PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN SISWA SD TERLUAR, TERDEPAN DAN TERTINGGAL TENTANG DASAR TEKNOLOGI DAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Yuliawati Yunus Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Putra Indonesia Yptk
  • Suparmi Suparmi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Putra Indonesia Yptk
  • Silky Safira Sistem Komputer, Universitas Putra Indonesia Yptk

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8500

Keywords:

3T, Technology, English conversation, TIK.

Abstract

Abstrak: Sekolah di kawasan 3T termasuk tertinggal dikarenakan infrastruktur yang belum memadai baik dari insfrastruktur secara umum, fasilitas sekolah, sarana dan prasarana sekolah maupun dari segi khusus pada kurangnya sumber daya manusia sebagai tenaga pengajar/guru. Kegiatan belajar dan pengetahuan tentang dasar teknologi serta literasi terkhusus kemampuan berbahasa Inggris disekolah ini masih dikategorikan rendah. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim melakukan sosialisasi pengenalan dasar teknologi dengan menggunakan modul dan metode demonstrasi, kemudian pengenalan dasar percakapan bahasa inggris juga menggunakan modul dan metode yang digunakan pratik lansung ke depan kelas. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada siswa kelas 4, 5, dan 6 di Sekolah SD Negeri 37 Sungai Limau dengan tim terdiri dari 3 (tiga) dosen, 3 (tiga) mahasiswa dan 15 (lima belas) siswa/i. Hasil evaluasi terhadap kegiatan dengan melakukan penyebaran kuisioner/angket kepada siswa yang terdiri dari 10 pernyataan menyangkut 2 indikator yaitu; indikator kejelasan penyampaian materi sebesar 96,8% kategori sangat baik, indikator inovasi metode yang digunakan sebesar 94,6% kategori sangat baik.

Abstract: Schools in 3T area are including due to inadequate infrastructure both in terms of general infrastructure, school facilities, lack of human resources as teaching staff/teachers. Learning activities and knowledge about basic technology and literacy, especially English language skills at this school are still in low categorized. In this community service activity, the team socialized, introduction of basic technology using modules and demonstration methods, then basic introduction of English conversation also used the modules and methods used by direct practice in front of class. This service activity was carried out for grade 4, 5, and 6 students at Elementary Public School 37 Sungai Limau with a team consist of three lecturers, three university students and fifteen elementary students. The results of evaluation of activities by distributing questionnaires to students consisting of 10 statements concerning 2 indicators; indicator of clarity of material delivery is 96.8% in the very good category, indicator of method innovation used is 94.6% in the very good category.

Author Biographies

Yuliawati Yunus, Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Putra Indonesia Yptk

Pendidikan Teknik Informatika

Suparmi Suparmi, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Putra Indonesia Yptk

Pendidikan Bahasa Inggris

Silky Safira, Sistem Komputer, Universitas Putra Indonesia Yptk

Sistem Komputer

References

Ahmad, S. (2013). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 11.

Fadilah, I., & Sari, R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidkan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131

Fransisca, M., Saputri, R. P., & Yunus, Y. (2021). Workshop Dan Sosialisasi Pembuatan Blog Sebagai Media Knowledge Sharing Di SMK N 1 Sumbar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.6

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Mikrotik, 2(1), 1–5.

Iskandarwassit. (2012). Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosda Karya.

Kaunang, F. J., Karim, A., Simarmata, J., Iskandar, A., Ardiana, D. P. Y., Septarini, R. S., Negara, E. S., Hazriani, H., & Widyastuti, R. D. (2021). Konsep Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis. http://www.kitamenulis.id

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. In Jurnal Pendidika Almuslim (Vol. 7, Issue 2). http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/452

Lubis, M. R., Susanti, E., Wirapraja, A., Siregar, M. N. H., Simarmata, J., Fadhillah, Y., Giap, Y. C., Abdillah, L. A., Purba, R. A., & Muttaqin. (2020). Pengenalan Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis. http://www.kitamenulis.id

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 50. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207

Situmorang, D. M., & Ayustia, R. (2019). Model Pembangunan Daerah 3T: Studi Kasus Daerah Perbatasan Kabupaten Bengkayang. MBIA, 18(1), 49–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/mbia.v18i1.321

Situmorang, & Robinson. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Penerbit Kencana Prenada Media Grop.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Alfabeta.

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Teknologi Informasi dan Pengenalan Komputer. Pustaka Galeri Mandiri.

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles