PEMANFAATAN GOOGLE PLATFORM UNTUK EVALUASI DAN KOLABORASI BAGI CIVITAS ACADEMICA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7751Keywords:
Collaboration, Community Service, Covid-19, Google Platforms.Abstract
Abstrak: Kolaborasi merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang produktivitas kerja bagi civitas academica. Namun aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena pandemi covid-19 mengakibatkan banyaknya institusi pendidikan yang menerapkan sistem Work From Home (WFH). Dengan sistem WFH civitas academica tidak dapat melakukan kolaborasi secara langsung seperti biasanya. Hal ini menjadi tantangan bagi civitas academica dalam menjalankan setiap tugas mereka, terutama dalam kegiatan yang membutuhkan kolaborasi atau kerjasama dalam pengelolaan berkas atau dokumen. Google Platforms menyediakan berbagai fitur dan layanan (seperti drive, docs, form, sheet) yang dapat digunakan sebagai solusi untuk kolaborasi pengelolaan berkas secara daring tanpa dibatasi ruang dan waktu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi solusi terhadap kondisi tersebut. Kegiatan pengabdian ini mengenalkan platform dari Google yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan kolaborasi dan melakukan pelatihan penggunaan platform tersebut. Tahapan kegiatan dimulai dengan mengenalkan platform google, dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan. Dengan adanya kegiatan tersebut, peserta pengabdian merasa lebih mudah dalam melakukan evaluasi dan kolaborasi dalam manajemen bekas secara daring. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari mayoritas peserta, ditunjukkan dengan 90% peserta menyatakan tertarik untuk menggunakan google platform untuk menunjang produktivitas kerja.
Abstract: Collaboration is important in supporting work productivity for the academic community. However, the rules for the Implementation of Community Activity Restrictions due to the COVID-19 pandemic have resulted in many educational institutions implementing the Work From Home system. With the WFH system, the academic community cannot collaborate directly as usual. This is a challenge for the academic community in carrying out their duties, especially in activities that require collaboration in managing documents. Google Platforms provides various features (such as drives, docs, forms, sheets) that can be used as solutions for collaborative online file management without being limited by place and time. This community service activity is a solution to this condition. This service activity introduces a platform from Google that can be used to evaluate and collaborate and conduct training on the use of the platform. The stages of the activity begin with introducing the Google platform, followed by training and mentoring. With this activity, devotion participants find it easier to evaluate and collaborate in online former management. This activity also received a positive response from the majority of activity participants, indicated by 90% of participants interested to use the Google platform to support their work productivity.
References
Anjani, D., Novianti, D., & Wear, A. S. (2021). Pelatihan Google Docs Untuk Meningkatkan Kolaborasi Penyusunan Rpp Pada Sd 20 Palmerah Jakarta Barat. Journal Of Empowerment, 2(1), 101-110.
Aryanti, N. N. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329-342.
Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54-65.
Bernstein, J. (2021). Google Docs Made Easy: Online Collaboration For Everyone. Chicago: Independently Published. Dipetik 1 17, 2022, dari https://workspace.google.com/intl/id/enterprise/
FKIP. (2021). Google Docs Mempermudah Kolaborasi Dokumen antar Dosen. (umrah) Dipetik 1 17, 2022, dari https://fkip.umrah.ac.id/google-docs-mempermudah-kolaborasi-dokumen-antar-dosen/
Iqbal, M., Rosramadhana, Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 10(1), 120-127.
Khan, S. (2013). Mastering Google Drive and Docs (with Tips). Scotts Valley: CreateSpace Independent Publishing Platform.
Krisnawati, E. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Kuis Online Mata Kuliah Trigonometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 61-67.
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.
Muhyiddin, M., & Nugroho, H. (2021). A Year of Covid-19: A Long Road to Recovery and Acceleration of Indonesia's Development. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 5(1), 1-19.
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-salam 1, 9(2), 123-144.
Pratiwi, A., Setiawan, A., & Hani, Y. R. (2021). Pengaruh Kebijakan Ppkm Darurat 3-20 Juli 2021 Terhadap Pembentukan Opini Publik. Dialektika Komunika, 9(1), 34-61.
Purba, B., Hasibuan, N. A., & Ramadhani, P. (2021). Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Ujian Online Pada SMKS Prayatna 1 Medan. 2(1), 49-53.
Rahmah, S. A., Antares, J., & Hasugian, B. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Google Form untuk mendapatkan Feedback Pelanggan Cafe Rumah Kopi 55. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 285-295.
Wulandari, P., Maswani, & Khotimah, H. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di Sman 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 421-425.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).