OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN WARGA BINAAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN DENGAN EDUKASI LITERASI KEUANGAN DI RUTAN KELAS I TANGERANG

Authors

  • Bahtiar Effendi Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8459

Keywords:

Empowerment, Education, Inmates, Financial Literacy, RUTAN.

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan warga binaan lembaga permasyarakatan melalui edukasi sistem pengelolaan keuangan, serta memberikan kontribusi positif dengan adanya edukasi sistem pengelolaan keuangan untuk meningkatkan literasi keuangan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan koordinasi dan pemetaan kebutuhan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 KODIM 0510 di RUTAN kelas I Tangerang, Focus Group Discussion (FGD) dan edukasi literasi keuangan, serta pendampingan pasca edukasi dilaksanakan. Adapun langkah strategis kegiatan diberikan pengetahuan memadai tentang literasi keuangan, pelatihan dan pemahaman untuk mengembangkan literasi keuangan melalui pelatihan pengelolaan keuangan. Adapun peserta kegiatan PKM sebanyak 33 orang. Warga binaan Lapas Kelas I Tangerang didominasi oleh lulusan SD dan SMP, yang melakukan pelanggaran hukum karena dorongan kebutuhan ekonomi. Program pengabdian kepada masyarakat ini sebagai solusi mengatasi rendahnya literasi keuangan warga binaan. Keberhasilan program pengabdian ini karena ketercapaian target peserta serta ketercapaian tujuan dan materi kegiatan. Masyarakat yang memiliki literasi keuangan yang baik mampu membuat keputusan yang tepat dalam pengelolaan keuangannya guna menghadapi tantangan global yang berbasis kemajuan teknologi. Pengukuran hasil kegiatan PKM ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil menunjukkan skor Chi-square sebesar 77,171 (p<.0001) mengindikasikan bahwa edukasi program literasi keuangan terbukti dapat meningkatkan literasi keuangan warga binaan dalam membuat keputusan yang tepat dalam pengelolaan keuangannya.

Abstract: This community service activity aims to increase the empowerment of correctional inmates through financial management system education, as well as make a positive contribution by providing financial management system education to improve financial literacy. The method of implementing community service activities is carried out by coordinating and mapping the needs of the 111th Manunggal Village Building Army (TMMD) at the RUTAN class I Tangerang, Focus Group Discussion (FGD) and financial literacy education, as well as post-education assistance carried out. The strategic steps for the activity are provided with adequate knowledge about financial literacy, training and understanding to develop financial literacy through financial management training. The PKM activity participants were 33 people. The residents of Tangerang Class I prison are dominated by elementary and junior high school graduates, who violate the law because of economic needs. This community service program is a solution to overcome the low financial literacy of the inmates. The success of this service program is due to the achievement of the target participants and the achievement of objectives and activity materials. People who have good financial literacy are able to make the right decisions in managing their finances to face global challenges based on technological advances. The measurement of the results of this PKM activity uses descriptive quantitative analysis. The results show a Chi-square score of 77,171 (p<.0001) indicating that financial literacy program education is proven to be able to improve the financial literacy of the inmates in making the right decisions in financial management.

References

Baiq Fitri Arianti, & Khoirunnisa Azzahra. (2020). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan : Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 156–171. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2635

Buhroni, A. F., & Albertus, R. (2022). Impact of the TNI Manunggal Village Building Program (TMMD) on the Socio-Economic Community Towards Empowerment of Regional Defense. International Journal of Scientific Research and Management, 10(01), 916–931. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v10i1.sh03

Chairil, A., & Niangsih, F. F. (2020). Literasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Provinsi Bengkulu. The Manager Review Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 67–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/a46/article/view/16329

Chudzaifah, I. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi : Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. 1.

Effendi, B. (2018). Penguatan Kemampuan Bendahara Dan Guru Sd Melalui. 2(2), 188–191.

Effendi, B. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sinergitas Universitas dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/369/241

Hardiyanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Karyawan Pertambangan Batu Bara Dikabupaten Sarolangun (Pt. Mandiangin Bara Sinergi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 281–292. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.13162

Khoiri, I. (2021). Membangun dan Memberdayakan Masyarakat di Kala Pandemi. https://www.google.co.id/books/edition/Membangun_dan_Memberdayakan_Masyarakat_d/5IIUEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=membangun+masyarakat+memberdayakan+masyarakat&pg=PA21&printsec=frontcover

Moh. Muslim. (2017). Urgensi Etika Bisnis di Era lobal. 20(2), 111.

Octavia. (2020). Model-Model Pembelajaran - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Model_Pembelajaran/ptjuDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=model+pembelajaran&printsec=frontcover

Pertahanan, M., & Stu, W. (2020). Program Tmmd Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Guna Program Tmmd Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Guna Mendukung Pertahanan Wilayah ( Studi Kasus Program Tmmd Ke- 98 Di Kodim 0615 / Kuningan Ta 2017 ) Implementation Of Rules Of The Army Chief Of Staf. April.

Prasetyo, W. (2020). Panggung Drama Pendapatan Narapidana. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(2). https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.2.18

Prihantika, I., Atika, D. B., Puspawati, A. A., & Sulistiowati, R. (2020). Peningkatan Partisipasi Masyarkat Pekon Mataram Menuju Desa Layak Anak. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 41–49. https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/jp/article/view/23

Puspitasari, C. (2018). The Role of Research-Based Learning to Enhance Students’ Research and Academic Writing Skills.

Putri, A. P. D., & Artani, K. T. B. (2020). Pemberdayaan Remaja Guna Meningkatkan Literasi. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19, Universitas Mahasaraswati Denpasar 2.

Putri, I. G. A. P. D., & Artani, K. T. B. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan UMKM Dalam Upaya Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Permasyarakatan Rumah Tahanan Kelas II B Negara. Prosiding Webinar Nasional, 1(69), 19–25.

Subroto Rapih. (2021). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, Vol. 6 No. 2, 6(2), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf

UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9. (n.d.). Retrieved June 29, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/Undang_Undang_no_12_tahun_2012_Tentang_P/zFePoAEACAAJ?hl=id

Waluyo, F. I. A., & Marlina, M. A. E. (2019). Peran Literasi Keuangan dalam Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Media Akuntansi Dan Perpajakan Indonesia, 1(1), 38–55.

Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender Dan Kemampuan Akademis Terhadap Literasi Keuangan dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 1–12.

Yushita, A. N. (2017). Jurnal Nominal / Volume Vi Nomor 1 / Tahun 2017 Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi Amanita Novi Yushita. Nominal, VI(1), 11–26.

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles