PERSONAL BRANDING IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA ALAM PEMANFAATAN PERIKLANAN AUGMENTED REALITY INDUSTRI KOSMETIK UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6995Keywords:
Augmented Reality, Cosmetics, Technology, Personal BrandingAbstract
Abstrak: Saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat memaksa semua sektor di kehidupan manusia untuk selalu menyesuaikan diri dan dituntut untuk dapat mengimplementasikan perkembangan tersebut. Perkembangan yang sedang terjadi saat ini adalah penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam kegiatan pemasaran dan promosi suatu produk, salah satunya adalah produk pada bidang kecantikan dan kosmetik. Tujuan untuk memberikan solusi dan pendampingan terhadap permasalahan yang ada khususnya di dalam beberapa sektor industri kosmetik dan kecantikan kepada IWAPI. Metode yang digunakan adalah sosialisasi berupa webinar untuk transfer pengetahuan terkait teknologi AR dan manajemen hubungan pelanggan dan evaluasi terhadap personal branding penggunaan teknologi AR. Hasil dari survei responden mengetahui mengenai teknologi Augmented Reality sebesar 73,3% dan 83,3% responden tertarik terhadap penggunaan teknologi AR serta pengenalan strategi pemasaran dan personal branding hasil evaluasi dan efektivitas kenaikan sebesar 78,1%.
Abstract: Currently, technological developments are increasingly rapidly forcing all sectors in human life to always adapt and are required to be able to implement these developments. The current development is he use of Augmented Reaity (AR) technology in the marketing and promotion of a product in the field of beauty and cosmetics. The aim is to provide solutions and assistance to exisiting problems, especially to IWAPI. The method used is socialization in theform of webinars for knowledge transfer related to AR technology. The results of the survey respondents know Augmented Reality technology by 73,3% and 83,3% of the respondents are interested in the use of technology as well as the introduction of marketing stratetgies and personal branding the results of the evaluations and effectiveness increase by 78,1%.
References
Ejaz, A., Ali, S. A., Ejaz, M. Y., & Siddiqui, F. A. (2019). Graphic user interface design principles for designing Augmented Reality applications. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(2), 209–216. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0100228
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Harra, Y. K., Aminulloh, A., & Qorib, F. (2021). Strategi Personal Branding Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Dalam Media Sosial Instagram. Diambil 26 Desember 2021, dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang website: http://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/659
Hayatun Nuvus, Mursyidah, A. (2019). Augmented Reality Sebagai Alat Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Markerless. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, Vol.3(1), 37–42.
Ismail, I., & AlBahri, F. P. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 3(2), 337. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i2.152
Josina. (2020). Korea Selatan Andalkan Cermin AR untuk Jualan Makeup. Diambil 26 Desember 2021, dari detik.inet website: https://inet.detik.com/cyberlife/d-5081407/korea-selatan-andalkan-cermin-ar-untuk-jualan-makeup
Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 4, 1–9.
Maulana, G. G. (2017). Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D dan Vuforia. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 6. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/177035-ID-penerapan-augmented-reality-untuk-pemasa.pdf
Mayleen. (2021). 4 Tips Rias Wajah Agar Tampil Cantik Saat Menghadiri Pesta. Diambil 26 Desember 2021, dari radar24news website: https://radar24news.com/4-tips-rias-wajah-agar-tampil-cantik-saat-menghadiri-pesta/
Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215
Prasasti, Z. B. R. (2021). Analisis Cara Kerja Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Lampung. Diambil dari https://osf.io/preprints/gsh76/
Pratiwi, H. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produkms Glow di Masa pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Universitas Muhamadiyah Sumatra Utara.
Restu. (2021). Pengertian dan Contoh Personal Branding. Diambil 26 Desember 2021, dari Gramedia Blog website: https://www.gramedia.com/best-seller/personal-branding/
Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070
Setiawan, D. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. Jurnal BAPPEDA, Vol. 4 No., 19–25.
Setyawati, H. A. (2021). Bagaimana Membangun Personal Branding? JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 2(1), 86–90. Diambil dari http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/858
Wahyu Wijaya, I. N. S., & Atmaja, K. J. (2019). Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 8(1), 55. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v8i1.17290
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).