LITERASI DIGITAL: PENGUATAN ETIKA DAN INTERAKSI SISWA DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7274Keywords:
social media, ethics, social networking, digital litaracy, interaction.Abstract
Abstrak: Berkembangnya teknologi informasi di era ini membawa dampak yang cukup besar di seluruh dunia terhadap perubahan di berbagai bidang. Salah satu bentuk dari berkembangnya teknologi adalah lahirnya media sosial. Media sosial memberi pengaruh terhadap pergeseran dan perubahan perilaku dan kehidupan masyarakat baik pada etika, norma, maupun budaya. Terdapat berbagai dampak dari adanya media sosial, baik dampak positif maupun dampak negatif. Untuk dapat mencegah dampak negatif atau dampak buruk yang terjadi, maka diperlukan pemahaman mendalam mengenai etika yang baik dalam berkomunikasi di media sosial. Perlu literasi yang baik dalam menjalani kehidupan pada masa sekarang, terlebih dalam berinteraksi di dunia maya dan media sosial. Dengan memiliki kecakapan digital banyak peluang dan manfaat dari perkembangan teknologi saat ini. Tujuan dari dilakukannya pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan etika dan berinteraksi dalam media sosial kepada siswa SMA Negeri 3 Karawang. Hal tersebut penting dilakukan karena media sosial berdampak besar terhadap pergeseran sosial yang di dalamnya termasuk etika dan cara berinteraksi seseorang di lingkungan sekitarnya.
Abstract: The development of information technology in this era has had a considerable impact on changes in various fields worldwide. Social media is one of the results of these advances. Social media influences changes in behaviour and public life in ethics, norms, and culture. Social media has positive and negative effects on life. To reduce and prevent the negative impact of social media, it is necessary to understand good ethics in communicating on social media. Good literacy is needed in living life today, especially in interacting in cyberspace and social media. There are many opportunities and benefits from today's technological developments by having digital skills. This study aims to find out how the influence of social media in ethics and interaction in SMA Negeri 3 Karawang. The results show that social media has a significant impact on social shifts, including ethics and how a person interacts in the surrounding environment.
References
Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Dan Etika Remaja. 10.
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.
Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam pendidikan: Literasi digital dan self-directed learning pada mahasiswa skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1).
Artana, I. K., I Putu Sukayana, & Made Mas Hariprawani.(2017). International Journal of Community Service Learning, 1 (2).
Bawono, Yudho. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2181/1644
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. 18.
Candraningrum, D. A. (2018). Etika Dan Budaya Berinteraksi Di Media Sosial Di Sma Warga Surakarta. 1(1), 9.
Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering 3(2), 9.
Fatmawati, N. I. (2019). Literasi digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.
Ferdinand, G. R., Madallo, E., Palamba, R., & Josua, R. (2019). Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat. 9.
Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Halwiah, dkk. (2021). Improving Learning Outcomes Through Mnemonic Techniques in Mathematics Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3 (2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/download/24743/pdf
Hayami, R., Fatma, Y., Soni, S., & Wenando, F. A. (2019). Pelatihan Pengelolaan Website Sebagai Upaya Meningkatkan Publikasi Profil Kelurahan Tangkerang Selatan Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 230-233.
Hidaya, N., Qalby, N., Alaydrus, S. S., Darmayanti, A., & Salsabila, A. P. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyebaran Hoax Oleh Digital Native. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.
Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 24. https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i1.512
Jamun, Y. M., Wejang, H. E., & Ngalu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Sma Di Kecamatan Langke Rembong. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 1-7.
Mulyadi, Y. Y., & Liauw, F. (2020). WADAH INTERAKSI SOSIAL. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(1), 37. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i1.6776
Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja akhir. Jurnal Empati, 3(4), 481-491.
Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Interaksi Sosial Anggota Komunitas LET’S HIJRAH dalam Media Sosial Group LINE. Jurnal The Messenger, 9(2), 143. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.467
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29.
Rais, N. S. R., DIEN, M. M. J., & DIEN, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61-71.
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57.
Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272-282.
Zonyfar, C., Sihabudin, S., & Khusaeri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memanfaatkan Sumber Belajar di Internet Melalui Sosialisasi Edukasi Internet Cerdas, Sehat, dan Aman. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 17-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).