PELATIHAN DIGITAL BRANDING UNTUK PENCAPAIAN ECONOMIC SUSTAINABILITY

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6885

Keywords:

Brand, Digital, Knowledge, Skills, Sustainability

Abstract

Abstrak: Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM di Bali dalam membangun Brand yang kuat, sehingga dapat menjalankan usahanya secara berkelanjutan. Metode pelatihan yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, dan penugasan. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan yaitu sebanyak 9 pelaku UMKM di Bali. Evaluasi dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada peserta setelah pelatihan berlangsung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum tanggapan peserta terhadap materi kelas pendampingan ini secara keseluruhan 50% menyatakan sangat menarik dan 50% menyatakan menarik. Tanggapan terkait materi yang disampaikan oleh narasumber bermanfaat untuk pengembangan usaha atau menambah wawasan yaitu menyatakan 33% sangat bermanfaat dan 67% menyatakan bermanfaat. Tanggapan peserta tentang cara penyampaian materi narasumber yaitu 33% menyatakan sangat jelas dan 67% menyatakan jelas. Tanggapan peserta mengenai interaksi narasumber dengan audience yaitu 33% menyatakan sangat baik dan 67% menyatakan baik.

Abstract: The purpose of this training is to improve tke knowledge and skills of SMEs in Bali to build a strong brand, so they can run their business sustainably. The training methods used are lectures discussions, and assigments. Participant’s that joined training is 9 SMEs perpetrators in Bali. Evaluation is done by giving questionnaries to participant’s after the training. The result of evaluation showed that in general the participant’s responses to this accompaniment class material were 50% very interesting and 50% interesting. The responses is related to the presented material by source person is beneficial to business development or adding insight is 33% very beneficial and 67% is just beneficial. Participants' responses on how to deliver resource material were 33% stating it was very clear and 67% stated it was clear. Participants response to the source person interaction wit audience is 33% very well and 67% just good enough.

Author Biographies

Maulidian Maulidian, Agribisnis, Universitas Trilogi

Program Studi Agribisnis

Anisa Fitriani, Agribisnis, Universitas Trilogi

Program Studi Agribisnis

References

Baskoro, M. L., & Maulidian. (2019). Pelatihan Instagram Marketing Untuk Tenant Inkubator Bisnis Trilogi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 19-26.

Christian, M., & Hidayat, F. (2020). Dampak Coronavirus Terhadap Ekonomi Global. Perkembangan Ekonomi Keuangan dan Kerja Sama Internasional, 88-112.

Destalia, M., Damayanti, Wulandari, J., & Damayanti, H. (2020). Penguatan Brand Personality Melalui Instagram Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bandar Lampung. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 1(1), 24-30.

Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital Technology Entrepreneurship: A Definition and Research Agenda. Technology Innovation Management Review, 7 (5), 44-51.

Kemenkopukm. (2021). Pengembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB). Retrieved from www.kemenkopukm.go.id.

Kurniawati, E., Widowati, S. Y., & Santoso, A. (2021). Sosialisasi Pembuatan Merek Produk Ukm Di Kelurahan Pedurungan Semarang. J-ABDIMAS, 8(1), 8-12.

Masruroh, I., Rizky, A., & Arifah, F. (2020). Peran Pemerintah Dalam Mengatasi Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM Di Indonesia. Journal of Innovation and Knowledge (JIRK), 1 (1), 41-48.

Maulidian, Sumiasih, I. H., Puspitawati, M. D., & Indrawan, I. (2019). Pola Seleksi Berdasarkan Minat dan Bakat pada Calon Tenant Wirausaha Fakultas Bioindustri, Universitas Trilogi. Abdihaz: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2): 45-52.

Maulidian, Sumiasih, I. H., Puspitawati, M. D., & Seftiono, H. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Softskill Dan Hardskil Pada Tenant Fakultas Bioindustri. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3212-3225.

Nasution, D. A., Erlina, & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.

Permata, R. R., Safiranita, T., & Utama, B. (2019). Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Jawa Barat. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 10(2), 33-38.

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons Di Era New Normal. SOSIETAS: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 929-939.

Rizqon. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Budaya Syar-i, 7(5), 396-397.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 125-136.

Situmorang, M. K., & Ginting, A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM di Indonesia. JURNAL REGIONOMIC, 3(2), 11-22.

Zumaroh, Maza, R. E., & Lestari, E. P. (2020). Digitalisasi UMKM: Rongrongan Local Wisdom? Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen PMII, 1(1), pp. 1(1), 753–762. Tulungagung.

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles