PENGENALAN PEMROGRAMAN WEB PADA KARANG TARUNA PEMUDA PEMUDI SEJATI GUNA MENGEMBANGKAN SKILL INFORMATION TECHNOLOGY HANDAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.6733Keywords:
Programming Training, Sales Website, Digital Marketing, Reliable ITAbstract
Abstrak: Pemograman dapat dipelajari siapa saja dan kapanpun tidak harus belajar formal. Organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna Pemuda Pemudi Sejati Desa Jambur Pulau, merupakan sekumpulan pemuda yang tertarik berorganisasi mempunyai program kerja jangka pendek dan jangka panjang. Karang taruna ini terbuka untuk pembelajaran yang memberikan manfaat terhadap individu maupun organisasi. Beberapa tahun terakhir anggota Karang Taruna Pemuda Pemudi Sejati juga menghasilkan handmade yang menarik terbuat dari bambu. Kreativitas anggota karang taruna ini telah menghasilkan uang melalui pemasaran lokal. Teknologi mendorong pelaku kreativitas menggunakan digitalisasi sebagai peningkatan pemasaran, ini memotivasi pemuda pemudi menguasai skill yang berkaitan dengan sistem informasi. Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta berjumlah 10 orang mampu membuat website pribadi atau swasta menggunakan MySQL. Pelatihan dilakukan secara daring dan luring dengan efisiensi waktu 20 hari selama sebulan bertujuan merancang sistem informasi pemasaran handmade bambu berbasis web.
Â
Abstract:Â Programming can be learned by anyone and at any time without having to be formally studied. Karang Taruna Pemuda Pemudi Sejati, Desa Jambur Pulau, are a group of young people who are interested in organizing and having short-term and long-term work programs. This organization is open to learning that benefits individuals and organizations. In the last few years, members of the have also produced attractive handmade items made of bamboo. The creativity of these youth members has made money through local marketing. Technology encourages creative actors to use digitalization as a marketing improvement, this encourages young people to master skills related to information systems. After participating in this training, 10 participants were able to create a personal or private website using MySQL. The training is conducted online and offline with time efficiency of 20 days for a month. The training is intended for youth members who want to develop programming skills so that they are able to develop web-based management information system applicationsReferences
Astuti, Yani Parti, Egia Rosi Subhiyakto, and Liya Umaroh. 2021. “Pendampingan Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo Bagi Siswa Kelas 9 SMP Muhammadiyah 6 Semarang.†4(2): 61–66.
Aulia, Romy, Mardalius Mardalius, and Febri Dristyan. 2019. “Peningkatan Pemanfatan Peran Teknologi Informasi Bagi Peserta Didik Lkp Bintang Mulia Batubara.†Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal 2(1): 49–52.
Herawati, S, A Parantika, and L Afriza. 2020. “Pelatihan Packaging Produk Unggulan Masyarakat Desa Wisata.†JMM (Jurnal Masyarakat … 4(6): 7–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2707.
Iksan, Muhamad. 2019. “Pelatihan Pembelajaran Berbasis E-Learning.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI 2(2): 128–33.
Kurniawan, Haris. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Bentuk.†5(2): 438–44.
Nuryati, Rina, Rudi Priyadi, and Enok Sumarsih. 2017. “J penguatan program pemberdayaan masyarakat pertanian melalui Jurnal Pengabdian Siliwangi ISSN 2477-6629.†Jurnal Pengabdian Siliwangi 3(1): 146–52.
Rachman, Andi Nur, and Cecep Muhamad Sidik Ramdani. 2016. “IbM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Global Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kelom Geulis (Studi Kasus: UKM Kelom Geulis Tamansari Tasikmalaya).†Jurnal Siliwangi 2(1): 64–68.
Ruswaji, Ruswaji, and Laely Chodariyanti. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepada Kelompok Ibu-Ibu Pkk Dan Karang Taruna Melalui Program Pelatihan ‘Hidroponik.’†Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat 2(01): 1.
Sinaga, Anita Sindar RM, Murni Marbun, and Arjon Samuel Sitio. 2021. “Penerapan Teknologi Informasi Penentuan Prioritas Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Pagar Jati.†Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal 4(1): 65–70.
Sinaga, Anita Sindar, Arjon Samuel Sitio, and Petti Sijabat. 2020. “Pengenalan Dasar Pengkodingan Secara Daring Pada SMK Pemda Lubuk Pakam.†Abdimas Universal 2(2): 95–99.
Siskayanti, R, W D Rusanti, and M E Kosim. 2020. “Pemberdayaan Karang Taruna Melalui Pelatihan Hidroponik Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Dengan Pemanfaatan Pekarangan ….†Prosiding Seminar Nasional ….
Sujarwo, and Akhiruddin. 2020. “Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI 4(2): 55–65.
Trisnadoli, Anggy, Indah Lestari, and Istianah Muslim. 2021. “Pelatihan Pengembangan Website Untuk Peningkatan Digital Profile Remaja.†Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 4(2): 67–72.
Utomo, Danang Wahyu, Defri Kurniawan, Ramadhan Rakhmat Sani, and Yani Parti Astuti. 2021. “Pemanfaatan Learning Management System ( LMS ) Sebagai Pendukung Pembelajaran Online Di SMK Syafi ’ i Akrom Pekalongan.†4(2): 1–6.
Widodo, Sri et al. 2020. “Aplikasi Digitalis Sederhana Dalam Upaya Peningkatan.â€
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).