PELATIHAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI PENDIDIK: STRATEGI PRAKTIS DI JENJANG SMP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7141Keywords:
School Culture, Internalization, Pancasila, Learning, TrainingAbstract
Abstrak: Tujuan PKM untuk memberikan pemahaman secara koseptual dan praktis berbagai strategi dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran dan budaya sekolah bagi pendidik jenjang SMP di Kabupaten Magetan. Jumlah partisipan dari pelatihan internalisasi nilai-nilai Pancasila di Kabupaten Magetan sebanyak 34 SMP Negeri dengan jumlah peserta 96 orang. Metode kegiatan pelatihan melalui sosialisasi dan workshop yang terdiri tiga tahap, yaitu: persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan pendampingan. Hasil yang dicapai menunjukkan respons partisipan pelatihan secara umum untuk tiap indikator urgensi materi PKM menunjukkan preferensi positif dengan mayoritas skor berkategori sangat baik dan baik. Ragam strategi menginternalisasi nilai-nilai Pancasila yang dominan disampaikan oleh partisipan melalui budaya di sekolah dan pembelajaran. Jumlah peserta pelatihan melaksanakan hasil PKM di sekolah dan menuliskannya dalam bentuk best practice sebanyak 67 orang (70%). Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah perlu dilakukan pengembangan strategi yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila di SMP yang diintegrasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, peran serta masyarakat, berbasis dengan kearifan lokal sehingga dapat membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kultur masyarakat setempat.
Abstract: The purpose of the community service was to conduct training providing conceptual and practical understanding on various strategies in internalizing the values of Pancasila through learning and school culture for junior high school educators in Magetan, East Java. The number of participants involved in the training on internalization of the values of Pancasila was 96 school principals and teachers from 34 public junior secondary schools in the area. The method of the training activities was through socialization and workshops which consisted of three stages, namely preparation, training implementation, and mentoring. In general, the results show positive responses from the participants in each indicator of the urgency of the materials, with the majority of scores being categorized as very good and good. Most of the strategies employed by the participants to internalize the values of Pancasila were through culture at schools and learning activities. There were 67 participants (70%) of the training implementing the results of the training at schools and writing in the form of best practice. It is necessary to develop strategies used in internalizing the values of Pancasila in junior high schools that are integrated into extracurricular activities and community participation based on local wisdom so that Pancasila can be embedded into the culture of the local community.
References
Agung, L. S. (2021). Pancasila Values as Strengthening Character Building during the Covid-19 Pandemic. SHEs: Conference Series, 4(4), 63-69. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4
Alaby, M. A. (2020). Menumbuhkan Kepribadian Bangsa yang Berkarakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1), 45-55.
Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628
Arfana, N. T. (2021). Sekjen MK: Tantangan Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan Semakin Kompleks. Retrieved from https://bit.ly/3zvJ1My
Bazeley, P., & Jackson, K. (2013). Qualitative Data Analysis With NVIVO. California SAGE Publications Ltd.
Budiwibowo, S. (2016). Revitalisasi Pancasila dan Bela Negara dalam Menghadapi Tantangan Global Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 565-585. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1083
Bukhari, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Fenomena:Jurnal Penelitian, 11(2), 155-180. https://doi.org/10.21093/fj.v11i2.200
Dispendik. (2013). Belajar Menulis Karya Ilmiah dengan WAPIK. Retrieved from https://bit.ly/3F35RMz
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267-1273.
Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 2(2), 66-78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546
Fatimah, S. (2021). Implementasi Kesadaran Berkonstitusi melalui Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 9(2), 167-179. https://doi.org/10.32672/jsa.v9i11
Fitri, D. A. (2019). Pancasila as a Legal Science Paradigm. International Journal of Law Recontruction, 3(2), 123-133. https://doi.org/10.26532/ijlr.v3i2.8055
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135. https://doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135
Hanpalam, T. (2021). The Value of Pancasila as Strengthening the Character Building of the Indonesian Nation. SHEs: Conference Series, 4(4), 172 - 178. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4
Irawan, H., & Firdaus, K. B. (2021). Resiliensi Pancasila di Era Disrupsi: Dilematis Media Sosial dalam Menjawab Tantangan Isu Intoleransi. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 36-47. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2509
Jamieson, S. (2016). Analyse Qualitative Data. Education for Primary Care, 27(5), 398-402. https://doi.org/10.1080/14739879.2016.1217430
Khoirunnisa, A. (2021). Pembelajaran PAI Berbasis Bahasa Inggris Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Globalisasi di MI Afkaaruna Islamic School Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(1), 56-67. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i1.4683
Kim, S. Y., Graham, S. S., Ahn, S., Olson, M. K., Card, D. J., Kessler, M. M.,. .. Bubacy, F. A. (2016). Correcting Biased Cohen’s Kappa in NVivo. Communication Methods and Measures, 10(4), 217-232. https://doi.org/10.1080/19312458.2016.1227772
Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SMA Se-Malang Raya. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 61-70. https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.15254
LP3M. (2020a). Laporan Pendampingan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
LP3M. (2020b). Panduan Internalisasi Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
LP3M. (2020c). Panduan Internalisasi Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247-9258. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3
Monalisa. (2021). Pancasila Values in the Business Event Against Entrepreneurial Attitudes. SHEs: Conference Series, 4(4), 237-241. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4
Muhayati, S. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Menangkal Radikalisme. Syntax Idea, 3(6), 1477-1493. https://doi.org/10.36418/syntax
Muslimin, H. (2016). Tantangan Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Pasca Reformasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 30-38. https://doi.org/10.26905/idjch.v7i1.1791
Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Kahfi, A., & Hudriyah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pengembangan Budaya Kualitas Madrasah: Riset Permasalahan di MTs dan MA Pondok Pesantren Rafah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 877-890. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1500
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7(1), 38-49. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.478
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 183-191. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 207-212. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546
Pratiwi, E. P. (2020). Pancasila Values Education in Learning History in Indonesia. SHEs: Conference Series, 3(2), 43-49. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4
Purnomo, I. M. B. A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Hindu Melalui Pembelajaran Bhagavad Gita Digital di Pasraman Gopisvara Buleleng. Jurnal Studi Agama, 1(2), 183-190. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i2.48
Riadi, A. (2018). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Al Falah, 18(2), 230-246. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v18i2.77
Rofiq, A. C. (2020). Ideal Relationship Between Pancasila and Indonesian Muslims. Jurnal Aristo, 8(2), 274-296. https://doi.org/10.24269/ars.v8i2.2459
Rohmah, M. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ekonomi. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 85-94. https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.616
Ruhadi, & Wiratomo, G. H. (2021). Building the Character and Thought Structure of Political Actors based on Pancasila Politics. SHEs: Conference Series, 4(4), 152-159. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50606
Ruhaningsih, D. (2011). Optimalisasi Pengajaran Akhlak Sebagai Upaya Mencapai Kualitas Pendidikan Berbasis Karakter: Penelitian di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 14-29.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249. https://doi.org/10.22146/jkn.64606
Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra, 101(2), 1-10. https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam Pendidikan di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286
Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai Kembali Multikulturalisme Indonesia dalam Bingkai Pancasila. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 34-41. https://doi.org/10.24269/v1.n1.2016.34-40
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53
Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. 12(1) 42-47. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5586
Soekarnoputri, M. (2021). The Establishment of Pancasila As The Grounding Principles of Indonesia. Jurnal Pertahanan, 7(1), 122-136. https://doi.org/10.33172/jp.v7i1
Subekti, H., Susilo, H., Ibrohim, I., Suwono, H., Martadi, M., & Purnomo, A. R. (2019). Challenges and Expectations towards Information Literacy Skills: Voices from Teachers’ Training of Scientific Writing. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 99-114. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.7
Sumardjoko, B., & Subowo, A. (2021). The Implementation of Javanese Local Wisdom Values as Strengthening the Practice of Pancasila. SHEs: Conference Series, 4(4), 186 - 193. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50610
Tjiptabudy, J. (2010). Kebijakan Pemerintah dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Pancasila di Era Reformasi. Jurnal Sasi, 16(3), 1-8.
Untari, S. K. (2021). Pendampingan Melalui Metode Tutebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Guru Kota Surabaya. Paper presented at the Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), Surabaya.
Wahyudi, N. E. R., Nufaisah, N., & Kusumastuti, E. (2021). Peran Agama dalam Pembentukan Dasar Falsafah Negara dan Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam,, 2(1), 25-44. https://doi.org/10.35673/atta'dib.v2i1.1327
Wathani, N. (2021). Internalisasi Nilai – Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta’dib : Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 19(2), 47-77. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2
Wulandari, N. A. (2021). Pancasila Menurut Perspektif Generasi Muda. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 1(1), 27-32. https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4413
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963-970. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).