PELATIHAN PENGISIAN BEBAN KERJA DOSEN PADA DOSEN EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Authors

  • Arniati Arniati Prodi Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasrullah Nasrullah Prodi Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Masrullah Masrullah Prodi Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8646

Keywords:

Lecturer workload, lecturer, training.

Abstract

Abstrak: Setiap dosen tentu perlu memahami bagaiman cara mengisi beban kerja dosen (BKD) karena akan dilaporkan secara berkala. Dengan demikian setiap dosen mempunyai kewajiban untuk menyusun laporan atas semua tugas dan tanggungjawanya selama satu semester. Sebelum memhamai bagaimana proses pengisiannya, maka setiap dosen wajib paham mengenai beban kerja dosen. Beban kerja dosen (BKD) memakai istilah satuan kredit semester, dimana jumlah SKS telah ditentukan oleh Dirjen Dikti dan kemudian dipahami oleh dosen yang bersangkutan. Sehingga adanya batas maksimal ini akan mencegah resiko adanya peningkatan beban kerja melebihi kapasitas dan ketentuan, maka tim pengabdian (PKM) melaksanakan pelatihan cara pengisian beban kerja dosen dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen dalam mengisi beban kerja dosen agar bisa bekerja terukur, terstruktur, dan mampu melaksanakan pelaporan sesuai ketentuan. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan serta praktek pengisian beban kerja dosen dengan mitra yaitu dosen program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar sebanyak 12 orang dengan evaluasi melalui praktek langsung dalam pengisian beban kerja dosen. Hasil yang telah dicapai oleh peserta (dosen) setelah mengikuti kegiatan ini adalah 100% telah paham dan mampu mengisi beban kerja dosen (BKD) pada tiap semester .

Abstract: Every lecturer certainly needs to understand how to fill the lecturer's workload (BKD) because it will be reported regularly. Thus, each lecturer has the obligation to compile a report on all his duties and responsibilities for one semester. Before understanding how the filling process is, every lecturer must understand the lecturer's workload. Lecturer workload (BKD) uses the term semester credit unit, where the number of credits has been determined by the Director General of Higher Education and then understood by the lecturer concerned. So that the existence of this maximum limit will prevent the risk of an increase in the workload exceeding the capacity and provisions, the service team (PKM) carries out training on how to fill lecturers' workloads with the aim of increasing lecturers' understanding and ability in filling lecturers' workloads so that they can work measurably, structured, and efficiently. and able to carry out reporting in accordance with the provisions. The method of implementation is training and practice of filling the workload of lecturers with partners, namely lecturers of the Development Economics study program, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Makassar as many as 12 people with evaluation through direct practice in filling lecturer workloads. The results that have been achieved by participants (lecturers) after participating in this activity are 100% have understood and are able to fill the workload of lecturers (BKD) in each semester.

References

Adam, M., Saftiana, Y., Nailis, W., & Putri, Y. H. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Rencana Bisnis Model Kanvas bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6120

Arif, A., & Putrawansyah, F. (2021). Pelatihan Pengisian BKD Sertifikat Dosen STT Pagar Alam Abstrak. 04(01), 23–28.

Arniati, M. A. (2021). Kerajinan tangan kertas bekas dalam mengurangi limbah anorganik. 5(4), 2135–2143. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5136

Arniati, Muryani Arsal, Muhammad Rusydi, & Andi Arifwangsa Adiningrat. (2021). Pembelajaran Pembukuan dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Pelaku Wirausaha Mikro. Jurnal Solma, 10(1), 23–31. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5577

Fitrio, T. (2021). Workshop Penyususnan Laporan Beban Kerja Dosen (Bkd) Dan Laporan Kinerja Dosen (Lkd) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (Stie-I) Rengat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 16–23.

Ibrahim, M. (2022). Desiminasi : Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa. 6(1), 771–779.

Isnaeni, M. P., Imron, A., & Sumarsono, R. B. (2018). Persepsi Dan Sikap Mahasiswa Tentang Layanan Akademik Hubungannya Dengan Motivasi Belajar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 337–346. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p337

Luis, F., & Moncayo, G. (n.d.). Menyusun Penilaian Kinerja Dosen yang Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mahdiannur, M. A., Widodo, W., Subekti, H., Hidayati, S. N., & Aulia, E. V. (2021). Pelatihan Membuat Media Blended Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Wakelet. 5(5), 4–9.

Mudjihartono, P., Teknik, M., Universitas, I., Yogyakarta, A., Scorecard, B., & Keputusan, S. P. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard ( Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta ). Seminar Nasional Informatika 2010 (SemnasIF), 5(semnasIF), 82–90. https://doi.org/:https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5913

Mulyani, N., Hutahaean, J., Azhar, Z., Kifti, W. M., & Saputra, E. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pengolah Kata Bagi Guru Dan Staf Sd Negeri 010240 Pematang Cengkering, 5(5), 3–8. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5502

Muryani Arsal, et al. (2021). Peningkatan Keterampilan Akuntansi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Panti Asuhan. 5(6), 5–12. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5860

Permana, I. A. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Stt Sangkakala). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 89. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2437

Qomariah, N., & Naelyazhad, M. (n.d.). Improvement Of Lecturer Performance In Private. 294–301.

Sunarni, & Setyadin, B. (2016). Analisis Pelaksanaan Beban Kerja Dosen (BKD). Manajemen Pendidikan, 25(1), 47–56.

Yuniarto, D. (2018). Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Laporan Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Secara Online Menggunakan …. Infoman’s: Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen …, 12(1), 26–35.https://ejournal.stmik-sumedang.ac.id/index.php/infomans/article/view/25

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles