PENINGKATAN BELAJAR DARING SECARA EFEKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK

Authors

  • Astrida Fitri Nuryani Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya
  • Mondry Mondry Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya
  • Adisya Triageng Kinanthi Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya
  • Nadya Afifah Taufiq Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya
  • Fiandini Rista Sekarsari Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya
  • Wulida Azmiyya El Rifqiya Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7917

Keywords:

Covid-19, Effective Learning, Human Centered Design.

Abstract

Abstrak:Adanya pembelajaran daring membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Orangtua, guru, dan anak menjadi elemen penting dalam merealisasikan pembelajaran yang efektif. Melalui pendekatan Human Centered Design, Sekolah Untuk Kita memberikan solusi terkait permasalahan dengan metode Sosialisasi, konsultasi, hingga pendampingan belajar. Bagaimana menciptakan pembelajaran yang efektif? Menjadi pertanyaan pemantik penelitian. pengabdian masyarakat ini bekerja sama dengan 15 mitra dari beberapa sekolah mulai dari siswa kelas 4 SD hingga 1 SMP . Evaluasi dalam kegiatan ini dilakukan dengan memberikan angket Pre-Test dan Post-Test. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ditemukan bahwa orangtua dapat memahami kondisi anak dan secara mental lebih siap menghadapi kesulitan mendampingi anak di rumah. Selain itu, mitra dalam penelitian ini terbantu dengan solusi yang dihadirkan pada saat pendampingan. Sebagai saran, diperlukan kajian lebih lanjut agar pemberian manfaat diterima secara efisien oleh sasaran yang dituju.

Abstract: The existence of online learning makes learning less effective. Parents, teachers, and children are important elements in realizing effective learning. Through the Human Centered Design approach, Sekolah Untuk Kita provides solutions related to problems using socialization methods, consultations, and learning assistance. How to create effective learning? Becomes a research question. This community service collaborates with 15 partners from several schools ranging from 4th grade elementary school students to 1 junior high school students. Evaluation in this activity is carried out by giving Pre-Test and Post-Test questionnaires. The results showed that parents were able to understand their children's condition and were mentally better prepared to face difficulties accompanying their children at home. In addition, partners in this study were helped by the solutions presented during the mentoring. Suggestions are needed for further studies so that the provision of benefits is received efficiently by the intended target.

Author Biographies

Astrida Fitri Nuryani, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

 

Mondry Mondry, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

 

Adisya Triageng Kinanthi, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

 

Nadya Afifah Taufiq, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

 

Fiandini Rista Sekarsari, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

 

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Al Ghani, M., & Nurhaliza, S. (2020). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 di SDS Islam An-Nuriyah. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1–10.

Chen, E., Leos, C., Kowitt, S. D., & Moracco, K. E. (2020). Enhancing Community-Based Participatory Research Through Human-Centered Design Strategies. Health Promotion Practice, 21(1), 37–48. https://doi.org/10.1177/1524839919850557

Diyah, H., & Afrizal, S. (2021). Peran Keluarga Dalam Efektifitas Pembelajaran Online Siswa SMAN 1 Kibin Pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 5(1), 21–35.

Ferri, F., Grifoni, P., & Guzzo, T. (2020). Online Learning and Emergency Remote Teaching: Opportunities and Challenges in Emergency Situations. Societies, 10(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/soc10040086

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 107–115. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Ideo. (2010). An Introduction to Human Centered Design. 1–19.

IDEO. (2013). Design Thinking for Educators. (April), 1–81. Diambil dari http://designthinkingforeducators.com/

Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Diambil dari Kemendikbud.co.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Lestari, D., & Nurwanty, I. I. (2021). Implikasi Sosiologis Penerapan Ganjil Genap Lalu Lintas dalam Masa Covid Terhadap Kesejahteraan Rakyat. Hermeneutika: Jurnal Ilmu Hukum, 5,2, 255–265.

Lubberink, R., Blok, V., Ophem, J. Van, & Omta, O. (2019). Responsible innovation by social entrepreneurs : an exploratory study of values integration in innovations exploratory study of values integration in innovations. 6,2, 1–33. https://doi.org/10.1080/23299460.2019.1572374

Lubis, S. C. (2021). Peran keluarga di masa pandemi covid-19. Open Society Foundations, 4(Cdc), 1–9. Diambil dari https://osf.io/c5adx/download/?format=pdf

Malan, J. L., & Newberry, J. (2019). Human-Centred Design In The Field. UNICEF, 1–12.

Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi COVID 19 penyebaran Covid 19 berupa kebijakan anjuran social distancing ( Yunus & penularan , menurunkan laju dan tingkat penyebaran virus corana yang Pemerintah Indones. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 836–846.

Na, L., & Yang, L. (2021). Psychological and behavioral responses during the COVID-19 pandemic among individuals with mobility and/or self-care disabilities. Disability and Health Journal, 15,1, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2021.101216

Shidik, M. A., Tae, L. F., & Dewi, N. P. Y. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 12(3), 407–412. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6153

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles