PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI PENGENALAN APLIKASI PUBLISH OR PERISH

Authors

  • Mahsusi Mahsusi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FITK, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Syihaabul Hudaa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8174

Keywords:

Scientific Writing, Publish Or Perish, Literature Review.

Abstract

Abstrak: Penulisan ilmiah sering kali dianggap suatu hal yang sulit oleh mahasiswa. Salah satu kesulitan yang sering dialami mahasiswa yaitu menemukan penelitian terdahulu (literature review). Tujuan pengabdian ini untuk menyosialisasikan pemanfaatan aplikasi Publish or Perish di Jurusan Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode dalam pelatihan ini berupa tindakan langsung dengan dilakukannya lokakarya (workshop) selama tiga jam pertemuan. Dalam pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa Fisika semester tujuh sebanyak 41 orang. Tahap awal pelatihan, pembina melakukan diskusi terkait sulit atau mudah dalam menemukan literature review. Semua mahasiswa menyebutkan bahwa mereka kesulitan dalam menemukan literature review. Hal tersebut dikarenakan akses terbatas di perpustakaan selama pandemi. Berdasarkan pelatihan yang diberikan oleh pembina didapatkan hasil bahwa mahasiswa yang mengikuti pelatihan 92,7% mampu menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk menemukan literature review. Kemudian, menurut peserta 90,2% mengatakan aplikasi ini baik digunakan dalam penulisan ilmiah. Selain itu, dari peserta yang hadir pun sudah mampu mengelola metadata di Publish or Perish untuk dipindahkan ke aplikasi Mendeley.

Abstract: Scientific writing is often considered a difficult thing by students. One of the difficulties that students often experience is finding previous research (literature review). The purpose of this service is to socialize the use of the Publish or Perish application in the Department of Physics Education, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. The method in this training is in the form of direct action by conducting aworkshopthree-hourIn this training, 41 students participated in the seventh semester of Physics. In the early stages of training, the coach conducts discussions regarding the difficulty or ease of finding a literature review. All students mentioned that they had difficulty in finding literature reviews. This is due to limited access to libraries during the pandemic. Based on the training provided by the supervisor, it was found that 92.7% of students who attended the training were able to use the Publish or Perish application to find literature reviews. Then, according to participants 90.2% said this application is good for use in scientific writing. In addition, the participants who attended were able to manage metadata in Publish or Perish to be transferred to the Mendeley application.

Author Biography

Syihaabul Hudaa, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

Manajemen

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. https://doi.org/10.1362/026725701323366836

Bahtiar, A., Nuryani, N., & Hudaa, S. (2019). Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar (1st ed.). In Media. http://penerbitinmedia.co.id/search/?q=khazanah bahasa

Bellour, L. (2021). Publish or perish: Scholarly Publishing Challenges in Africa. Journal of Studies in Language, Culture, and Society (JSLCS), 4(2), 132—142. https://www.asjp.cerist.dz/en/downArticle/681/4/2/178421

Boeriswati, E. (2019). Penilaian Authentic Berbasis Game Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI …. http://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/2

Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan Mixed (Edisi Ketiga). In Pustaka Pelajar.

Dani, E. (2018). How “Publish or Perish†Can Become “Publish and Perish†in the Age of Objective Assessment of Scientific Quality. Systemics, Cybernetics and Informatics, 16(4), 20—25. http://www.iiisci.org/Journal/pdv/sci/pdfs/IP052LL18.pdf

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/19033

Hudaa, S. (2018). Optimalisasi Bahasa: Penggunaan Bahasa yang Baik, Logis, dan Santun di Media Massa. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 62—74. https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.5953

Hudaa, S., Agustina, Y., & Novida, I. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Reference Manager untuk Penulisan Ilmiah di PGSD. 1(1), 34—47. https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kreasi/article/view/51/23

Hudaa, S., Djihadah, N., & Firdaus, W. (2021). Kesalahan Berbahasa yang Dianggap Kelaziman dalam Karya Tulis Ilmiah. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 69—84. https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i1.14617

Kusworo, K., & Ahmad, B. (2020). Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti di Provinsi Banten. … Journal of Society …, 24—40. http://www.jurnal.lkd-pm.com/index.php/IJSE/article/view/12

Laga, Y. (2022). Pelatihan Endnote pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1), 500—509. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6443

Mahsun, M. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada Siswa Kelas VI SDN Buse Kecamatan Praya …. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/631

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Moosa, I. A. (2018). Publish or Perish: Perceived Benefits versus Unintended Consequences. Edward Elgar Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.4337/9781786434937

Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1). http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM/article/view/200

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles