PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA GURU

Authors

  • Renni Ramadhani Lubis Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Mustafa Habib Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Muhammad Sadri Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Nurhamimah Rambe Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Wina Mariana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Titin Rahmayanti Rambe Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Yusda Novianti Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat
  • Haryati Haryati Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, STKIP AL Maksum Langkat, Stabat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8264

Keywords:

Learning Model, Project Based Learning, Teacher.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD IT Hamas. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan model pembelajaran berbasis proyek bagi guru. Peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 20 orang yang merupakan guru dari SD IT Hamas. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan tim pengabdian dan peserta. Persentase capaian pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat selama 2 hari adalah 97,35%.

Abstract: The purpose of this training is to improve the competence of teachers in using project-based learning models to improve student learning outcomes of SD IT Hamas. This activity is carried out in the form of project based learning model training for teachers. The participants of this training activity were 20 people who were teachers from the Hamas IT Elementary School. Based on the results that have been obtained, that this community service activity has been carried out well in accordance with the expectations of the service team and participants. The percentage of achievements in the implementation of community service activities for 2 days is 97.35%.

 

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. PT Refika Aditama.

Agusdianita, N., Karjiyati, K., & ... (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V SD …. Martabe: Jurnal …, 3, 42–48. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/1278

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.

Anggara, S. A., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Arabi: Journal of Arabic Studies. 2(2), 186–196.

Fauzia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7, 40–47.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index

Jaya et all, . (2022). Pengaruh Praktik Pembelajaran IPS Menggunakan Model PBL di SMP Negeri 03 Bengkulu Utara Bengkulu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 213–222.

Kasimun&Lubis. (2020). Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sd Negeri 050660 Kwala Bingai. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 78–87.

Nainggolan, B., & PW, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 147–152. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.334

Nasral, & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).

Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399

Raehanah, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir Dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Abstrak. 2(1), 13–26.

Raehanah, R., Khatimah, H., & Suhirman, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir Dan Literasi Sains Siswa Sman 1 Gerung Tahun 2018/2019. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.20414/spin.v2i1.2000

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. 4(April), 185–193.

Saragih et all. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5, 2644–2652.

Siswantoro, E. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi, 5(1), 15. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009

Susanti. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Nutrisi Susanti SMA Negeri 1 Karangnunggal. Kreatif, Berpikir Sikap, dan Siswa, Ilmiah Materi, Pada, 18, 35–42.

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles