal, Microsoft, Office 365, teachers, administration.

Abstract

Abstrak: Office 365 adalah aplikasi Microsoft yang diciptakan satu paket berupaWord, Power Point, Outlook, Excel, Acces dan Publisher. Office 365 memberikan kemudahan menjalankan pekerjaan melalui berbagai aplikasi fitur yang ada, dirancang membantu menyelesaikan lebih banyak secara lebih inovatif dengan layanan cloud cerdas. Banyak yang belum mengenal kelebihan dan kegunaan dari Office 365. Khususnya Guru dan TU di SMKN 3 Tegal padah sudah memiliki akun loginnya. Namun tidak mengetahui bagaimana menggunakan office 365. Pengabdian ini bertujuan untuk memudahkan kinerja bersama antara tata usaha dan proses mengajar bagi guru di SMKN 3 Tegal dengan memanfaatkan office 365. PKM ini menggunakan metode sosialisasi, dengan tahapan: persiapan (survey), memberikan materi, tanya jawab, diskusi, praktik, pendampingan serta dilakukan pre-test dan post-test untuk mengevaluasi kegiatan PKM. Pengabdian berlangsung selama 3 hari, dengan peserta 35 orang. Hasilnya peserta dapat mengoperasikan dan menggunakan akun Office 365 yang telah dimilki dengan baik dan lancar, saat dilakukan praktik dan evaluasi berupa pretest dan posttest pada quisioner yang telah diberikan, sebanyak 80% sudah dapat mengenal, memahami menggunakan dan operasikan office 365 secara baik dan lancar.

Abstract: Office 365 is a Microsoft application made in one package in the form of Word, PowerPoint, Outlook, Excel, Access, and Publisher. Office 365 makes it easy to get work done through a variety of existing applications, designed to help get more done innovatively with intelligent cloud services. Many do not know the advantages and uses of Office 365. Especially teachers and TU at SMKN3 Tegal already have a login account. However, they do not know how to use office 365. This service aims to facilitate joint performance between the administration and the teaching process for teachers at SMKN 3 Tegal by utilizing office 365. This PKM uses the socialization method, with the following stages: preparation, presentation, questions answer, discussion, practice, mentoring as well as pre-test and post-test for discussion of PKM activities. The service lasted for 3 days, with 35 participants. As a result, participants can operate and use their Office 365 accounts well and smoothly. This can be seen when practice is carried out and posttest of community service activities is carried out on the questionnaire that has been given as many as 80% can recognize, understand, use and operate Office 365 well and smoothly.

References

Agus, I., Destiawati, F., & Dhika, H. (2019). Perbandingan Cloud Computing Microsoft Onedrive , Dropbox , dan. Faktor Exacta, 12(1), 20–27.

Amirullah, G., & Maesaroh. (2020). Pelatihan Pengembangan Kelas Ditigal Berbasis Microsoft Office 365 di Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta. Communnity Development Journal, 1(3), 223–227.

Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 Bagi Pendidikan di Kabupaten Klaten Untuk Mewujudkan 21 St Century Learning : Sebuah Langkah Awal. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Dairoh, Wiyono, S., & Ratono. (2021). Pelatihan pembuatan website sederhana sebagai upaya meningkatkan kemampuan hard skill pelajar di SMK Negeri 3 Tegal. Community Empowerment, 6(5), 802–807.

Dairoh, Yoka, M., Sasmito, G. W., Mc.Chambali, & Laksmono, D. I. A. G. (2019). Peningkatan Pemahaman dalam Pembuatan Web Sederhana Bagi Siswa-Siswi SMKN 1 Bumijawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 25(3), 117–120.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Ferdiana, R., Eka, R., & Fauzan, I. (2013). petunjuk praktis Microsoft Office 365. lulu.

Handayani, S., Hadi, S., Semarang, U., Hatta, J. S., Kulon, T., Pedurungan, K., & Semarang, K. (2020). Pelatihan E - Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 49–58.

Khoirudin, Christioko, b V., & Nugroho, A. (2020). Transformasi Ditigal Tata Kelola kegiatan UMKM bebrbasis Office 365. Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat Tematik, 2(2), 1–7.

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. 3, 150–165.

Nelius, H., Fransisca Dewi Silalahi, N., Sormin, E., Sanga Lamsari Purba, L., & Sumiyati, S. (2019). The difference of students’ learning outcomes with project based learning using handout and sway Microsoft 365. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 24–30. https://doi.org/10.24114/jpkim.v11i2.14459

Saputra, A. D., & Saddhono, K. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Microsoft Office Team 365 untuk SMA di masa pandemi. Lingua, 18(1), 16–26. https://doi.org/10.30957/lingua.v18i1.669.berdekatan

Stefany, S., Purbojo, R., & Adeline, C. (2020). Managerial Kelas Online bagi Tenaga Pendidik. 4(3).

Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 alam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal, 381–386.

Suranto. (2020). Gerakan Guru Menulis Buku Melalui Pelatihan Online dengan Microsoft Teams Bagi Guru Se Kota Salatiga. J-ABDIPMAS, 4(2), 109–116.

Susilo, A., & Suhardi, D. A. (2018). Kajian Pemanfaatann Fitur Dan Fasilitas Moodle dan Office 365 Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Tutorial Online. Edcomtech, 3(2), 53–62.

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles