PENGENALAN KOMPUTER PADA PERSIAPAN PELAKSANAAN ANBK DI SD SWASTA PANTI BUDAYA KISARAN

Authors

  • Jeperson Hutahaean Prodi Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran, Kisaran
  • Neni Mulyani Prodi Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran, Kisaran
  • Zulfi Azhar Prodi Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran, Kisaran
  • Aulia khairani Nasution Prodi Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran, Kisaran
  • Tia Zulaika Aulia Pane Prodi Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7671

Keywords:

ANBK, computer, training, .system, student.

Abstract

Abstrak: Menurut hasil penelitian terdahulu bahwa ANBK harus diikuti dengan menggunakan komputer oleh siswa yang sudah terdaftar sebagai peserta ujian ANBK. Untuk pelaksanaan ANBK di sekolah ini, punya beberapa kendala dalam mengoperasikan perangkat keras seperti mengoperasikan komputer, laptop dan perangkat lunak, yang berdampak pada kenyamanan dalam melaksanakan ANBK di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan sistem ANBK dengan baik. Metode pelatihan yang dilaksanakan dengan cara diskusi dan praktek untuk menyampaikan pengetahuan pengenalan komputer dan latihan penggunaan aplikasi ANBK kepada peserta pelatihan sebagai perlunya sosialisai Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pelatihan ini mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan yang dapat diimplementasikan siswa pada sistem ANBK di komputer. Semua peserta mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Penilaian kegiatan ini menggunakan pretest dan posttest dimana para peserta sudah mampu menyelesaikan materi ini, berdasarkan hasil pretest nilai rata-ratanya 52 dan nilai posttest dengan nilai rata-ratanya 91,333.

Abstract: According to the results of previous studies that ANBK must be followed by using a computer by students who are already registered as ANBK exam participants. For the implementation of ANBK in this school, there are several obstacles in operating hardware such as operating computers, laptops and software, which have an impact on comfort in implementing ANBK at school. The purpose of community service activities is to improve students' ability to use the ANBK system properly. The training method is carried out by means of discussion and practice to convey knowledge of computer introduction and training in using the ANBK application to training participants as the need for socialization of the Computer-Based National Assessment (ANBK). This training is able to provide understanding and knowledge that can be implemented by students in the ANBK system on a computer. All participants participated in this activity until it was finished. The assessment of this activity uses a pretest and posttest where the participants have been able to complete this material, based on the results of the pretest the average score is 52 and the posttest score is 91.333.

References

Bastian, H. B., Lumenta, A. S. M., Sugiarso, B. A. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Komputer Berbasis Android. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(3), 71–79.

Syahrani. (2021). Analisis Kesiapan Siswa Filial Dambung Raya Dalam Mengikuti Analisis Nasional Berbasis Komputer di SMAN 1 Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Journal of Educational and Language Research, 1(3), 221–234.

Chendrasari W.O1, Christine Natalia2, M. W. I. (2019). Pendampingan Persiapan Ujian Nasional Berbasis. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 155–161.

Sudjiman, P.E & Sudjiman, L.S. (2018). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. Jurnal TeIKa, 8(2)

Mania, S., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Ika, A. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah. 2(2), 274–284.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi, 2(1), 274–293.

Nurlaila, S. (2011). Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi yang Akan menghadap Ujian Akhir Nasional. GUIDENA, 1(1).

Pakpahan, R. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 19. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i1.225

Rahmawati, K., Nurhidayah, A. B., Syaharani, N. A., & Lasarus, Y. M. (2021). Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. Education and Learning of Elementary School, 1(1).

Ramdhan, W., Rahayu, E., Informatika, M., & Informasi, S. (2021). Pelatihan keterampilan dasar menggunakan komputer pada persiapan pelaksanaan ANBK SD muhammadiyah. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 171 – 176.

Riswandi, B. A., & Hanum, F. F. (2013). Peningkatan kualitas siswa terampil iptek dengan edukasi komputer bagi siswa SD di Dusun Wonolelo. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 94–98.

Saputra, K., Jafar, A. K., & Fasa, M. iqbal. (2022). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4, 260–279. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i3.890

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on Culture. SIMBOLIKA, 4(1), 62–72.

Sofyan, A., Afidar, L., Yulianty, R., & Ramadhan, T. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendampingan Belajar Di Kampung Rancanumpang. November. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 137-144

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles