PENGUATAN PROFESIONALITAS GURU BIOLOGI DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI BANDARLAMPUNG

Authors

  • Wisnu Juli Wiono Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Lampung
  • Median Agus Priadi Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7286

Keywords:

Scientific approach, Learning program, biology teacher

Abstract

Abstrak: Penerapan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi di Bandarlampung mengalami beberapa kendala. Salah satunya adalah pemberdayaan guru sebagai pengendali pembelajaran di kelas belum optimal. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk memberikan wawasan dan bimbingan kepada para guru biologi dalam menyusun program pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Bentuk workshop dipilih sebagai metode kegiatan karena mempertimbangkan karakteristik kesibukan guru. Peserta yang tergabung sebanyak 37 orang yang berasal dari MGMP Biologi Kota Bandarlampung. Pengukuran keberhasilan kegiatan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Berdasarkan analisis hasil kegiatan ditemukan bahwa peserta (1) sangat membutuhkan materi tentang pendekatan saintifik, penilaian dan model pembelajaran; (2) sebanyak 84% peserta mengalami peningkatan peningkatan pemahaman (n-gain ≥ 1) tentang materi pelatihan; (3) sebanyak 93% peserta pelatihan terlibat aktif dan antusias dalam diskusi dan berbagi gagasan selama mengikuti pelatihan; dan (4) mampu menghasilkan produk rancangan program pembelajaran yang selaras dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil analisis, maka bentuk workshop peningkatan profesionalitas guru tersebut mampu menghasilkan luaran yang bermutu. Diharapkan bentuk workshop tersebut dapat menjadi rujukan dalam meningkatkan mutu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di masa mendatang.

Abstract: The application of learning based on a scientific approach to biology subjects in Bandarlampung experienced several obstacles. One of them is the empowerment of teachers as controllers of learning in the classroom has not been optimal. This service activity is intended to provide insight and guidance to biology teachers in preparing learning programs based on a scientific approach. The form of the workshop was chosen as the activity method because it took into account the busy characteristics of the teacher. The participants who joined were 37 people who came from the Biology teacher community Bandarlampung. The measurement of activity success uses the CIPP (Context, Input, Process, Product) model developed by Daniel Stufflebeam. Based on the analysis of the results of the activity, it was found that participants 1) really needed material on scientific approaches, assessments and learning models; 2) as many as 84% of participants experienced an increase in understanding (n-gain ≥1) about the training material; 3) 93% of the training participants were actively and enthusiastically involved in discussions and sharing ideas during the training; and 4) able to produce learning program design products that are in line with the scientific approach. Based on the results of the analysis, the form of the workshop for improving the professionalism of teachers is able to produce quality outcomes. It is hoped that this form of workshop can be a reference in improving the quality of Community Service activities in the future.

References

Afif, A., & Idris, R. (2016). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(2), 131–145. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n2a1

Aisa, A., & Lisvita, L. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. JoEMS (Journal of Education and Management), 3(4), 47–50. http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/308

Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen An Evaluation on Implementation of Community Service Program by Lecturers of Universitas Lancang Kuning. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271–278.

Andrisyah, Aditya, B. R., & Karnalim, O. (2021). Pembuatan Soal Kuis Ineraktif Berbasis Kahoot! dan Quizizz di Lingkungan Guru. 5(6), 2–10.

Anisa, A. A. (2016). Evaluasi Penerapan Penilaian Otentik Dalam Kaitannya Dengan Kesiapan SDM menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional, 408–418.

Bashri, A., Faizah, U., & Puspitawati, R. P. (2017). Implementasi Pembelajaran Saintifik Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guru IPA Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Bungah Gresik. Jurnal ABDI, 2(2), 60–65.

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82.

Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 100–105. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.7204

Djuanda, I. (2019). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hasnunidah, N., Putri, S. T., & Marpaung, R. R. T. (2019). Pengembangan Buku Praktikum Sistem Pernapasan Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry ( ADI ). Jurnal Bioterdidik, 7(1), 62–71.

Hasnunidah, N., Rosidin, U., & Kadaritna, N. (2018). Pendekatan Saintifik dan Permasalahan Pembelajarannya pada Mata Pelajaran IPA SMP di Kota Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2014, 236–241.

Jusuf, R., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Sa’ud, U. S. (2019). Strengthening teacher competency through ICARE approach to improve literacy assessment of science creative thinking. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 70–83. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.5

Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Guru-Guru SMP. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 5–12.

Mahmudi, I. (2011). CIPP. Suatu Model Evaluasi Program Pendidikanâ€. At, 6(1), 23.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Prasetyo, A. P. B. dkk. (2016). Pendampingan Guru Biologi Kota Semarang Dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Otentik Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1182–1190. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9652

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Rizal, M. S. (2020). Pelatihan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136.

Sanisah, S., & Kadir, A. (2021). Teaching Learning Networking untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Era 4.0. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 5–12.

Suastra, I. W., & Ristiati, N. P. (2016). Permasalahan Guru Dalam Merancang dan Mengimplementasikan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Riset Inovatif (Senari) Ke 4 Tahun 2016, 1992, 304–313.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimlisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8–15.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., & ... (2021). Evaluasi Program Pengabdian: Bimtek Penyusunan Tes Online Bagi Guru SD Di Banyubiru. Journal of …, 1(August), 19–24. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/48847

Suratman, B., Surjanti, J., Sulistyowati, R., Wulandari, S. S., & Surabaya, N. (2017). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Pantai dan Laut di Daerah Pesisir Pantai Sidoarjo. Jurnal Abdi, 2(2), 1–6.

Susanti, R. D. (2021). Peningkatan ketrampilan pendidik dalam penyusunan modul elektronik dengan pendekatan open ended. 5(6), 5–12.

Susilo, S. (2019). Kendala Guru Sd Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Implementasi Kurikulum 2013. … Seminar Nasional Program …, 935–942.

Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84. http://openjournals.libs.uga.edu/index.php/jheoe/article/view/628

Zuhra, F., & Safarati, N. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi dalam Proses Pembelajaran. 5(6), 5–12.

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles