PELATIHAN SOSMEDPRENEUR UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING KELOMPOK WANITA NELAYAN

Authors

  • Nurlina Subair Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Risma Haris Program Studi Kesehatan Masyarakat, PPs. Universitas Indonesia Timur
  • Irma Irma Program Studi Kesehatan, Institusi Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju
  • Syahban Nur Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8733

Keywords:

social medi, socmedpreur, coastal woman.

Abstract

Abstrak: Pemasaran hasil laut dan pengolahan ikan Kelompok Wanita Nelayan Az Zahra adalah permasalahan klasik yang dihadapi masyarakat pesisir. Sosial media sebagai salah satu sarana untuk pemasaran dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menjangkau sasaran pasar yang lebih luas. Pelatihan sosmedpreneur dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada wanita pesisir penggunaan marketplace facebook sebagai marketing digital untuk ikan dan produk olahannya. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari curah pendapat (brainstorming), pemberian materi inti dengan metode ceramah dan dievaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang didapatkan pengetahuan untuk manfaat sosial media sebesar 83%, komunitas wirausaha melalui sosial media sebesar 67% dan minat wirausaha sebesar 50% kecuali untuk pengetahuan mereka dalam menggunakan sosial media untuk berwirausaha dan sikap yang harus dimiliki yang menjadi ciri-ciri pewirausaha sebesar 17%. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat dipraktikkan kembali, sehingga dapat membantu meningkatkan pemasaran hasil olahan ikan khususnya kelompok wanita nelayan Azzahra.

Abstract: The marketing of marine products and fish processing of the Az Zahra Women's Group is a classic problem faced by coastal communities. Social media as a means for marketing can be used by the community to reach a wider target market. Coastal women's social media training aims to teach coastal women how to use the Facebook marketplace as a digital marketing tool for fish and processed products. This community service was carried out at KWN Fatimah Azzahra, Pattingalloang Village, Ujung Tanah District, Makasar City. The implementation of the training started with brainstorming, giving core material using the lecture method, and being evaluated. Based on the results of the evaluation, it was found that knowledge of the benefits of social media (83%), the entrepreneurial community through social media (67%), and entrepreneurial interest (50%) was good except for their knowledge of using social media for entrepreneurship and the must-have attitudes that become entrepreneurial characteristics, which are still relatively low (17%). This is because the training time is limited, so people have not been able to absorb knowledge well, especially in practice.

References

Adnyani, N. K. S., Sukerti, N. W., & Wisnawa, I. G. Y. (2017). Ibm Kelompok Wanita Nelayan Tianyar Timur. Widya Laksana, 4(2), 177–184.

Apituley, Y. M., Wiyono, E. S., Hubies, M., & Nikijuluw, V. P. (2013). Pendekatan Fungsi Dan Kelembagaan Dalam Analisis Pemasaran Ikan Segar Di Maluku Tengah (Functional And Institutional Approach In Analysis Of Fresh Fish Marketing In The Region Of Central Maluku). Marine Fisheries: Journal Of Marine Fisheries Technology And Management, 4(1), 67–74.

Ardianto, M. R. (2017). Perilaku Sosial Pedagang Handphone/Gadget Di Pasar Tradisional Klitikan Pakuncen Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 84–96.

Arfianto, D. M. (2017). Penggunaan Gadget Dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin) [Phd Thesis]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Arizal, A., Sukmana, R. A., Ulfah, Y., Shaddiq, S., & Zainul, M. (2021). Strategi Pemanfaatan Facebook Marketplace Dalam Manajemen Periklanan. Syntax Idea, 3(6), 1278–1289.

Asiati, D., & Nawawi, N. F. N. (2017). Kemitraan Di Sektor Perikanan Tangkap: Strategi Untuk Kelangsungan Usaha Dan Pekerjaan. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(2), 103–118.

Buan, T., Soewarlan, L. C., & Paulus, C. A. (2022). Curahan Waktu Kerja Ibu Rumah Tangga Pedagang Pengecer Ikan Di Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Bahari Papadak, 3(1), 81–88.

Darmawan, I. P. A., Untara, I. M. G. S., & Artiningsih, N. W. J. (2021). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Program Studi Filsafat Hindu Stah Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 504–519.

Goso, G., & Anwar, S. M. (2017). Kemiskinan Nelayan Tradisional Serta Dampaknya Terhadap Perkembangan Kumuh. Jurnal Manajemen Stie Muhammadiyah Palopo, 3(1).

Hasan, I. A., Darlin, D., & Hasim, D. (2021). Pengembangan Pengetahuan Berwirausaha Melalui Pelatihan Entrepreneurship Pada Ibu-Ibu Pkk Misberok Kampung Wisata Binsari Kabupaten Biak Numfor. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (Snp2m), 443–446.

Herman, A. (2020). Corporate Social Responsibility Sebagai Tanggungjawab Konstitusional Perusahaan (Analisis Program Pln Peduli Objek Wisata Silahisabungan Pt Pln (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Sebagai Bentuk Tanggungjawab Konstitusional Bumn) [Phd Thesis]. Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta.

Hindun, I., Mulyono, M., & Husamah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Berbasis Solar Cell Untuk Mengatasi Permasalahan Irt Nelayan Sapeken Kabupaten Sumenep. International Journal Of Community Service Learning, 3(4), 198–210.

Hutapea, R., Kohar, A., & Rosyid, A. (2012). Peranan Wanita Nelayan (Istri Nelayan) Jaring Insang Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Bejalen, Perairan Rawa Pening, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Journal Of Fisheries Resources Utilization Management And Technology, 1(1), 1–10.

Kadir, S. A., Subair, N., & Muslimin, A. (2019). Dinamika Sosial Terhadap Rencana Pembangunan Bandara Di Desa Tonggurambang Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(1), 184–191.

Kausar, A. (2019). Dampak Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Pt. Anugerah Langkat Makmur Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Singkuang [Phd Thesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Magfiroh, W., & Sofia, S. (2020). Strategi Nafkah Istri Nelayan Buruh Di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Jsep (Journal Of Social And Agricultural Economics), 13(1), 73–91.

Mahmud, T. B., & Wunawarsih, I. A. (2019). Pemanfaatan Sumber Informasi Nelayan Dalam Adaptasi Ekonomi Di Desa Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian, 4(3), 58–61.

Mitra Yolanda Pratiwi, M. (2021). Aktivitas Home Industri Amplang Udang Kharisma Dalam Meningkatkan Ekonomi Kelompok Istri Nelayan Di Kelurahan Concong Luar Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir [Phd Thesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Moriansyah -, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.33299/Jpkop.19.3.346

Muhsin, M. A., & Pasigai, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Hidup Dan Perekonomian Masyarakat Pulau Harapan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai Melalaui Pendidikan Berbasis Ekonomi Lokal.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada Bumdes Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–14.

Pambudi, R. S. P. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook. Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook.

Pinem, E. Y., Widiono, S. W., & Irnad, I. (2019). Kemiskinan Struktural Komunitas Nelayan Di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2), 91–112.

Pratama, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Produk Olahan Hasil Perikanan Di Wilayah Yang Terkena Dampak Genangan Jatigede Kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pringgenies, D., Yudiati, E., Nuraeni, R. A. T., & Susilo, E. S. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Nelayan Pesisir Pantai Dengan Aplikasi Teknologi Pewarna Alam Limbah Mangrove Jadi Batik Di Mangkang Kecamatan Tugu Semarang. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 83–89.

Purnomo, D., Lubis, M. R. H., Rakhmadani, D. P., Arum, M. P., & Purbaya, M. E. (2021). Efektivitas Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kemampuan Dan Kinerja Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eksekutif, 18(1), 65–74.

Raodah, R. (2016). Peranan Isteri Nelayan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Lapulu Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Al-Qalam, 19(2), 295–304.

Ridwan, I., & Wahyudi, D. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Lele Dan Diversifikasi Produk Di Umkm Mutiara Timur. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2).

Salam, N. E., & Nurjanah, N. (2019). Komunikasi Pariwisata Budaya Dalam Mempromosikan City Branding “Siak The Truly Malay.†Profesi Humas, 4(1), 134–154.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi Dan Media Sosial. No. December.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 7(2), 158–164.

Simatupang, S., Efendi, E., & Putri, D. E. (2021). Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli. Jurnal Ekbis, 22(1), 28–41.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 80–86. Https://Doi.Org/10.32546/Lq.V2i1.134

Sulman, A. (2021). Aktualisasi Pemberdayaan Ekonomi Tinjauan Ekonomi Islam Pada Pt. Biota Laut Ganggang Kabupaten Pinrang [Phd Thesis]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf Ri Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138.

Susanto, A., Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace Untuk Produk Umkm Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan Online. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42–51.

Syahrir, Ismira. (2019). Tebi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az Zahradan Nuraeni Pendirinya. Academia.Edu. Https://Www.Academia.Edu/8233752/Tebi_Kelompok_Wanita_Nelayan_Fatimah_Az_Zahradan_Nuraeni_Pendirinya

Tuten, T. L. (2020). Social Media Marketing. Sage.

Wardhana, R., & Tarina, D. D. Y. (2021). Perlindungan Konsumen Jual Beli Online Masker Di Marketplace Facebook. Justitia: Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 8(5), 1259–1268.

Wugaje, F. M., Hadayani, H., & Baksh, R. (2017). Kontribusi Wanita (Istri Nelayan) Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Di Kelurahan Lere Kecamatan Palu Barat. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 5(5), 586–591.

Yasrizal, Y. (2020). Peningkatan Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Melalui Pengelolaan Dan Pengembangan Hasil Perikanan Di Meulaboh Provinsi Aceh. Jurnal Marine Kreatif, 2(2).

Yurleni, Y. (2018). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung [Phd Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles