WORKSHOP PEMBELAJARAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU IPA BERBASIS LINGKUNGAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7280Keywords:
Environmentally-based KIT Science, Science Laboratory, Practicum Learning MediaAbstract
Abstrak: Pembelajaran IPA di SMP Unismuh Makassar masih bersifat konvensional, yaitu pembelajaran didominasi oleh kegiatan ceramah dan diskusi. Keterbatasan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Praktikum dan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mendesain praktikum merupakan permasalahan mitra. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pengelolaan laboratorium Guru IPA melalui Workshop Pembelajaran KIT IPA Berbasis Lingkungan di SMP Unismuh Makassar, dengan jumlah peserta 6 (enam) orang. Metode pelaksanaan meliputi beberapa tahap yaitu: (1) Persiapan, berupa identifikasi sasaran kegiatan yang difokuskan pada guru IPA yang belum berpengalaman dengan KIT IPA, bahan materi, dan instruktur pelatihan yang kompeten di bidangnya, (2) Pelaksanaan pelatihan. Pada kegiatan ini dibagi sasaran kegiatan menjadi dua bagian, yang pertama untuk guru yang belum mengenal KIT IPA Berbasis Lingkungan sebagai sasaran pertama, dan untuk guru yang sudah mengenal KIT IPA Berbasis Lingkungan sebagai sasaran kedua. (3) evaluasi kegiatan workshop. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu pemahaman peserta meningkat sebanyak 80 persen, menghasilkan produk KIT IPA berbasis lingkungan yang kreatif dan inovatif. Serta guru dapat menjadi pelaku usaha bidang pemasaran KIT IPA Berbasis Lingkungan.
Abstract: Science learning at SMP Unismuh Makassar is still conventional; lectures and discussions dominate knowledge. The limitations of the Practicum Integrated Instrument (KIT) and the lack of Human Resources who can design practicums are partner problems, this service activity aims to improve the competence of science teacher laboratory management through an Environmentally-Based Science KIT learning workshop at SMP Unismuh Makassar, with a total of 6 (six) participants. The implementation method includes several stages, namely (1) preparation, identifying activity targets focused on science teachers who are not experienced with KIT science, materials, and training instructors who are competent in their fields, (2) implementation of training. In this activity, the activity’s objectives are divided into two parts. The first is for teachers who are not familiar with the Environmental-Based Science KIT as the first target, and teacher who are familiar with the Environment-Based Science KIT as the second target. (3) evaluation of workshop activities. The results obtained from this activity are that participants’ understanding by 80 percent, resulting in creative and innovative environmental-based KIT science products. And teachers can become business actors in the marketing of Environmental-Based Science KIT.
References
Amir, S., & Marisda, D. H. (2021). Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models Viewed From Physics Learning Achievements. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 135. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i2.8630
Astiti, K. A. (2019). Workshop Perancangan dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Bagi Guru IPA Di Kecamatan Nekamese. Pengabdianmu Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–5.
Ayub, S., Rokhmat, J., Sutrio, S., Ardhuha, J., & Taufik, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Kit IPA dengan Memanfaatkan Sampah Plastik di SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.77
Handayani, I., & Marisda, D. H. (2021). Implementation of Project-Based Learning Model on Scientific Attitude on Straight Motion Kinematics Materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 111–119.
Hikmah, D., & Natsir, M. (2010). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Creative problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-E SMPN 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Universitas Negeri Makassar.
Ikhsan, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Proses Sains melalui Praktikum Sederhana di SDN 004 Filial Kutai. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 1–5.
Kadir, H. D., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Implementation of Problem Solving Methods in Elasticity Course. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 279–285. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3803
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, Sriwarthini, N. L. P. N., & Rahmatih, A. N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan KIT IPA di SD Negeri 34 Cakranegara. JURNAL INTERAKTIF: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 14–19.
Kurniawan Nur, E. S. N. (2017). IbM Peningkatan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah Se Kabupaten Purworjeo Dalam Pengelolaan Laboratorium dan Pengembangan Alat Peraga IPA Terbarukan. Surya Abdimas, 1(1), 1–5. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-abdimas/article/view/3812
Marisda, D. H. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Keperawatan Medis melalui Model Pembelajaran Langsung Berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(2), 153–165. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1294/1155
Marisda, Dewi Hikmah, & Riskawati. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Sekolah Dasar MelaluiI Pembinaan Olimpiade Sains Nasional(OSN). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 4–7.
Muthmainnah, Aminah, & Nurmina. (2016). Pelatihan Penggunaan Kit Ipa Bagi Guru Sains Di Sd Negeri 28 Peusangan Dan Min Krueng Panjoe Kabupaten Bireuen Propinsi Aceh. 3(1), 9–12.
Pane, J., & Silaban, B. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa SMP N 32 Medan. Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa SMP N 32 Medan, 1(3), 233–238.
Rahayu, S., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2019). Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa SMP N 1 Sakra Lotim. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.4
Rochman, S., Nirwana, Sakti, I., & Zukmadini, A. Y. (2021). Pelatihan Asistensi Kit Fisika Berbasis Scientific Approach Untuk Siswa di Sman 1 Kabupaten Bengkulu Tengah. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 168. https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.995
Rosidin, U., Maulina, D., & Suane, W. (2020). Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Dan Penggunaan Alat Peraga IPA Bagi Guru-Guru IPA di SMP/MTS Se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34075
Sukarjita, I. W. (2020). Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Pelatihan Penggunaan KIT IPA bagi Guru IPA SMP di Kecamatan Kupang Barat. Jurnal Pendidikan, 1(2), 33–42.
Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010
Wiguna, G. A., Weisiliana, Maksin, F. M. P. R., Tnunay, I. M. Y., Pardosi, L., & Faesal, A. (2021). Pelatihan Optimalisasi Mikroskop Konvensional Bagi Guru Biologi Sekolah Menengah Atas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12.
Wirawan, R., Qomariyah, N., Minardi, S., Syamsuddin, Hiden, Sudiarta, W., & Marzuki. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis KIT IPA untuk Pembelajaran Fisika di SMPN 2 Sekotong. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 328–334.
Zuhra, F., Nurhayati, & Septiani. (2021). Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Ipa Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 396–404. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4053
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).