WORKSHOP PENGENALAN DAN PEMANFAATAN DATA SAINS PADA BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Dewi Suranti Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu
  • Juju Jumadi Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu
  • Abdussalam Al Akbar Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu
  • Deri Lianda Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu
  • M Dicky Imansyah Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8415

Keywords:

Introduction, Data Science, Field of education.

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi tidak dapat dipisahkan dengan dunia internet. Informasi yang yang disajikan saat ini sudah sangat global dan on time sehingga informasi terupdate dan ketersedian data di segala bidang sangat berlimpah, akan sangat berguna dan bermanfaat jika kita dapat mengolah untuk menemukan insights dari data berupa informasi penting yang akan bermanfaat dalam mengambil keputusan. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh informasi bahwa mitra membutuhkan kegiatan yang dapat menumbuhkan dan memberikan pengetahuan kepada mitra berkaitan dengan data science yaitu keterampilan/kemampuan mengimplemntasikan tiga pilar ilmu matematika, statistika, dan komputer (pemrograman) berkolaborasi dengan tujuan membuat proses pengolahan data lebih efisien dan akurat serta menghasilkan keputusan yang tepat bagi pengambil kebijakan. Kegiatan dilakukan dengan workshop pengenalan dan pemanfatan data science. Tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada mitra terkait Data Science dan pemanfaatan dalam bidang pendidikan. Berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik, kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi peserta dengan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman peserta sebesar 78% berkaitan dengan data science. Dengan memanfaatkan data science maka mereka dapat menemukan insights/pengetahuan dari data tersebut dalam pengambilan keputusan.

Abstract: Technological developments cannot be separated from the world of the internet. The information presented today is very global and on time so that there is updated information and the availability of data in all fields is very abundant, it will be very useful and beneficial if we can process it to find insights from the data in the form of important information that will be useful in making decisions. Based on observations, information was obtained that partners need activities that can grow and provide knowledge to partners related to data science, namely skills/abilities to implement the three pillars of mathematics, statistics, and computers (programming) in collaboration with the aim of making data processing more efficient and accurate and produce the right decisions for policy makers. The activity was carried out with a workshop on the introduction and use of data science. The purpose of the activity is to provide understanding to partners regarding Data Science and its use in the field of education. Based on the results of the evaluation and feedback, this activity was very beneficial for the participants by increasing the knowledge and understanding of participants by 78% related to data science. By utilizing data science, they can find insights/knowledge from the data in making decisions.

Author Biographies

Dewi Suranti, Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Juju Jumadi, Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Abdussalam Al Akbar, Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Deri Lianda, Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

M Dicky Imansyah, Program Studi Informatika, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

References

Dewantara, I. P. M., & Dibia, I. K. (2017). Pelatihan Implementasi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Widya Laksana, 6 (1), 38–44. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/9515

Ekonomi (yakin ini nama orang?), S. (2021). Pengertian Workshop _ Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis, Kelebihan. Sarjanaekonomi.Co.Id. https://sarjanaekonomi.co.id/workshop/

Firdaus, D. (2017). Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jurnal Format, 6(2), 91–97.

Gunawan, Jufri, A. W., Sedijani, P., Hadiprayitno, G., & Bachtiar, I. (2019). Pelatihan Penulisan Pada Jurnal Internasional Bagi Dosen Dan Mahasiswa Magister Pendidikan Ipa Unram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 484–489.

Heryana, D., Setiawati, L., & Suhendar, B. (2020). Sistem Informasi Dan Potensi Manfaat Big Data Untuk Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 350–357. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23023

Ikhsan, A. N., Suhaman, J., & Hidayat, M. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Dan Berbagi Bahan Ajar Bagi Guru Smp Negeri 3 Kalimanah. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 256. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2906

Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (n.d.). Pengoptimalan Cloud Storage-Google Drive sebagai Media Pembelajaran. 01(01), 61–70.

Marisa, F. (2013). Educational Data Mining (Konsep dan Penerapan). Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 91–93.

Nelfianti, F., Martiwi, R., Rahman, A., & Kurniawan, A. (2022). Pelatihan Internet Sehat Dan Aman Untuk Remaja. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 115–122. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1560

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85

Ranggadara, I., & Suhendra. (2021). Pelatihan Pengelolaan Pembelajaran Online Berbasis Cloud Untuk Guru Smp 206 Jakarta Barat Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pasopati, 3(1), 32–34.

Risnawati, R., Handayani, M., & Anggraini, S. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pengolahan Data Pasien Pada Upt. Puskesmas Porsea. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(1), 47–50. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i1.478

Sahidi, & Maryanto, E. T. (2020). Pelatihan Pemanfaatan “ Scientifik Calculator †dalam mendukung pembelajaran Science , Technology , Enginering , and Mathematics ( STEM ) bagi Guru Matematika SMA / SMK Se-Kota dan Kabupaten Sorong Papua Barat. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Kepada Masyarakat;, 3(1), 58–64.

Sofiansyah Fadli, A. S. P. (2022). Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi ( MISI ) jurnal Manajemen Informatika nformatika & Sistem Informasi ( MISI ) ISSN : 2614-1701 ( Cetak ) – 2614-3739 ( Online ) ii. Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), 5(1), 29. https://doi.org/10.36595/misi.v5i1

Suranti, D., Yupianti, Y., Nurwita, S., Candiago, S., & Hardianto, P. (2021). Pendampingan Siswa SMKN 02 Bengkulu Tengah dalam Upaya Pemanfaatan Media Penyimpanan Berbasis Cloud. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 359–364. https://doi.org/10.54082/jamsi.129

Veronica S. Moertini, M. T. A. (2020). Pengantar Data Secience dan Aplikasinya bagi Pemula. In Unpar Press Bandung (Veronica S, Issues 978-623-7879-15–2). UNpar Press.

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles