PEMBERDAYAAN PANTI ASUHAN MELALUI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA BISNIS UNTUK MENUNJANG KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7146Keywords:
e-commerce, Entrepreneurship, Orphanage, Information TechnologyAbstract
Abstrak Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan penyuluhan untuk meningkatkan jiwa wirausaha dan meningkatkan pengetahuan keterampilan penggunaan teknologi informasi e-commerce sebagai sarana untuk menjual produk yang mereka hasilkan secara online. Metode dalam pelaksanaan menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan tahapan rencana yaitu sosialisasi pelaksanaan kegiatan, penyuluhan kewirausahaan, perancangan aplikasi, pelatihan penggunaannya serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa anak panti asuhan Sejati Muhammadiyah telah mendapatkan pengetahuan berwirausaha kedalam beberapa hal yang meliputi tanggungjawab, inovasi, militansi, dan berbagi. Mereka juga mendapatkan pengetahuan kemudahan akses pemasaran melalui aplikasi "Sejati Mart". Dari kegiatan pendampingan tersebut, aspek pengetahuan, keterampilan, dan motivasi mengalami peningkatan nilai secara signifikan. Aspek pengetahuan dari 45,14% menjadi 90,14%, aspek keterampilan dari 33,8% menjadi 80,3%, dan aspek motivasi dari 60,4% menjadi 93,2%. Kenaikan nilai tersebut merupakan bukti bahwa anak panti asuhan sejati muhammadiyah rappang membutuhkan pendampingan teknolog E-commerce yang intensif.
Abstract: The purpose of this community service activity is to provide counseling to improve the entrepreneurial spirit and increase knowledge of skills in using e-commerce information technology as a means to sell the products they produce online. The method in implementation uses the Participatory Rural Appraisal (PRA) method with the planning stages, namely socializing the implementation of activities, entrepreneurship counseling, application design, training on its use as well as monitoring and evaluation. The results of this community service activity show that the orphanage children Sejati Muhammadiyah Rappang have gained entrepreneurial knowledge into several things which include responsibility, innovation, militancy, and sharing. They also gain knowledge of easy access to marketing through the "Sejati Mart" application. From these mentoring activities, aspects of knowledge, skills, and motivation experienced a significant increase in value. Knowledge aspects from 45.14% to 90.14%, skills aspects from 33.8% to 80.3%, and motivational aspects from 60.4% to 93.2%. This increase in value is proof that the orphanage children Sejati Muhammadiyah Rappang needs intensive assistance from e-commerce technologists.
References
Aqmala, D., & Putra, F. I. F. S. (2020). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Peningkatan Kreativitas Dan Inovasi Diri Pada Anak- Anak Panti Asuhan Putri Siti Khadijah Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(1), 29–33.
Aqmala, D., Putra, F. I. F. S., & Suseno, R. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Membentuk Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(1), 60–70. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i1.10858
Eliyatiningsih, A, S. L., & Etikasari, B. (2017). Pembinaan Sociopreneur sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Anak Yatim di Yayasan Raudlatul Akbar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, 73–77.
Fitriyanti, F., & Astuty, I. (2021). Pengembangan Pemasaran Online Umkm Almeera Emping Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 247–251. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i3.24788
Isbanah, Y., Kautsar, A., & Prabowo, P. S. (2017). Membangun Kemandirian Financial Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Abdimas, 21(2), 153–160.
Mursalat, A., & Razak, M. R. R. (2021). Pengembangan Produktivitas Bumdes Melalui Sistem Informasi E-commerce Sebagai Sarana Pemasaran Produk Desa Timoreng Panua Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 45–51. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v3i2.1327
Mustanir, A., Razak, M. R. R., & Mursalat, A. (2021). Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa Dengan Teknologi Informasi Dimasa Pandemi Covid-19 Dalam Pelayanan Publik Yang Less Contact. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2246–2258. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5250
Novriansyah, Y., Asman, M., & Harahab, D. F. (2021). Mengembangkan Kreativitas Berwirausaha Generasi Muda Masa Pandemi Covid 19 Di Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Jurnal Pengabdian KITA, 4(1), 1–6.
Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start Up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.701
Permana, T. I., Qibtiyah, S. M., Rohmah, L. F., Hidayat, N. H., Rahmawati, H. R., Setyaningsih, Y., & Rochani, A. (2021). Pembentukan Karakter Wirausaha Anak Panti Asuhan Aisyiyah Dinoyo Malang melalui Batik Celup. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.30025
Subagio, S. (2019). Perancangan E-commerce Hasil Produk BUMDES Desa N8 Labuhanbatu Dalam Meningkatkan Nilai Ekonomis bagi Ibu-ibu Rumah Tangga Desa N8. Jurnal Informasi Komputer Logika, 1(3). http://ojs.logika.ac.id/index.php/jikl/article/view/44/49
Sugianto, N., & Utama, F. P. (2021). E-commerce Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kelompok Tani Pangestu Rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 14–20. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.23656
Susanti, V. D., Nur Hidayati, S. Q., & Putri, A. N. (2018). Pelatihan “Basho Kanel†Baby Shoes Kain Flanel Sebagai Bekal Wirausaha Mandiri Bagi Remaja Putri Panti Asuhan Siti Hajar Madiun. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 203–210. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1428
Sutabri, T., Suwarni, Rawati, S., & Lucyanti, E. (2017). Pelatihan E-commerce Bagi Remaja di Lingkungan Panti Asuhan Sosial Bina Remaja (PSBR) Bambu Apus. PAMAS:Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 59–63. https://doi.org/10.52643/pamas.v1i1.443
Tanjung, H. W. (2015). Menjadi wirausahawan bagi mahasiswa Alterntif mengatasi pengangguran terdidik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(82), 1–10. https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i82.3457
Yunianto, M., Purnama, B., Kusumandari, & Utari. (2019). Inisiasi Kemampuan Berwirausaha melalui Pengenalan E-commerce bagi Anak Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cabang Blimbing Sukoharjo. JPPM:Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 279–284. https://doi.org/10.30653/002.201943.155
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).