PELATIHAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI PENDIDIK: STRATEGI PRAKTIS DI JENJANG SMP

Authors

  • Hasan Subekti Prodi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Prodi Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Prodi Desain Grafis, Universitas Negeri Surabaya
  • Sueb Sueb Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7141

Keywords:

School Culture, Internalization, Pancasila, Learning, Training

Abstract

Abstrak: Tujuan PKM untuk memberikan pemahaman secara koseptual dan praktis berbagai strategi dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran dan budaya sekolah bagi pendidik jenjang SMP di Kabupaten Magetan. Jumlah partisipan dari pelatihan internalisasi nilai-nilai Pancasila di Kabupaten Magetan sebanyak 34 SMP Negeri dengan jumlah peserta 96 orang. Metode kegiatan pelatihan melalui sosialisasi dan workshop yang terdiri tiga tahap, yaitu: persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan pendampingan. Hasil yang dicapai menunjukkan respons partisipan pelatihan secara umum untuk tiap indikator urgensi materi PKM menunjukkan preferensi positif dengan mayoritas skor berkategori sangat baik dan baik. Ragam strategi menginternalisasi nilai-nilai Pancasila yang dominan disampaikan oleh partisipan melalui budaya di sekolah dan pembelajaran. Jumlah peserta pelatihan melaksanakan hasil PKM di sekolah dan menuliskannya dalam bentuk best practice sebanyak 67 orang (70%). Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah perlu dilakukan pengembangan strategi yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila di SMP yang diintegrasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, peran serta masyarakat, berbasis dengan kearifan lokal sehingga dapat membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kultur masyarakat setempat.

Abstract: The purpose of the community service was to conduct training providing conceptual and practical understanding on various strategies in internalizing the values of Pancasila through learning and school culture for junior high school educators in Magetan, East Java. The number of participants involved in the training on internalization of the values of Pancasila was 96 school principals and teachers from 34 public junior secondary schools in the area. The method of the training activities was through socialization and workshops which consisted of three stages, namely preparation, training implementation, and mentoring. In general, the results show positive responses from the participants in each indicator of the urgency of the materials, with the majority of scores being categorized as very good and good. Most of the strategies employed by the participants to internalize the values of Pancasila were through culture at schools and learning activities. There were 67 participants (70%) of the training implementing the results of the training at schools and writing in the form of best practice. It is necessary to develop strategies used in internalizing the values of Pancasila in junior high schools that are integrated into extracurricular activities and community participation based on local wisdom so that Pancasila can be embedded into the culture of the local community.

Author Biographies

Hasan Subekti, Prodi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Sains

Bambang Yulianto, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Bahasa Indonesia

Harmanto Harmanto, Prodi Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Kewarganegaraan

Martadi Martadi, Prodi Desain Grafis, Universitas Negeri Surabaya

Desain Grafis

Sueb Sueb, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Agung, L. S. (2021). Pancasila Values as Strengthening Character Building during the Covid-19 Pandemic. SHEs: Conference Series, 4(4), 63-69. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4

Alaby, M. A. (2020). Menumbuhkan Kepribadian Bangsa yang Berkarakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1), 45-55.

Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Arfana, N. T. (2021). Sekjen MK: Tantangan Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan Semakin Kompleks. Retrieved from https://bit.ly/3zvJ1My

Bazeley, P., & Jackson, K. (2013). Qualitative Data Analysis With NVIVO. California SAGE Publications Ltd.

Budiwibowo, S. (2016). Revitalisasi Pancasila dan Bela Negara dalam Menghadapi Tantangan Global Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 565-585. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1083

Bukhari, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Fenomena:Jurnal Penelitian, 11(2), 155-180. https://doi.org/10.21093/fj.v11i2.200

Dispendik. (2013). Belajar Menulis Karya Ilmiah dengan WAPIK. Retrieved from https://bit.ly/3F35RMz

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267-1273.

Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 2(2), 66-78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546

Fatimah, S. (2021). Implementasi Kesadaran Berkonstitusi melalui Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 9(2), 167-179. https://doi.org/10.32672/jsa.v9i11

Fitri, D. A. (2019). Pancasila as a Legal Science Paradigm. International Journal of Law Recontruction, 3(2), 123-133. https://doi.org/10.26532/ijlr.v3i2.8055

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135. https://doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135

Hanpalam, T. (2021). The Value of Pancasila as Strengthening the Character Building of the Indonesian Nation. SHEs: Conference Series, 4(4), 172 - 178. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4

Irawan, H., & Firdaus, K. B. (2021). Resiliensi Pancasila di Era Disrupsi: Dilematis Media Sosial dalam Menjawab Tantangan Isu Intoleransi. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 36-47. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2509

Jamieson, S. (2016). Analyse Qualitative Data. Education for Primary Care, 27(5), 398-402. https://doi.org/10.1080/14739879.2016.1217430

Khoirunnisa, A. (2021). Pembelajaran PAI Berbasis Bahasa Inggris Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Globalisasi di MI Afkaaruna Islamic School Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(1), 56-67. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i1.4683

Kim, S. Y., Graham, S. S., Ahn, S., Olson, M. K., Card, D. J., Kessler, M. M.,. .. Bubacy, F. A. (2016). Correcting Biased Cohen’s Kappa in NVivo. Communication Methods and Measures, 10(4), 217-232. https://doi.org/10.1080/19312458.2016.1227772

Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SMA Se-Malang Raya. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 61-70. https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.15254

LP3M. (2020a). Laporan Pendampingan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

LP3M. (2020b). Panduan Internalisasi Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

LP3M. (2020c). Panduan Internalisasi Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247-9258. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3

Monalisa. (2021). Pancasila Values in the Business Event Against Entrepreneurial Attitudes. SHEs: Conference Series, 4(4), 237-241. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4

Muhayati, S. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Menangkal Radikalisme. Syntax Idea, 3(6), 1477-1493. https://doi.org/10.36418/syntax

Muslimin, H. (2016). Tantangan Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Pasca Reformasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 30-38. https://doi.org/10.26905/idjch.v7i1.1791

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Kahfi, A., & Hudriyah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pengembangan Budaya Kualitas Madrasah: Riset Permasalahan di MTs dan MA Pondok Pesantren Rafah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 877-890. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1500

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7(1), 38-49. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.478

Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 183-191. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 207-212. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546

Pratiwi, E. P. (2020). Pancasila Values Education in Learning History in Indonesia. SHEs: Conference Series, 3(2), 43-49. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4

Purnomo, I. M. B. A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Hindu Melalui Pembelajaran Bhagavad Gita Digital di Pasraman Gopisvara Buleleng. Jurnal Studi Agama, 1(2), 183-190. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i2.48

Riadi, A. (2018). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Al Falah, 18(2), 230-246. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v18i2.77

Rofiq, A. C. (2020). Ideal Relationship Between Pancasila and Indonesian Muslims. Jurnal Aristo, 8(2), 274-296. https://doi.org/10.24269/ars.v8i2.2459

Rohmah, M. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ekonomi. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 85-94. https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.616

Ruhadi, & Wiratomo, G. H. (2021). Building the Character and Thought Structure of Political Actors based on Pancasila Politics. SHEs: Conference Series, 4(4), 152-159. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50606

Ruhaningsih, D. (2011). Optimalisasi Pengajaran Akhlak Sebagai Upaya Mencapai Kualitas Pendidikan Berbasis Karakter: Penelitian di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 14-29.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249. https://doi.org/10.22146/jkn.64606

Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra, 101(2), 1-10. https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam Pendidikan di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286

Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai Kembali Multikulturalisme Indonesia dalam Bingkai Pancasila. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 34-41. https://doi.org/10.24269/v1.n1.2016.34-40

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. 12(1) 42-47. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5586

Soekarnoputri, M. (2021). The Establishment of Pancasila As The Grounding Principles of Indonesia. Jurnal Pertahanan, 7(1), 122-136. https://doi.org/10.33172/jp.v7i1

Subekti, H., Susilo, H., Ibrohim, I., Suwono, H., Martadi, M., & Purnomo, A. R. (2019). Challenges and Expectations towards Information Literacy Skills: Voices from Teachers’ Training of Scientific Writing. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 99-114. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.7

Sumardjoko, B., & Subowo, A. (2021). The Implementation of Javanese Local Wisdom Values as Strengthening the Practice of Pancasila. SHEs: Conference Series, 4(4), 186 - 193. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50610

Tjiptabudy, J. (2010). Kebijakan Pemerintah dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Pancasila di Era Reformasi. Jurnal Sasi, 16(3), 1-8.

Untari, S. K. (2021). Pendampingan Melalui Metode Tutebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Guru Kota Surabaya. Paper presented at the Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), Surabaya.

Wahyudi, N. E. R., Nufaisah, N., & Kusumastuti, E. (2021). Peran Agama dalam Pembentukan Dasar Falsafah Negara dan Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam,, 2(1), 25-44. https://doi.org/10.35673/atta'dib.v2i1.1327

Wathani, N. (2021). Internalisasi Nilai – Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta’dib : Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 19(2), 47-77. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2

Wulandari, N. A. (2021). Pancasila Menurut Perspektif Generasi Muda. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 1(1), 27-32. https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4413

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963-970. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles