KIAT SUKSES MEMULAI USAHA PENJUALAN ONLINE BAGI MASYARAKAT DESA LOGAS

Authors

  • Cut Endang Kurniasih Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Riau
  • Nobel Aqualdo Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Riau
  • Hilmah Zuryani Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7365

Keywords:

E-commerce, Online Sales, MSMEs

Abstract

Abstrak: Pola transaksi penjualan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Logas masih dilakukan secara tradisional. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka terhadap penggunaan internet untuk usaha. Padahal internet tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, tetapi internet dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memulai usaha. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian ini adalah memberikan informasi mengenai E-commerce dan pelatihan teknik penjualan usaha secara online. Metode penerapan yang digunakan yaitu ceramah dan demonstrasi/pelatihan langsung kepada 25 orang. Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat Desa Logas khususnya para remaja dan pemuda desa serta pelaku usaha yang sudah ada. Hasil akhir kegiatan pengabdian ini adalah tingkat kepemahaman masyarakat terhadap teknik usaha penjualan online meningkat dari 80% menjadi 96% dan keinginan untuk memulai usaha penjualan online meningkat dari 92% menjadi 100%. Harapannya kegiatan pengabdian ini dapat membantu pemerintah dalam membentuk masyarakat yang inklusif secara digital di daerah perdesaan sekaligus membangun ekonomi masyarakat setempat lebih baik.

Abstract: The patterns of sales transaction in the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Logas Village are still carried out traditionally. This is due to their lack of knowledge about using the internet for business. Today, the internet is not only used as a communication medium, but the internet can be used to start a business. The purpose of this community service is to provide information about E-commerce and online business sales technique training. The method used is lectures and direct demonstrations/training to 25 participants. The target audience of this activity is the community of Logas Village, especially teenager and village youth as well as existing business actors. The result of this service activity is that the level of community understanding of online business sales increased from 80% to 96% and interest in starting an online sales business increased from 92% to 100%. It is hoped that this service activity can help the government in forming a digitally inclusive society in rural areas while improving a better local economy.

Author Biographies

Cut Endang Kurniasih, Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Riau

Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi

Nobel Aqualdo, Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Riau

Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi

Hilmah Zuryani, Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Riau

Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi

References

Asnal, H., Jamaris, M., Mardainis, Susanti, & Zoromi, F. (2020). Pelatihan Web E-commerce Untuk Mempromosikan Produk Unggulan Pada SMKN 4 Pekanbaru. J-PEMAS STMIK Amik Riau, 1(1), 1–4.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi. (2021). Kecamatan Singingi Dalam Angka 2020.

Chandra, R. (2021). Peningkatan Daya Saing Wirausaha Pada UMKM Kelurahan Tangkerang Tengah Kota Pekanbaru Melalui Ekonomi. Jurnal ABDIMAS STMIK Dharmapala, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.47927/jasd.v1i1.87

Fauzia, I. Y. (2016). Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Kalangan Wirausahawan Perempuan. STIE Perbanas Press, 5(2), 237–256. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.544

Fithri, D. L., Utomo, A. P., & Nugraha, F. (2017). Pemanfaatan E-commerce Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada Kub Bordir Kurnia Kudus. Jurnal Simetris, 8(2), 819–824.

Hidayah, D. U., Ayu, D., Utami, B., & Yunita, I. R. (2019). Pelatihan Penjualan Online Untuk Masyarakat. Abdimas Altruis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31–37.

Machasin, M., Taufiqurrahman, Suryati Ningsih, D., Tiyasiningsih, E., Tarigan, M. A., & Fitriani, A. (2019). Penumbuhan Dan Pengembangan Wirausaha Baru Pada Era Digital Bagi Generasi Muda Di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Bahtera Inovasi, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.31629/bi.v3i1.1642

Mustofa, M. I., & Lita, L. D. N. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Ekonomi Pedesaan. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(5), 2717–2726. https://doi.org/Vol. 5, No. 5, Oktober 2021, Hal. 2717-2726 e-ISSN 2614-5758 | p-ISSN 2598-8158 :https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5905

Øverby, H., & Audestad, J. A. (2018). Digital Economies : How Information and Communication Technology is Shiping Markets, Business, and Innovation (1st Editio). CreateSpace Independent Publishing Platform.

Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Kecamatan KarangTengah Kabupaten Demak. Jurnal EKBIS, 20(2), 1280–1289.

Riau Pos. (2020). Gold Ismia Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk Koperasi PESK. Retrieved July 1, 2021, from Riau Pos website: https://riaupos.jawapos.com/kuantan-singingi/19/10/2020/240028/gold-ismia-gelar-pelatihan-pengelolaan-keuangan-untuk-koperasi-pesk.html

Rio, U., Agustin, W., Bakaruddin, & Muzawi, R. (2021). Penerapan Aplikasi E-commerce Bagi Usaha Baru Ibu Keripik Nenas Desa Kualu Nenas. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 101–106. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3141

Sugianto, N., & Utama, F. P. (2021). E-commerce Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Digital Bagi Usaha Mikro Kelompok Tani Pangestu Rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 14–20.

Taher, G. (2021). E-commerce: Advantages and Limitations. International Journal of Academic Research in Accounting Finance and Management Sciences, 11(1), 153–165. https://doi.org/10.6007/IJARAFMS

Turban, E., & King, D. (2012). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives (7th edition). Prentic Hall.

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles