PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN SISWA SD TERLUAR, TERDEPAN DAN TERTINGGAL TENTANG DASAR TEKNOLOGI DAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8500Keywords:
3T, Technology, English conversation, TIK.Abstract
Abstrak: Sekolah di kawasan 3T termasuk tertinggal dikarenakan infrastruktur yang belum memadai baik dari insfrastruktur secara umum, fasilitas sekolah, sarana dan prasarana sekolah maupun dari segi khusus pada kurangnya sumber daya manusia sebagai tenaga pengajar/guru. Kegiatan belajar dan pengetahuan tentang dasar teknologi serta literasi terkhusus kemampuan berbahasa Inggris disekolah ini masih dikategorikan rendah. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim melakukan sosialisasi pengenalan dasar teknologi dengan menggunakan modul dan metode demonstrasi, kemudian pengenalan dasar percakapan bahasa inggris juga menggunakan modul dan metode yang digunakan pratik lansung ke depan kelas. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada siswa kelas 4, 5, dan 6 di Sekolah SD Negeri 37 Sungai Limau dengan tim terdiri dari 3 (tiga) dosen, 3 (tiga) mahasiswa dan 15 (lima belas) siswa/i. Hasil evaluasi terhadap kegiatan dengan melakukan penyebaran kuisioner/angket kepada siswa yang terdiri dari 10 pernyataan menyangkut 2 indikator yaitu; indikator kejelasan penyampaian materi sebesar 96,8% kategori sangat baik, indikator inovasi metode yang digunakan sebesar 94,6% kategori sangat baik.
Abstract: Schools in 3T area are including due to inadequate infrastructure both in terms of general infrastructure, school facilities, lack of human resources as teaching staff/teachers. Learning activities and knowledge about basic technology and literacy, especially English language skills at this school are still in low categorized. In this community service activity, the team socialized, introduction of basic technology using modules and demonstration methods, then basic introduction of English conversation also used the modules and methods used by direct practice in front of class. This service activity was carried out for grade 4, 5, and 6 students at Elementary Public School 37 Sungai Limau with a team consist of three lecturers, three university students and fifteen elementary students. The results of evaluation of activities by distributing questionnaires to students consisting of 10 statements concerning 2 indicators; indicator of clarity of material delivery is 96.8% in the very good category, indicator of method innovation used is 94.6% in the very good category.
References
Ahmad, S. (2013). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 11.
Fadilah, I., & Sari, R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidkan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131
Fransisca, M., Saputri, R. P., & Yunus, Y. (2021). Workshop Dan Sosialisasi Pembuatan Blog Sebagai Media Knowledge Sharing Di SMK N 1 Sumbar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.6
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Mikrotik, 2(1), 1–5.
Iskandarwassit. (2012). Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosda Karya.
Kaunang, F. J., Karim, A., Simarmata, J., Iskandar, A., Ardiana, D. P. Y., Septarini, R. S., Negara, E. S., Hazriani, H., & Widyastuti, R. D. (2021). Konsep Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis. http://www.kitamenulis.id
Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. In Jurnal Pendidika Almuslim (Vol. 7, Issue 2). http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/452
Lubis, M. R., Susanti, E., Wirapraja, A., Siregar, M. N. H., Simarmata, J., Fadhillah, Y., Giap, Y. C., Abdillah, L. A., Purba, R. A., & Muttaqin. (2020). Pengenalan Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis. http://www.kitamenulis.id
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 50. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
Situmorang, D. M., & Ayustia, R. (2019). Model Pembangunan Daerah 3T: Studi Kasus Daerah Perbatasan Kabupaten Bengkayang. MBIA, 18(1), 49–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/mbia.v18i1.321
Situmorang, & Robinson. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Penerbit Kencana Prenada Media Grop.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Alfabeta.
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Teknologi Informasi dan Pengenalan Komputer. Pustaka Galeri Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).