PENGELOLAAN PENYUSUNAN DOKUMEN AKREDITASI BAGI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH

Authors

  • Justin Eduardo Simarmata Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Eduardus Beo Seso Delvio Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Yohanes Jefrianus Kehi Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Zulkaidah Nur Azhan Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Ferdinandus Mone Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Nelciana Talan Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Elisabeth E Mayori Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Silfester Faentaono Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9052

Keywords:

Accreditation, School, Instrument, IASP 2020.

Abstract

Abstrak: Kurangnya pemahaman pihak sekolah tentang isi instrumen akreditasi serta alur dari proses pelaksanaan akreditasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 mendorong tim pengabdi untuk memberikan sosialisasi pengelolaan penyusunan dokumen sekolah sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi reakreditasi sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberikan cara pengelolaan penyusunan dokumen akreditasi bagi sekolah dasar dan menengah di Kecamatan Amanuban Tengah sebanyak 21 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru-Guru jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Tahapan kegiatan meliputi: (1) persiapan, (2) sosialisasi persiapan akreditasi, (3) pelaksanaan kegiatan, (4) evaluasi kegiatan dengan menggunakan angket. Hasil analisis evaluasi pelaksanaan kegiatan diperoleh bahwa peserta kegiatan telah memahami dengan baik cara pengelolaan dokumen dari instrumen akreditasi IASP 2020 sekolah dasar dan menengah serta adanya peningkatan pemahaman dan kesadaran pihak sekolah tentang akreditasi sebagai salah satu faktor dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Abstract: The lack of the school of understanding about the contents of the accreditation instrument and the flow of the accreditation implementation process of the 2020 Education of Unit Accreditation Instrument (IASP) encourage the service implementation team to provide dissemination on the management of school document as preparation for school reaccreditation. The purpose of this service activity is to provide a way to manage the preparation of accreditation documents for primary and secondary schools in Amanuban Tengah Subdistrict as many as 21 people consisting of the Principal and Teachers of the elementary and junior high school levels. The stages of activities include: (1) preparation, (2) dissemination of accreditation preparation, (3) implementation of activities, (4) evaluation of activities using a questionnaire. The results of the analysis of the evaluation of the implementation of the activities showed that the participants had a good understanding of how to manage documents from the IASP 2020 accreditation instrument for elementary and secondary schools and there was an increase in the understanding and awareness of schools about accreditation as a factor in improving the quality of education.

Author Biography

Justin Eduardo Simarmata, Pendidikan Matematika, Universitas Timor

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Adha, M. A., Benyamin, C., Octaviarnis, I., & Thalib, D. (2018). Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Media MP, 2(2), 270–278. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5780.

Asy’ari, H., Munawwaroh, Z., & Azmi, U. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(2), 143–162. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.124.

Asy’ari, M., & Baysha, M. H. (2021). Pelatihan Virtual Meningkatkan Akreditasi Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pijar Mand Indonesia 1(2), 50–55. https://doi.org/10.36312/pmi.v1i2.29.

Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263.

Dinihari, Y., Suseno, M., & Setiadi, S. (2021). Evaluasi Hasil Akreditasi Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah DKI Jakarta. Jurnal Holistika, 5(2), 85–95.

Fredy, F., Ilham, M., Purwanty, R., & Rahayu, D. P. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi SD YPK Sota. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.802.

Hidayati, D., & Hardiani, N. (2017). Peningkatan kualitas madrasah melalui sosialisasi regulasi akreditasi sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jannah NW Ampenan Kota Mataram. Transformasi13(2), 219–226. https://doi.org/10.20414/transformasi.v13i2.2206.

Iskamto, D., Liyas, J. N., Gultom, E., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Peng. Masyarakat Akademisi, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132.

Ismail, A. D., Kusumawardana, A. S., Jamil, A. F., & Putri, O. R. U. (2017). Pendampingan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Manajemen Ketenagaan di Sekolah Menengah Kejuruan. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 171–175. https://doi.org/10.36312/jupe.v2i2.225.

Kogoya, W., & Uruwaya, H. (2022). Pendampingan Penggunaan IASP2020 Untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah di SMA YPPK Asisi Sentani Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2(1), 9–19.

Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., Anjaya, C., Chodidjah, I., & Toharudin, T. (2019). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Mataputun, Y. (2020). Analisis pemenuhan standar nasional pendidikan dan permasalahannya. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.29210/148800.

Mu’ti, A. (2014). Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. In Prosiding Sesiomadika, 1(1a).

Rahman, M. H., Saprudin, S., Mubarak, H., & Hamid, F. (2017). Evaluasi Program IbM Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi bagi Sekolah Dasar di Kota Ternate. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 59–65. https://doi.org/10.30599/jti.v9i2.93.

Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. JAMP 1(2), 171–178. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p171.

Simarmata, J. E., Fitriani, & Thaal, P. (2022). Mentoring Of Documents Arrangement Of Educational Unit Accreditation Instrument 2020 In Preparation For School Accreditation. Abdimas Talenta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 399–406. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i1.7107.

Wewe, M., & Awe, E. Y. (2021). Kegiatan Pendampingan Penyusunan Dokumen Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 di SD Negeri Late. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 116–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.264.

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles