PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM) DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA UKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6910Keywords:
digital marketing, umkm, TQMAbstract
Abstrak: Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Bandar Lampung dan Lampung Selatan Darmajaya oleh Dosen Darmajaya bertujuan untuk meningkatkan daya saing melalau peningkatan pengetahuan serta keterampilan terkait digital marketing, total quality management dan laporan keuangan. Target dari pengabdian yaitu untuk meningkatkan penjualan melalui website, meningkatkan mutu produk agar mampu bersaing dan meningkatkan kemampuan pembukuan. Kegiatan ini dihadiri UMKM dari Serikat Saudagar Nasional (SSN) yang berasal dari kota bandar lampung 45 orang, dan UMKM dari desa jati lampung selatan 15 orang. Metode pengabdian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu pertama Presentasi paparan terkait motivasi, kedua keterampilan memasukkan produk ke web dan ketiga membangun instrument peningkatan mutu. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18-20 Desember 2021. Hasil Pengabdian masyarakat yang dilakukan menunjukkan ada tambahan pengetahuan dan ketrampilan melalui teori dan praktek UMKM terkait digital marketing menjadi 85%, Total Quality Management 80%, dan HPP menjadi 83%. Hasil realisasi pengetahun terlihat pada meningkatnya pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan website jatiindahstore.com dan lampungberdaya.ac.id.
Abstract: The community service carried out in Bandar Lampung and South Lampung Darmajaya by Darmajaya lecturers aims to increase competitiveness through increasing knowledge and skills related to digital marketing, total quality management and financial reports. The target of the service is to increase sales through the website, improve product quality to be able to compete and improve bookkeeping skills. This activity was attended by 45 people from the National Merchant Union (SSN) from the Bandar Lampung city, and 15 SMEs from the Jati Lampung village in the south. This service method is divided into three parts: firstly, presentation of exposure related to motivation, secondly skills in entering products on the web and thirdly building quality improvement instruments. This activity took place from 18-20 December 2021. The results of community service carried out showed that there was additional knowledge and skills through MSME theory and practice related to digital marketing to 85%, Total Quality Management 80%, and HPP to 83%. The results of the realization of knowledge can be seen in the increase in product marketing carried out using the Jatiindahstore.com and Lampungberdaya.ac.id websites.
References
Abdul, A. R. Z., Sumantoro, I. B., & Maria, D. (2019). Total quality management of micro, small and medium enterprises (MSMEs), and the impact to organizational culture and performance: Emerging country case. Polish Journal of Management Studies, 19(1), 32–45. https://doi.org/10.17512/pjms.2019.19.1.03
Abdul Aziz, R. Z., Maria, D., Laila, S. N., & Azima, M. F. (2020). Development of Knowledge Management System for Determining Organizational Performances, Total Quality Management, and Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1529(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1529/2/022063
Asyifa, L. N. (2021). Pelatihan Bisnis Online Ibu Rumah Tangga dalam Mengatasi Kemiskinan Masa Pandemi COVID-19. 5(6), 4–12.
Dyan Yuliana, Irma Noervadila, Tri Astindari, S. & A. A. S. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Online Dalam Kegiatan Online Shop (Olshop) Siswa-Siswi Ma Sarji Ar-Rasyid. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–20.
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603
Hasibuan, M. S. (2016). Analisis Perhitungan Hpp Menentukan Harga Penjualan Yang Terbaik Untuk Ukm. Jurnal Teknovasi, 03(2), 10–16.
Hidayat, R., & Ashari, A. (2013). Penerapan Teknologi Web Service Untuk Integrasi Layanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Berkala MIPA, (23)I, 64–77.
Natha, K. S. (2008). Total Quality Management Sebagai Perangkat Manajemen Baru untuk Optimazation. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 13(1), 1–12.
oktavianti, S., & Dekas, R. (2021). Pelatihan Bisnis Online Shop Dalam Membentuk Jiwa Enterpreneur Remaja Kota Prabumulih Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(3), 662–669.
Prasetyo, B., Rahadiantino, L., Hanoraga, T., Subali, E., Hendrajati, E., & Agustin, D. S. Y. (2021). Pelatihan Bisnis Berbasis Smartphone pada Komunitas Keputih Surabaya. Sewagati, 5(1), 67. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i1.8134
Sil, M., Kassiavera, S., & Belly, N. M. (2018). Analisis Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Era Globalisasi. Prosiding: The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 “Pemberdayaan Dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital,†208–220. http://hdl.handle.net/11617/9960
Siregar, D. L., & Fauzi, R. (2020). Pembuatan Media Promosi Berbasis Web Sebagai Upaya. 4(6), 8–12.
Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. P. E., Suryati, K., Kartini, K. S., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 206–215. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3760
Yarlina, V. P., Huda, S., & ... (2021). Pengembangan Dan Pemasaran Produk Pangan Lokal Secara Digital Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(4), 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4645
Yunita, T., & Wijayanti, M. (2021). Edukasi kewirausahaan pada pemuda karang taruna melalui motivasi. 5(6), 4–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).