UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DENGAN MOTIVATION TRAINING

Authors

  • Marhan Taufik Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang,
  • Reni Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang,

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7316

Keywords:

Teacher Professionalism, Motivation Training

Abstract

Abstrak: Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan Profesionalisme Guru dengan memberikan Motivation Training. Kegiatan ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang terdiri dari 65 subjek. Permasalahan ini didapatkan melalui kegiatan FGD dengan kepala sekolah dan disampaikan perlunya pemberian Motivation training kepada guru. Metode yang digunakan yaitu melalui kegiatan workshop dan kegiatan pendampingan. Selain pemberian Motivation training, kegiatan ini juga dilakukan dengan penjelasan Kurikulum Blok dan PjBL guna menunjang bagaimana implementasi yang dilakukan pendidik setelah pemberian motivation Training. Hasil dari kegiatan Workshop dan pendampingan mendapatkan hasil bahwa pelaksanaanya berjalan dengan baik dan mendapatkan animo yang baik dari subjek. Kemudian dari hasil evaluasi keterlaksanaan dan dilakukan perhitungan persentase didapatkan peningkatan Profesionalisme Guru sebelum dan sesudah kegiatan melalui kegiatan yang memuat bagaimana ketekunan dalam mengajar, keuletan, kemandirian, pemberian reward dan minat dalam mengajar serta bagaimana guru mempersiapkan perangkat pembelajaran. Adapun rata-rata peningkatannya adalah 4,83%.

Abstract: The purpose of this service activity is to improve Teacher Professionalism by providing Motivation Training. This activity was carried out at SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen which consisted of 65 subjects. This problem was obtained through FGD activities with school principals and conveyed the need for providing motivation training to teachers. The method used is through workshop activities and mentoring activities. In addition to providing motivation training, this activity is also carried out with an explanation of the Block Curriculum and PjBL to support how the implementation is carried out by educators after giving motivation training. The results of the workshop and mentoring activities showed that the implementation went well and got good interest from the subject. Then from the results of the implementation evaluation and a percentage calculation, it was found that there was an increase in Teacher Professionalism before and after the activity through activities that included how perseverance in teaching, tenacity, independence, giving rewards and interest in teaching and how teachers prepare learning tools. The average increase is 4.83%

References

Ahmad, Ahmad. 2020. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, Atau Kombinasi Pada Masa New Normal Covid-19.†Jurnal Paedagogy 7(4):258.

Arianti. 2018. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajara Siswa.†Didaktika Jurnal Kependidikan 12(2):117–34.

Hasnawati. 2006. “Pendekatan Contextual Teaching Learning.†Jurnal Ekonomi & Pendidikan 3:53–62.

Kadir, abdul. 2013. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.†Dinamika Ilmu 13(1):17–38.

Luh Rai, Ni. 2019. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.†Journal of Education Action Research 3(2):131.

Megasari, Rika. 2014. “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi.†Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman 2(1):636–48.

Munirah. 2018. “The Role of Teachers in Overcoming Students’ Learning Diffculties.†Jurnal Tarbawi :Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2):1–18.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Misykat 03(01):171.

Ridwan. 2014. “Upaya-Upaya Peningkatan Profesionalisme.†Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang 2(1):83–95.

Rini, Zulmi Roestika, Yoannes Romando Sipayung, and Lisa Virdinarti Putra. 2021. “Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika.†Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):103–8.

Rukajat, Ajat. 2013. “Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):85–111.

Siahaan, Yuni Listya Owada, and Rini Intansari Meilani. 2019. “Sistem Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap Di Sebuah SMK Swasta Di Indonesia.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(2):141.

Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.†Edukasi 14(1).

Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.†Jurnal Pendidikan 4(1):220–34.

Untari, Titin. 2017. “Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran.†Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan 389–400.

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles