PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENGGUNAKAN LESSON STUDY as LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7271Keywords:
Integrative Thematic, Lesson Studies, Learning Community, PedagogicAbstract
Abstrak:Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pembelajaran tematik integratif menggunakan lesson study as learning community. Metode pendahuluan dilakukan sosialisasi dan pelatihan meliputi; (1) pemahaman pembelajaran tematik integratif; (2) simulasi pembelajaran tematik integratif menggunakan LSLC dan; (3) monitoring dan evaluasi. Peningkatan kompetensi pedagogik dilakukan secara kolaboratif melalui tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Peserta kegiatan ialah SD/MI di Kabupaten Langkatyakni SD Negeri dan Swasta denganpeserta 26 orang (5 laki-laki dan 21 perempuan) terdiri dari PNS dan Yayasan. Hasil instrumen pembelajaran yang dikembangkan masuk kategori valid nilai 3,52 (88,06%). Aktivitas pembelajaran kategori amat baik (A). Analisis sikap guru dari 26 peserta, 19 peserta (73,08%) Sangat Tinggi, 5 peserta (19,23%) Tinggi dan 2 peserta (7,69%) Sedang. Saran peningkatan kompetensi pedagogik guru yang masih belum terbiasa membutuhkan dorongan dan motivasi dari lembaga yang menaunginya. Rekomendasi kegiatan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam kompetensi pedagogik adalah melalui pelatihan dengan mendatangkan narasumber dari perguruan tinggi.
Abstract:The purpose of the activity is to improve the pedagogic competence of teachers through integrative thematic learning using lesson study as a learning community.Preliminary methods of socialization and training include; (1) understanding of integrative thematic learning; (2) simulation of integrative thematic learning using LSLC and; (3) monitoring and evaluation.The participants of the activity were SD/MI in Langkat Regency, namely SDN and Private with 26 participants (5 men and 21 women) consisting of civil servants and foundations.The results of the learning instruments developed were categorized as valid with a value of 3.52 (88.06%). Very good category of learning activities (A). Analysis of teacher attitudes from 26 participants, 19 participants (73.08%) Very High, 5 participants (19.23%) High and 2 participants (7.69%) Medium.Suggestions for improving the pedagogic competence of teachers who are still not used to need encouragement and motivation from the institutions that oversee them. Recommendations for activities to improve the ability of teachers in pedagogic competence are through training by inviting resource persons from universities.
References
Astuti, D., & Fitriyani, H. (2019). Lesson study for learning community ( LSLC ): Pelatihan bagi Guru Matematika Kelas 4 SD Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 227–234.
Balyer, A., Karatas, H., & Alci, B. (2015). School Principals’ Roles in Establishing Collaborative Professional Learning Communities at Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1340–1347. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.387
Churohman, M. (2019). Tantangan Guru PPKN di Abad 21 dalam Mendidik Siswa Generasi Z.
Clivaz, S. (2018). Lesson Study as a Fundamental Situation for The Knowledge of Teaching. International Journal for Lesson and Learning Studies, 7(2), 172–183.
Erna, M., Erviyenni, E., & Rasmiwetti, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kimia Melalui Pembinaan Penerapan Lesson Study As Learning Community. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 157–164. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3426
Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.874
Handayani, R. D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2007). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27–31.
Kanellopoulou, E. M. D., & Darra, M. (2019). Benefits, difficulties and conditions of lesson study implementation in basic teacher education: A review. International Journal of Higher Education, 8(4), 18–35. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n4p18
Karli, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia.
Kasiyan, Muria, B., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47–53.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masaaki, S. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek †Learning Communityâ€. Jakarta: PELITA, 1–34.
Miftahul, H. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2005).
Guru, 11 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 23 (2008). http://www.desarrollosocialyfamilia.gob.cl/storage/docs/Informe_de_Desarrollo_Social_2020.pdf%0Ahttp://revistas.ucm.es/index.php/CUTS/article/view/44540/44554
Rajagukguk, K. P. (2019). Pengembangan Media Adobe Flash Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Sintaksis, 1(1), 1–7.
Rajagukguk, K. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif IPA Berbasis Discovery Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 3(1), 1–8.
Rajagukguk, K. P., Hasanah, N., Ashari, R., & Utami, S. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis HOTS Untuk Guru SD Kelas Rendah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 8–15.
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(1), 14–22.
Rambe, T. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Yang Mampu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dan Karakter Komunikatif serta Rasa Ingin Tahu pada Materi Kimia Larutan. Journal Sintakis, 1(1), 1–11.
Rini, A. P. (2017). Lesson Study For Learning Community (LSLC). Jurnal Ilmu Agama Islam (JIAI), 25–38.
Rumpagaporn, M. W., & Darmawan, I. G. N. (2007). Students’ critical thinking skills in a Thai ICT schools pilot project. International Education Journal, 8(2), 125–132.
Setyawan, D., Permana, T. I., & Latifa, R. (2018). Pendampingan Komunitas Belajar (Lesson Study For Learning Community): Sebuah Cara Partisipasi Kolegial Guru Dan Dosen. JURNAL BIOEDUKATIKA, 6(1), 1–8.
Suciati, Sunarno, W., & Sarwanto. (2017). Penerapan Bimbingan Tesis Berbasis Lesson Study terhadap Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa dalam Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Suciati. BIOEDUKASI, 10(1), 58–64.
Suhandani, D., & Kartawinata, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.874
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).