PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN SISWA MELALUI PRAKTIKUM HUKUM KIRCHOFF DI MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6767Keywords:
Electricity circuit, Kirchoff’s Law, Practicum Media, Training,Abstract
Abstrak: Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang paling utama di dalam kehidupan manusia saat ini. Pengenalan terkait dengan kelistrikan penting diberikan kepada siswa/i sejak di tingkat menengah pertama agar menimbulkan pemahaman terkait kelistrikan yang digunakan sehari-hari. Teori listrik yang didasari oleh Hukum Kirchoff 1 dan 2 dapat digunakan untuk mengetahui parameter kelistrikan di dalam sebuah rangkaian listrik. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim pengabdian melakukan pengenalan media praktikum Hukum Kirchoff 1 dan 2 yang dilakukan dengan metode pengajaran teori dan penggunaan media praktikum sebagai percobaan secara langsung pada rangkaian listrik. Sehingga dapat memberikan pemahaman secara teori dan praktek kepada siswa/i. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan pada sekolah MTs Parmiyatu Wassa’adah dengan tim yang terdiri dari 3 (tiga) dosen, 2 (dua) mahasiswa, dan 32 siswa/i MTs. Evaluasi hasil kegiatan dilakukan dengan menyebarkan angket instrumen evaluasi kegiatan yang terdiri dari 7 (tujuh) pernyataan. Adapun hasil rekapitulasi angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa/i telah setuju mendapatkan pelatihan tentang Hukum Kirchoff 1 dan 2 secara teori dan praktek yang dapat dipahami dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil angket bahwa terdapat 66% siswa sangat setuju, 26% siswa setuju, 9% siswa kurang setuju, dan 0% siswa tidak setuju. Sehingga melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, siswa/i mendapatkan pengalaman yang baik dalam meningkatkan pemahaman terkait Hukum Kirchoff 1 dan 2.
Abstract: Electricity is one of the most important requirement in human life today. An introduction related to electricity is important given to students from the junior high school level in order to generate an understanding of electricity that is used daily. Electrical theory based on Kirchoff’s Law 1 and 2 can be used to determine the electrical parameters in an electrical circuit. In this community service activity, the team introduced the Kirchoff’s Law 1 and 2 which was carried out using theoretical teaching methods and the utilization of practicum media as direct experiments on electrical circuits. Furthermore, it can provide theoretical and practical understanding to students. This community service activity was implemented at MTs Parmiyatu Wassa’adah school with a team consisting of 3 (three) lecturers, 2 (two) college student, and 32 MTs students. Evaluation of the results on that activities is carried out by distributing a questionnaire of activity evaluation instruments which consist of 7 (seven) statements. The result of the questionnaire recapitulation indicate that most students have agreed to receive training on Kirchoff’s Law 1 and 2 in theory and practice which can be understood well. This can be seen from the results of the questionnaire that there are 66% of students strongly agree, 26% of students agree, 9% of students weakly agree, and 0% students disagree. So that through this community service activity, students get a good experience in increasing understanding related to Kirchoff’s Law 1 and 2.Â
References
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Halliday, Resnick, & Walker, J. (2007). Fundamental of Physics. Wiley.
Handayani, T. R., Ismet, I., Saparini, S., & Wiyono, K. (2021). Bahan Ajar Elektronik Rangkaian Arus Searah bagi Siswa Kelas XII SMA: Aspek Validitas. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(2), 160–170. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.709
Kapp, S., Thees, M., Strzys, M. P., Beil, F., Kuhn, J., Amiraslanov, O., Javaheri, H., Lukowicz, P., Lauer, F., Rheinländer, C., & Wehn, N. (2019). Augmenting Kirchhoff’s laws: Using augmented reality and smartglasses to enhance conceptual electrical experiments for high school students. The Physics Teacher, 57(1), 52–53. https://doi.org/10.1119/1.5084931
Kim, D., & Nam, J. (2018). Systematic Analysis for Electrical Conductivity of Network of Conducting Rods by Kirchhoff’s Laws and Block Matrices. Journal of Applied Physics, 124(21). https://doi.org/10.1063/1.5051390
Laksanawati, W. D., Burhendi, F. C. A., & ... (2021). Kolaborasi Dosen dan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 41–48. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/view/113
Mohamed, S. M. B., Ahmad, A. B., & Mazlan, A. B. (2021). Penggunaan WazeTech untuk Meningkatkan Tahap Kefahaman Pelajar dalam Topik Kirchoff’s Law. Journal on Technical and Vocation Education (JTVE), 6(2), 161–170.
Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44–53.
Putri, S. M., Zulkifli Bahri, & Dina Maizana. (2020). Design of Simple Electrical Generator As High School Learning Media. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 44–49. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v4i1.368
Rahmat, A., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Hukum Kirchoff di SMAN 1 Meranti. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(10), 2–16. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22125
Rifanti, U. M., Padilah, T. N., & Widyaningrum, I. (2019). Model Matematika Arus Listrik dengan Persamaan Diferensial Metode Koefisien Tak Tentu. Jurnal Matematika Integratif, 15(1), 1. https://doi.org/10.24198/jmi.v15i1.19637
Rohmah, R. N., Lesmono, A. D., & Harijanto, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah di Kelas XII MAN 1 Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, 2(September), 2527–5917.
Rumlus, M. D. L., Widjajanti, T., & Hilum, R. (2020). Penerapan Hukum Kirchoff pada Rangkaian Ekuivalen untuk Memperoleh Persamaan Telegraf. Jurnal Natural, 16(2), 1412–1328.
Sari Wahyuni Harahap, F. (2020). Analisis Dan Penyelesaian Model Matematika Pada Rangkaian Listrik Orde Dua. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 23.
Suparini, Wiyono, K., & Ismet. (2017). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory Dengan Real Laboratory Dalam Pembelajaran Hukum Kirchoff Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Universitas Sriwijaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 77–86.
Wahyudi, W. (2015). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Hukum OHM dan Kirchoff dalam Matakuliah Elektronika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.248
Yunita, H., Sesunan, F., Maulina, H., & Suana, W. (2021). Pembelajaran Blended Learning dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK. Physics Education Research Journal, 3(2), 133–140. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.2.8606
Yusanti, R. (2018). Kemampuan Menghitung Besar Arus dan Besar Tegangan pada Rangkaian Listrik Arus Searah Siswa Kelas X Jurusan Elektronika Insudtri SMK Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal PAJAR, 2(4), 12–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).