PEMAHAMAN BUKU KIA MELALUI KELAS IBU HAMIL

Authors

  • Fitriana Ikhtiarinawati Fajrin Prodi DIII Kebidanan, Universitas Islam Lamongan,
  • Khusnul Nikmah Prodi DIII Kebidanan, Universitas Islam Lamongan,

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8178

Keywords:

Understanding, MCH book, pregnant women class.

Abstract

Abstrak: Pemahaman ibu hamil terkait buku KIA masih kurang. Masyarakat mengganggap buku KIA merupakan buku harus disimpan dengan baik, wajib dibawa setiap berkunjung ke pelayanan kesehatan, namun tidak mengetahui bahwa buku KIA harus dibaca dan mampu menerapkan pesan-pesan dalam buku KIA. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman buku KIA melalui kelas ibu hamil untuk memberikan informasi, menambah pengetahuin sebagai upaya meningkatkan kesehatan ibu. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan berupa pendidikan kesehatan, dengan sasaran mitra ibu hamil dengan jumlah peserta 7 orang. Evaluasi kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pemberian angket dengan dilakukan pretest diawal kegiatan berlangsung dan postest diakhir kegiatan berlangsung. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini terdapat peningkatan pengetahuan peserta kegiatan pengabdian masyarakat terkait pemahaman buku KIA, terdapat peningkatan yang terjadi sebelum atau sesudah kegiatan, yakni sebesar 36%.

Abstract: The understanding of pregnant women regarding the MCH handbook is still lacking. People think that the MCH handbook is a book that must be stored properly and must be taken with them every time they visit the health service, but they do not know that the MCH handbook must be read and are able to apply the messages in the MCH book. The purpose of this community service activity is to increase understanding of the MCH handbook through classes for pregnant women to provide information, increase knowledge as an effort to improve maternal health. The method used is counseling in the form of health education, targeting pregnant women partners with 7 participants. Evaluation of this service activity was carried out by giving a questionnaire with a pretest at the beginning of the activity and a posttest at the end of the activity. The results obtained from this activity were an increase in the knowledge of participants in community service activities related to understanding the MCH book, there was an increase that occurred before or after the activity, that is 36%.

References

Alfiana, F., Purwaningrum, Y., & Prijatni, I. (2021). Hubungan Pengetahuan Bumil TM III tentang Tanda Bahaya Kehamilan dengan Pemanfaatan Buku KIA. ARTERI : Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.37148/arteri.v3i1.195

Amalia, R. (2021). Optimalisasi Peran Bidan Dalam Pemanfaatan Buku Kia. Jurnal Vokasi Kesehatan, 6(2), 90. https://doi.org/10.30602/jvk.v6i2.551

Arianti Ni luh Novi, Suantara I Made Rodja, S. I. M. (2015). Perilaku Dan Pemahaman Ibu Tentang Buku Kia Hubungannya Dengan Status Gizi Balita. Concept and Communication, 6(23), 1–7.

Fajrin, Fitriana Ikhtiarinawati, Khusna, N. S. N. (2021). Mewujudkan kehamilan yang sehat melalui optimalisasi keikutsertaan kelas ibu hamil. Empowerment, Community, 6(12), 2176–2180.

Fajrin, F. I., & Erisniwati, A. (2021). Kepatuhan Konsumsi Tablet Zat Besi Berdasarkan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 12(2), 173. https://doi.org/10.26630/jk.v12i2.2413

Hestiyana, N., Sinambela, D. P., Andreini, E., & Safitri, C. (2022). Pemanfaatan buku kia untuk persiapan persalinan bersih dan aman utilization of kia book for safe delivery preparation. 1(November 2021), 324–331.

Jannah, M. (2015). Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pemanfaatan Buku KIA di UPTD Pondok Gede Bekasi. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 6(2), 347–355. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/127/112

Kusuma Ratu, Armina, D. A. (2020). Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil Sebagai Media Edukasi di Puskesmas Putri Ayu, Kota Jambi. Logista, 4(2), 373–378.

Napitupulu, T. F., Rahmiati, L., Saraswati, D., Susanti, A. I., & Setiawati, E. P. (2018). Gambaran Pemanfaatan Buku KIA dan Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Tanda Bahaya Kehamilan. Jurnal Kesehatan Vokasional, 3(1), 17–22.

Pratami, I. M. (2021). Peningkatan Pengetahuan pada Ibu Hamil tentang Kelas Ibu sebagai Upaya Pencapaian Program Kelas Ibu Hamil. Jurnal ABDIMAS-HIP : Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 89–91. https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol2.iss2.146

Rofi’ah, S., Widatiningsih, S., & Chunaeni, S. (2020). Optimalisasi Kelas Ibu Hamil Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masa Kehamilan. Link, 16(1), 42–48. https://doi.org/10.31983/link.v16i1.5700

Sari, N., Sari, S. M., & Dhamayanti, R. (2022). Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera ( EMaSS ) : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(1), 2008–2010.

Sugiharti, S., Masitoh, S., Suparmi, S., & Lestary, H. (2021). Determinan Minat Membaca Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Pada Ibu Hamil Di 7 Kabupaten/Kota Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 12(1), 77–87. https://doi.org/10.22435/kespro.v12i1.4924

Ulfa, I. M., & , Susanti Suhartati, F. N. A. (2021). Evaluasi Pemanfaatan Buku KIA Oleh Ibu Hamil Di Kecamatan Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 12(1), 81–96. https://doi.org/10.33859/dksm.v12i1.682

Wijhati, E., Suryantoro, P., & Rokhanawati, D. (2017). Optimalisasi Peran Kader Dalam Pemanfaatan Buku Kia Di Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta. Jurnal Kebidanan, 6(2), 112. https://doi.org/10.26714/jk.6.2.2017.112-119

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles