PELATIHAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING MENGGUNAKAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE

Authors

  • Ana Noor Andriana Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Lailatul Hijrah Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Diana Aulia Putri Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Widya Utami Putri Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Silma Fauziah Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Cantika Oktamel Darus Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7336

Keywords:

social media marketing, online sales,

Abstract

Abstrak: Seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang mengurangi aktivitas bepergian keluar rumah saat pandemi Covid-19 merebak, membuat setiap usaha menerapkan strategi yang bervariasi. Strategi tersebut diharapkan mampu meningkatkan penjualan khususnya online. Permasalahan yang terjadi adalah tidak semua usaha mampu menerapkan strategi social media marketing yang sedang populer dimasa sekarang. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan pelatihan strategi sosial media marketing agar mampu meningkatkan penjualan secara online. Tujuan dari kegiatan ini adalah tercapainya pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dan meningkatkan wawasan pelaku usaha terkait penerapan strategi sosial media marketing di usaha yang sedang dikelola sehingga mampu berdampak pada peningkatan penjualan online. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu sosialisasi secara daring melalui webinar. Jumlah peserta pada kegiatan ini sebanyak 41 yang terdiri dari pelaku usaha. Hasil yang dicapai yaitu sebanyak 75% peserta memahami dan berupaya mengelola media sosial yang dimiliki serta menentukan rencana penerapan sosial media marketing dalam kebutuhan bisnisnya.

Abstract: Along with changes in people's behavior which reduces the activity of traveling out of the house during the Covid-19 pandemic, that's making every effort to implement various strategies. This strategy is expected to increase sales, especially online. The problem is that not all businesses can implement social media marketing strategies that are currently popular. Based on these problems, it is necessary to conduct social media marketing strategy training to increase online sales. The purpose of this activity is to achieve the implementation of community service and improve the insight of business actors regarding the implementation of social media marketing strategies in businesses that are being managed so that they can impact increasing online sales. The method of implementing the activity is online socialization through webinars. The number of participants in this activity was 41 consisting of business actors. The results are that 75% of participants understand and try to manage their social media and determine plans for implementing social media marketing in their business needs.

References

Andriana, A. N., Aisha, Z., Kusuma, A. N., & El Maura, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Shopee untuk Meningkatkan Minat Berbisnis Secara Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3065–3073.

Andriana, A. N. (2021). Peran Wirausaha dalam Pengembangan UMKM dan Desa Wisata. Penerbit Lakeisha.

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170.

Astuti, M., MM, M., Matondang, N., Kom, S., & MM, M. T. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Deepublish.

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Irpansyah, M. A., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. M. (2019). Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram dalam Meningkatkan Minat Beli pada Toko Online di Instagram. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 248–255.

Khasanah, F. N., Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62.

Limandono, J. A. (2017). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Pribadi, A., Ghozali, K., Hidayanto, B. C., Hafidz, I., Muqtadiroh, F. A., Al Hafidz, M., ... & Sari, R. (2018). Pelatihan Teknik Social Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Produk pada Konveksi Kerudung ‘Al-Kattar’Di Kelurahan Merjosari, Malang. SEWAGATI, 2(1).

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.

Winarni, R., & Rahmawati, D. (2015). Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadian Dan Ipk Terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi Dalam Menggunakan Software Akuntansi Dengan Locus of Control Sebagai Variabel Moderasi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v4i1.6884

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles