STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN, TATA KELOLA, DAN AKUNTABILITAS UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Muhammad Taqi Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang
  • Rudi Zulfikar Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang
  • Windu Mulyasari Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang
  • Tubagus Ismail Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang
  • Dirvi Surya Abbas Mahasiswa Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang
  • Nela Dharmayanti Mahasiswa Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang
  • Rosedian Andriani Mahasiswa Program Studi Doktoral Ilmu Akuntansi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7167

Keywords:

Financial Management, Governance, Accountability, MSMEs, Covid-19

Abstract

Abstrak: Pentingnya pemahaman mengenai pengelolaan keuangan tata kelola dan akuntanbilitas sebagai pendukung dalam kegiatan usahanya agar dapat terus bertahan dimasa covid-19. Selain itu, pemahaman akan tata kelola dan akuntanbilitas terkait dari kegiatan dengan melibatkan 509 peserta yang mengikuti kegiatan ini, antara lain UKM, souvenir, catering, seafood, fashion, snack, dan jajanan tradisional lainnya, serta anggota masyarakat. Tujuan dari dilakukannya kegiatan terdiri dari tiga hal. Pertama, untuk meningkatkan pemahaman tata kelola pelaku umkm. Kedua, untuk meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan pelaku umkm. Ketiga, untuk meningkatkan pemahaman akuntabilitas bagi pelaku umkm. tahap dalam metode pelaksaan kegiatan ini. Terdiri dari empat tahap. Tahap pertama, adalah Tahap Persiapan. Tahap kedua, adalah tahap pelaksanaan. Tahap ketiga, adalah evaluasi program dan tahap keempat, adalah pelaporan. Agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan dengan baik, maka dilakukan dua pendekatan, yakni, sosialisasi dan diskusi. Di masa pandemi COVID-19, konten yang ditawarkan dalam sosialisasi tersebut adalah pengenalan konsep pengelolaan keuangan, tata kelola, dan tanggung jawab UMKM. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan, Dengan terselenggaranya program ini, tatanan nilai-nilai masyarakat di bidang pendidikan, khususnya di bidang ekonomi, semakin membaik. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan penilaian yang telah dilakukan dilapangan. Pertama, meningkatnya pemahaman tata kelola pelaku umkm sebesar 85%. Kedua, meningkatnya pemahaman pengelolaan keuangan pelaku umkm sebesar 85%. Ketiga, meningkatnya pemahaman akuntabilitas bagi pelaku umkm sebesar 85%.

Abstract: Understanding financial management, governance, and responsibility as a supporter in its economic operations is critical to its survival in the Covid-19 era. In addition, 509 participants in this activity, including SMEs, souvenirs, catering, seafood, fashion, snacks, and other traditional foods, as well as community people, gained an awareness of governance and responsibility. The activity's goal consists of three components. First, to have a better grasp of how MSME actors are governed. Second, to increase knowledge of MSME players' financial management. Third, to improve MSME actors' knowledge of accountability. stage in the process of carrying out this action There are four phases. The Preparation Stage is the initial stage. The implementation stage is the second stage. The third stage is program assessment, followed by reporting. To ensure that the adoption went smoothly, two tactics were used: socializing and dialogue. During the COVID-19 epidemic, the socialization curriculum included an introduction to the ideas of financial management, governance, and MSMEs' responsibilities. Based on the outcomes of previous activities, the execution of this program is improving the order of community values in the field of education, particularly in the economic field. This can be determined depending on the evaluation performed in the field. First, 85 percent of MSME actors now have a better knowledge of how to regulate themselves. Second, 85 percent of MSME players now have a better knowledge of financial management. Third, an 85 percent increase in knowledge of accountability for MSME actors.

References

Abbas, D. S., Basuki, Immawati, S. A., & Mulyadi. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Pada UKM KSPPS Abdi Kerta Raharja. Journal of Community Dedication and Development, 1(1), 11–18.

Abbas, D. S., Eksandy, A., & Hakim, M. Z. (2020). Pelatihan Tata Cara Pendaftaran NPWP Dengan Sistem e-Registration Pada UKM KSPPS Abdi Kerta Raharja. Prosiding SEMADIF, 1, 245–250. Retrieved from http://semadif.flipmas-legowo.org/index.php/semadif/article/view/105

Abbas, D. S., Eksandy, A., Hakim, M. Z., & Santoso, S. B. (2020). Sosialisasi Pelaporan Spt Tahunan Pph Op 1770 S Melalui E-Filing Pada Umkm Kspps Abdi Kerta Raharja. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.7905

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146.

Anwar, K. (2021). 10.238 UMKM di Kota Serang Terdampak Wabah COVID-19.

Ediyansyah, R. (2019). Peran UKM di Indonesia Dalam Mengatasi Krisis Ekonomi. Retrieved from Media Siber website: https://www.lampung.co/blog/peran-ukm-di-indonesia-dalam-mengatasi-krisis-ekonomi/

Gultom, A. W. (2021). Peningkatan Pemahaman Pengurusan Legalitas Usaha Bagi Umkm Dimasa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1769–1779.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92

Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 74–84. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.18

Laga, Y., & Jamu, M. E. (2018). Upaya Pembentukan Bumdes Melalui Analisa Swot Di Desa Lengkosambi Timur Kabupaten Ngada Ntt. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 1. https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1316

Leonandri, D. G., & Fitriana, R. (2021). Peningkatan Kualitas Keputusan Keuangan Hotel Untuk General Manager Hotel Melalui Neurofinance. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 249–256.

Maksuni. (2021). Langkah Cepat Selamatkan Sektor UMKM. Retrieved from Badan Penfhubung Daerah Provinsi Banten website: https://penghubung.bantenprov.go.id/Artikel/topic/664

Mistriani, N., Tutik, T., & Yuliamir, H. (2021). Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, Umkm Masyarakat Lokal Dalam Strategi Pemasaran “ …. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(2), 505–516. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4084

Muttaqin, G. F., Taqi, M., & Arifin, B. (2020). Job Performance During COVID-19 Pandemic: A Study on Indonesian Startup Companies*. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 1027–1033. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.1027

Nofianti, N., & Mulyasari, W. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Dan Perpajakan Berbasis Sak Etap Dan Pp Nomor 46 Tahun 2013 Bagi Umkm. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Pakpahan, A. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Putri, A. Z., Pramudiati, N., Nusron, L. A., & Prasetyo, D. (2021). Modernisasi Strategi Umkm Demi Resistensi Usaha Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Khidmat, 4(1), 58–66.

Rahma, A. (2021). Pemerintah Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021 di Angka 2,1 Persen.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Situmorang, B. H., Suriansyah, M. I., & Yudha, A. P. (2021). Pengembangan Digital Entrepreneurship Bagi Pelaku Industri Rumahan Di Kota Bogor. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 4–12.

Tubagus, I. (2018). Leadership issue and SME performance during crisis. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 424–435.

Yarlina, V. P., & Hunda, S. (2021). Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal Umkm Dan Industri Rumah Tangga Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3465–3475.

Yunia, D., Mulyasari, W., Nofianti, N., & Astuti, K. D. (2020). Pelatihan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Smartphone. ARSY : Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 1(1), 58–64.

Yunia, D., Muttaqin, G. F., & Mulyasari, W. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Berbasis Sak Emkm. Jurnal Warta Desa, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i2.133

Zulfikar, R. (2021). Peran Monitoring Terhadap Peningkatan Kinerja Keuangan di Industri Perbankan Indonesia. Jurnal Ekonomi, 26(1), 85. https://doi.org/10.24912/je.v26i1.719

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles