PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU PADA MASA NEW NORMAL DI MTS TELADAN GEBANG

Authors

  • Ahmad Fuadi Prodi S1 Pendidikan Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Diani Syahfitri Prodi S1 Pendidikan Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Zaifatur Ridha Prodi S1 Pendidikan Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Hayatun Sabariah Prodi S1 Pendidikan Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7344

Keywords:

Information Technology, Distance Learning, New Normal

Abstract

Abstrak: Merebaknya virus corona covid-19, teknologi informasipun menjadi primadona di saat sekarang ini. Tidak terlepas dalam sektor bidang pendidikan, sejak tercenang pembelajaran jarak jauh yang telah diputuskan menteri pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar telah beralih, yang bermula kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, kini proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pembelajaran daring (dalam jaring). Keputusan menteri pendidikan seakan membawa kegagapan pada sebahagian tenaga pendidik yang tidak cakap dalam penggunaan teknologi informasi, seperti pada penggunaan aplikasi google classroom dan google meet, zoom cloud meeting yang menjadi sarana proses belajar mengajar selama masa pandemic. Adapun kegiatan pengabdian kepada masyarakat Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat mengadakan pelatihan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh, yang dilaksanakan di Madrasah Teladan Gebang untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara dalam menggunakan teknologi informasi pada pembelajaran jarak jauh kepada guru yang ada di Madrasah Teladan Kecamatan Gebang. Berdasarkan hasil dari pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa guru di Madrasah Teladan Gebang dapat dikatagorikan sudah bisa menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh dengan aplikasi google classroom dan google meet, zoom cloud meeting. Hal ini terlihat dari kecakapan guru dalam mengoperasikan aplikasi.

Abstract: The outbreak of the corona virus covid-19, information technology is also the prima donna at this time. It is inseparable in the education sector, since distance learning has been decided by the minister of education. The process of teaching and learning activities has shifted, which began with learning activities carried out face-to-face, now the process of teaching and learning activities is carried out on online learning (in the net). The decision of the minister of education seems to bring stuttering to some educators who are not proficient in the use of information technology, such as the use of the Google Classroom and Google Meet applications, the Zoom cloud meeting which is a means of teaching and learning during the pandemic. The community service activities at the Jam'iyah Mahmudiyah Islamic High School Tanjung Pura Langkat held information technology training in distance learning, which was carried out at the Gebang Exemplary Madrasa to provide knowledge and understanding in the use of information technology in distance learning. This study uses a qualitative method that aims to describe ways to use information technology in distance learning to teachers in Madrasah Teladan, Gebang District. Based on the results of this training, it can be concluded that teachers at Madrasah Teladan Gebang can be categorized as being able to use technology for distance learning with the google classroom application and google meet, zoom cloud meeting. This can be seen from the teacher's skills in operating the application.

Author Biography

Hayatun Sabariah, Prodi S1 Pendidikan Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

References

Adhetya Cahyani, Iin Diah Listiana, and S. P. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19,. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3 no 1, 137. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Class Room dalam Pembelajaran Akuntansi. In Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia) (p. 118). Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6173

Astini., N. K. S. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2), 243.

Gustina, D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Sekolah Dasar pada Masa New Normal di SD IT Pondok Duta. Jurnal Ikraith-Abdimas, 4 (1), 55-60.

Imas Novita Juaningsih et al. (2020). Optimalisasi Kebijakan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 terhadap Masyarakat Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7 no 6, 78-88,http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/.

Latib, A. (2020). Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemik Covid-19. Edukasi Dan Teknologi, 1 (2), 108–117.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, (2), 95–18.

Notoadmojo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.

Oktafia Ika Handarini and Siti Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, no 3, 498.

Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and D. K. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), 1 (1), 126.

Qomarudin, Y. B. dan M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rahmawati, D. (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5 (1), 107–118. file:///C:/Users/User/Downloads/606-2026-1-PB.pdf

Rogantina Meri Andri. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains N, 3, no. 1, 122–129.

Salsabila., U. H. (2020). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17 (2), 188–198.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Mandar Maju. Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles