PELATIHAN PELAYANAN JAMAAH UMRAH PT ILFA IHSAN HANIFA JAKARTA SELATAN

Authors

  • Mastanah Mastanah Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lala Marliana Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8904

Keywords:

Umrah worship service, umrah management strategy, HR management.

Abstract

Abstrak: Pengambilan keputusan sumber daya menentukan strategi jangka panjang secara efektif dan efisien, dengan tujuan memberikan pelayanan yang baik kepada jamaah umrah. Akan tetapi, tidak semua penyelenggara mampu memberdayakan karyawannya yang ada untuk mengoptimalisasikan pelayanan umrah. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif. Melalui pengumpulan data dengan proses observasi, dengan terlibat langsung di lokasi memberikan pelatiahan pengelolaan yang efektif dan inovatif. Pembina pertama memberikan materi di awal kegiatan yang berisi bagaimana menjadi penyelenggara umrah yang baik. Kemudian, setelah itu pembina memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempraktikkan hasilnya. Kemudian, untuk evaluasi kompetensi pembina memberikan Google Form yang berisi pemahaman kegiatan yang sudah dilakukan. Hasil dari pelatihan ini di antaranya mampu mengelola manajemen umrah PT Ilfa Ihsan Hanifa dengan pelayanan jamaah umrah dengan baik, yaitu: pelayanan sebelum umrah, selama umrah dan setelah ibadah umrah. Hasil pelayanan yang sangat baik teraktualisasi dari kesopanan, kepedulian dan profesional SDM melayani para jamaah umrah dari awal proses menuju ibadah umrah hingga selesai, proses administrasi yang baik, akomodasi, dan konsumsi yang berkualitas, pembimbing profesional yang sangat mengedukasi dan memotivasi.

Abstract: Resourcedecision making determines long-term strategies effectively and efficiently, with the aim of providing good service to Umrah pilgrims. However, not all organizers are able to empower their existing employees to optimize Umrah services. The method used is a qualitative method. Through data collection with an observation process, by being directly involved in the location providing effective and innovative management training. The first coach gave material at the beginning of the activity which contained how to be a good Umrah organizer. Then, after that the coach gave the opportunity to the participants to practice the results. Then, to evaluate the competence of the supervisor, provide a Google Form which contains an understanding of the activities that have been carried out. The results of this training include being able to manage the Umrah management of PT Ilfa Ihsan Hanifa with good Umrah services, namely: services before Umrah, during Umrah and after Umrah worship. The results of excellent service are actualized from politeness, caring and professional HR serving the Umrah pilgrims from the beginning of the process to the Umrah pilgrimage to completion, good administrative processes, accommodation and quality consumption, professional mentors who are very educating and motivating.

References

Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efriyanti, L. (2019). Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk yang Menggunakan Akad Wadi’ah Terhadap Loyalitas Nasabah Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Pat Sepakat. e-theses.iaincurup.ac.id. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/621

Jailani, J., & Alkam, R. M. (2022). Strategi Pengelolaan Pembimbing Manasik Umrah Pada Travel Di Kecamatan Syiah Kuala. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 3 (2), 75-84 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alidarah/article/view/13124

Kartono, A. (2018). Solusi Hukum Manasik dalam Permasalahan Ibadah Haji. Jakarta:Pustaka Cendikia Muda.

Majid, S. A. (2009). Customer Service Dalam Bisnis Jasa. Jakarta: Raja Grafindo.

Meilani, L. F. (2022). Manajemen Pelayanan Manasik Haji terhadap Kepuasan Calon Jamaah Haji pada KBIH Al-Hikmah Metro Pusat. Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah, 1(1), 82-88. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Multazam/article/view/4634

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Muna, M., Amaluddin, A., & Iman, B. (2022). Organizing Hajj Manasik as an Effort to Increase Knowledge of Hajj for Prospective Hajj Pilgrims at the Office of the Ministry of Religion of Enrekang Regency. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 237–246. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3069

Rachmaningsih, R., & Harahap, H. (2022). Strategi Komunikasi Amphuri dalam Membangun Citra Perusahaan pada Anggota. Jurnal Syntax Transformation, 3(1). http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/498

Ridwan, A., Ramlan, A., & Fauzidan, F. (2022). Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam Perjalanan Haji dan Umrah. Mabrur: Journal of Hajj and Umra, 1(1). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/mabrur/article/view/17521

Rosyadi, I., Syam, N., & Sahid, H. M. (2021). The Political Law of Commodification of Umrah Travel in Indonesia. JL Pol’y & Globalization. https://heinonline.org/hol-cgi-bin/get_pdf.cgi?handle=hein.journals/jawpglob108%5C&section=8

Safitri, A. N., & Puspitasari, R. (2022). Strategi Manajemen Perekrutan Jamaah pada Biro Travel. Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah, 1(1), 39–53. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Multazam/article/view/4629

Syamsir, A. (2019). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Kota Bandung Tahun 2018. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jispo/article/view/4084

Syifaurahman, M., & Gumelar, E. T. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Travel Haji dan Umrah Menggunakan WebQual dan Model Kano di Perusahaan Jasa. Bandung Conference Series Business and Management. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSBM/article/view/1678

Yarmunida, M., & Fryanti, Y. E. (2022). Strategi Adaptasi Biro Tour And Travel Dalam Menghadapi Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Tour And Travel Haji dan Umrah PT AQM Kota …. Ekombis Review: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 343–352. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/1991

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles