PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI BERBASIS AKTIVITAS POLA HIDUP SEHAT

Authors

  • Nia Wahyu Damayanti Pendidikan Matematika, Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Dian Utami Ikhwaningrum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Fuat Fuat Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8638

Keywords:

literacy skill, numeracy, healthy lifestyles.

Abstract

Abstrak: Kemampuan literasi dan numerasi adalah kemampuan esensial yang harus dikuasai siswa di tingkat sekolah dasar. Pemerataan pendidikan perlu dinikmati oleh semua pihak termasuk siswa di kalangan pedesaan yang terjangkau jauh dari teknologi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan mengintegrasikan kegiatan pola hidup sehat dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan pelaksanaan pembelajaran secara luring terbatas. Sebelum pelaksanaan pembelajaran ini, diadakan sosialisasi kepada pihak sekolah terutama guru dan kepala sekolah mengenai aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan secara outdoor. Kegiatan ini melibatkan guru, siswa, tim pengabdi dan mahasiswa untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan. Pembelajaran didesain secara luring terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Evaluasi dilakukan dengan memantau perkembangan kemampuan literasi dan numerasi siswa setiap hari. Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatnya semangat  belajar siswa untuk kegiatan literasi dan numerasi. Siswa yang semula hanya bisa membaca kata dengan pola KVKV (konsonan vocal) kemudian dapat membaca KVKKVK (Konsonan-Vokal-Konsonan). Sehingga kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkat yang ditandai dengan siswa yang semula hanya dapat membaca kata dengan pola KVKV dapat membaca dengan pola yang lebih kompleks. Pada kegiatan ini setelah melakukan pembelajaran siswa dilatih untuk dapat menggosok gigi dengan benar dan memperhatikan kebersihan di lingkungan sekitar dengan memungut sampah yang ada di sekitar mereka.

 

Abstract:  Literacy and numeracy skills are essential abilities that students must master at the elementary school level. Equitable distribution of education needs to be enjoyed by all parties including students in rural circles who are affordable away from technology. The purpose of this service is to improve students' literacy and numeracy skills by integrating healthy lifestyle activities in learning. The method of implementing this activity is by implementing limited offline learning. Prior to the implementation of this learning, socialization was held to the school, especially teachers and principals regarding the learning activities to be carried out. This is because learning is carried out outdoors. This activity involves teachers, students, service teams and students to support the smooth implementation of activities. Learning is designed offline to be limited by observing strict health protocols. Evaluation is carried out by monitoring the development of students' literacy and numeracy skills on a daily basis. The result that has been achieved in this activity is an increase in students' enthusiasm for learning for literacy and numeracy activities. Students who were originally only able to read words with the KVKV pattern (vocal consonants) can then read KVKKVK (Consonants-Vowels-Consonants). So that students' literacy and numeracy skills increase, which is characterized by students who were originally only able to read words with the KVKV pattern, they can read with a more complex pattern. In this activity after learning, students are trained to be able to brush their teeth properly and pay attention to cleanliness in the surrounding environment by picking up garbage around them.              

 

References

Damayanti, N W. (2021). Edukasi Aktivitas Motoric Skill Pada Pembelajaran Untuk Anak Autis. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1–6. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5043

Damayanti, Nia Wahyu. (2019). Representasi Interval pada Garis Bilangan sebagai Alat Bantu untuk Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan. 170–175.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Effendi, R. (2016). Model Pembelajaran Sq3R Untuk Mengembangkan. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 109–118.

Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Hindun Permatasari, V., & Dwi Kurniasih, M. (2021). the Analysis of Mathematical Literacy on Plane Geometry Material With Batik Betawi Tumpal Pattern. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 83–98. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol6no1.2021pp83-98

Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Islam, U., … Djati, G. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. 4(1), 69–88.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.496

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.866

Wahyu Purnomo, B., & Fatwa Sari, A. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. 10(September), 357–368. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Wulandari, S., Hermansyah, H., & Pratiwi, Y. I. (2021). The Influence of Learning Motivation on Mathematics Learning Achievement in terms of Gender of Class VIII Students of SMP Negeri 5 Tarakan. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(2), 42–50. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i2.63

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles