PENGUATAN BRANDING DAN PROMOSI DESA WISATA NGIDAM MUNCAR MELALUI EKSISTENSI WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9119Keywords:
branding, promotion, tourist village, website.Abstract
Abstrak: Pengembangan desa wisata dianggap mampu menunbuhkembangkan ekonomi masyarakat pedesaan secara lebih merata, sesuai dengan agenda prioritas sektor pariwisata Indonesia. Hal inilah yang ditangkap oleh Desa Muncar, dengan langkah mengembangkan Desa Wisata Ngidam Muncar. Namun, terdapat keterbatasan dalam branding dan promosi desa, terutama melalui website, karena keterbatasan kapabilitas tim BUMDes Muncar Makmur. Kegiatan pengabdian ini bertujuan membangun website untuk menguatkan branding dan promosi Desa Wisata Ngidam Muncar, serta memberikan pelatihan pengelolaan website, agar website dapat eksis dengan pengelolaan mandiri. Metode yang dilakukan melalui pelatihan, praktikum dan pendampingan. Mitra utama adalah Pemerintah Desa Muncar. Pelatihan branding dan promosi secara umum diberikan kepada perangkat desa secara umum, terutama Pokdarwis, sementara pelatihan, praktikum dan pendampingan pengelolaan website secara khusus dengan BUMDes Muncar Makmur sebagai pihak yang bertugas menangani promosi digital. Kegiatan menghasilkan sebuah website yang dikemas dengan skema branding khas desa wisata, dan peningkatan softskill peserta dalam branding dan promosi, termasuk pengelolaan website.
Abstract: The development of tourist villages is considered to develope the rural communities economic, in accordance with the priority agenda of the Indonesian tourism sector. Muncar Village captured by developing the Ngidam Muncar Tourism Village. However, there are weaknesses in village branding and promotion, especially through the website, due to the limited capability of the Muncar Makmur BUMDes team. This activity aims to build a website to strengthen Ngidam Muncar branding and promotion, by providing website management training. The method implemented through training, practicum and mentoring. The main partner is the Muncar Village Government. Branding and promotion training are generally given to village officials in general, especially Pokdarwis, while training, practicum and website management assistance are specifically with BUMDes Muncar Makmur as the party in charge of handling digital promotions. The activity success to produce a website that is packaged with a typical tourist village branding scheme, and increases the soft skills of participants in branding and promotion, including website management.
References
Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Website dan Instagram sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451–466. https://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119
Andik Prakasa Hadi, & Faiz Abdul Rokhman. (2020). Implementasi Website sebagai Media Informasi dan Promosi pada Pondok Pesantren Putra-Putri Addainuriyah 2 Semarang. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(1), 39–49. https://doi.org/10.51903/pixel.v13i1.190
Anggraini, C. A., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). Cyberbranding sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Shopee Indonesia. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 72–86. https://doi.org/10.33884/commed.v2i2.471
BPS. (2020). [Sidukcapil] Jumlah Penduduk Kecamatan Susukan Menurut Jenis Kelamin (Jiwa), 2018-2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang. https://semarangkab.bps.go.id/indicator/12/221/1/-sidukcapil-jumlah-penduduk-kecamatan-susukan-menurut-jenis-kelamin.html
Dharmappa, S. K. (2018). Study of the effectiveness of online marketing on integrated marketing communication. International Journal of Advanced Science and Technology, 3(11), 536–620.
Ekarini, F. (2017). Analisis Desain Website BNI, Bukopin, J.Co Donuts Dan Mcdonals Menurut Buku “the Principles of Beautiful Web Design.†Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 8–20. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.14489
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Harfi, M. Z. (2016). Politik Hukum Pembentukan Desa Menurut Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jurnal IUS Kajian Hukum Dan Keadilan, 4(3), 407. https://doi.org/10.29303/ius.v4i3.369
UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pub. L. No. UU No.6, Menteri Hukum dan HAM RI (2014). https://doi.org/10.1145/2904081.2904088
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649
Limanseto, H. (2021). Pembangunan Kepariwisataan melalui Pengembangan Desa Wisata untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3520/pembangunan-kepariwisataan-melalui-pengembangan-desa-wisata-untuk-meningkatkan-pertumbuhan-ekonomi
Muntoha, Jamroni, & Tantria, H. (2015). Pemanfaatan Situs Web sebagai Sarana Promosi Desa Songbanyu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(September), 172–176. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7921/6931
Rismawati, E., Abidin, Y. Z., & Dulwahab, E. (2020). Pengelolaan Cyber Public Realations dalam Membentuk Corporate Branding. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(3), 241–260. https://doi.org/10.15575/reputation.v2i3.420
Riyanto, S., & Kurniawati, I. D. (2018). Rancang Bangun Website Desa Kresek-Madiun untuk Media Informasi Potensi Wisata Alam dan Kulinier. JUSIKOM PRIMA (Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima), 1(2), 43–48.
Sari, D. M., Fitriani, N., & Arfiani, M. (2021). Penerapan Marketing Branding Strategy pada Unit Usaha Mikro Kecil Pondok Yatim Binaan Human. Jurnal Batoboh, 6(2), 119–135.
Wanda, S. S. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Website dalam Rangka Promosi Produk dan Peningkatan Penjualan Studi Kasus PT Amonindo Utama. PROSISKO (Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer), 4(2), 107–117. https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/repo/viewitem/14763
Widyanto, M., & Athanasius, S. S. (2021). Efektifitas Media Digital dalam Komunikasi Pemasaran Menurut Konsumen di Semarang (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNIKA Soegijapranata). JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 4(1), 52–72. https://doi.org/10.24167/jemap.v3i2.2834
Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, Setyonegoro, A., & Priyanto. (2020). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(1), 1–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).