PENINGKATAN HARD SKILL SISWA MELALUI PENGENALAN INTERNET OF THINGS DAN COMPUTER VISION

Authors

  • Ida Afriliana Prodi DIII Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama
  • Lukmanul Khakim Prodi DIII Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama
  • Wildani Eko Nugroho Prodi DIII Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama
  • Muhammad Teguh Prihandoyo Prodi DIII Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7402

Keywords:

Development of Technology, Internet of Things, Computer Vision, Gadget

Abstract

Abstrak: Internet of Things (IoT) yakni benda-benda atau alat-alat yang cerdas yang dapat berguna untuk kehidupan manusia. IoT ini sangat mempengaruhi perkembangan teknologi yang amat pesat dalam kehidupan di era industri 4.0. Benda-benda yang “cerdas†karena pada benda tersebut telah dilengkapi dengan alat-alat teknologi sesuai dengan kebutuhan manusia. Inilah konsep pada Internet of Things yakni benda-benda yang cerdas dengan dilengkapi teknologi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang tepat untuk mempersiapkan lebih awal terkait pengetahuan dan penerapan teknologi IoT. Dengan latar belakang perkembangan teknologi IoT yang amat pesat maka sangat dibutuhkan pengetahuan ini diberikan kepada siswa-siswa SMK N 3 Tegal untuk memberikan wacana dan pengetahuan tentang IoT dalam penerapannya di dunia industri 4.0 saat ini. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada peserta pkm. Adapun materi pelatihan ini adalah Internet of Things dan Computer Vision. Pelatihan ini dilakukan dengan 2 tahap, yang pertama dalah pemaparan materi dan tahap selanjutnya adalah demontrasi produk yang mengimplementasikan Internet of Things dan Computer Vision. Dari 100 peserta siswa SMK N 3 yang ikut, 55 siswa tertarik untuk mendalami Internet of Things dan sisanya berminat untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang materi Computer Vision. Dari post test dan pre test yang dilakukan, hasil penilaian bagus dengan rata-rata nilai post test 89. Hal ini menggambarkan tentang penyampaian materi yang telah ditransformsikan dengan baik oleh narasumber. Penilaian ini menunjukkan adanya peningkatan hardskill di bidang Internet of Things dan Computer Vision, karena nilai post test cenderung mengalami kenaikan dari nilai pre test.

Abstract: Internet of Things (IoT) are intelligent objects or tools that can be useful for human life. This IoT greatly affects the rapid development of technology in life in the industrial era 4.0. Objects that are "smart" because they have been equipped with technological tools in accordance with human needs. This is the concept of the Internet of Things, namely smart objects equipped with technology. Vocational High School (SMK) is the right level of education to prepare early related to knowledge and application of IoT technology. With the background of the very rapid development of IoT technology, it is very necessary that this knowledge be given to students of SMK N 3 Tegal to provide discourse and knowledge about IoT in its application in the current industrial 4.0 world. This service activity is carried out by providing training to PKM participants. The training materials are Internet of Things and Computer Vision. This training is carried out in 2 stages, the first is the presentation of the material and the next stage is a product demonstration that implements the Internet of Things and Computer Vision. Of the 100 participating SMK N 3 students, 55 students were interested in exploring the Internet of Things and the rest were interested in knowing more about Computer Vision material. From the post-test and pre-test conducted, the results of the assessment were good with an average post-test score of 89. This illustrates the delivery of material that has been well transformed by the resource persons. This assessment shows an increase in hard skills in the field of Internet of Things and Computer Vision, because the post test scores tend to increase from the pre test scores.

Author Biography

Ida Afriliana, Prodi DIII Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama

Computer Engineering

References

Afriliana, I., Budihartono, E., & Febrian, Y. (2018). Pengenalan Internet of Things (IoT) Untuk Peningkatan Softskill Pada Ssiswa SMA N 5 Tegal. Jurnal Abdimas PHB (Vol. 1, Issue 2).

Asani, F., & Salma, S. (2019). Internet of Things: Sejarah Teknologi Dan Penerapannya. Isu Teknologi Stt Mandala, 14(02), 1–150. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-77492-3_16

Efendi, Y. (2018). Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(2), 21–27. https://doi.org/10.35329/jiik.v4i2.41

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Gas, K., & Valve, S. (2021). Alat Proteksi Kebocoran Gas LPG Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroler Microcontroller Based Household LPG Gas Leak Protection Equipment. 10(28), 3–10.

H, A. N., Ichwan, M., & Putra, I. M. S. (2015). Segmentasi Citra Untuk Deteksi Objek Warna Pada Aplikasi Pengambilan Bentuk Citra Rectangle. Jurnal Unpublisher, 1–10.

Kusumaningrum, A., Pujiastuti, A., & Zeny, M. (2017). Pemanfaatan Internet of Things Pada Kendali Lampu. Compiler, 6(1), 53–59. https://doi.org/10.28989/compiler.v6i1.201

Prahara, A., & Azhari, A. (2016). Analisis Fitur Warna dan Tekstur untuk Metode Deteksi Jalan. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer Dan Informatika, 2(2), 77. https://doi.org/10.26555/jiteki.v2i2.5506

Ratna, S. (2020). Pengolahan Citra Digital Dan Histogram Dengan Phyton Dan Text Editor Phycharm. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(3), 181. https://doi.org/10.31602/tji.v11i3.3294

Ritonga, A. F., Wahyu, S., & Purnomo, F. O. (2020). Implementasi Internet of Things ( IoT ) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1.

Sari, D. S., Heryadi, D., & Alexandri, M. B. (2019). Sosialisasi Pengenalan Revolusi Industri 4.0 dan Internet of Things (IoT) bagi Siswa SMAN 1 Cicalengka, Jawa Barat, Indonesia. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 163. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.24391

Stmik, D., Makassar, D., Perintis, J., Km, K., & Sur-el, M. (2020). Berdasarkan Warna Menggunakan Sensor. 22(2), 139–146.

Utomo, B., Kristiana, W. A., & Damastuti, N. (2016). Prototype Tongkat Berbasis Arduino Dengan Isarat Suara Untuk Penyandang Tunanaetra.

Utomo, T. P. (2019). Potensi Implemntasi Internet of Things ( Iot ) Untuk Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(1), 1–18.

Zulkhaidi, T. C. A.-S., Maria, E., & Yulianto, Y. (2020). Pengenalan Pola Bentuk Wajah dengan OpenCV. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 3(2), 181. https://doi.org/10.30872/jurti.v3i2.4033

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles