PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SMA DAN SMK MELALUI PROGRAM “MENGABDI PADAMU NEGERIâ€
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9378Keywords:
Learning Motivation, English Language Training, Online Learning.Abstract
Abstrak: Pandemi Covid-19 telah menimbulkan berbagai tantangan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris yang berdampak pada menurunnya motivasi siswa. Kegiatan pelatihan bahasa Inggris secara daring memberikan wadah bagi siswa SMA dan SMK untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris serta menumbuhkan motivasi dan nilai-nilai positif dalam diri mereka. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Google Classroom. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah siswa SMA dan SMK kelas XII dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Bali dan provinsi lain. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan adalah 67 orang yang dibagi ke dalam empat kelas sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris mereka. Sebagai bentuk evaluasi, peserta diminta mengisi google form refleksi diri untuk menyampaikan kesan dan pesan mereka setelah mengikuti pelatihan. Berdasarkan hasil refleksi diri, dapat disimpulkan bahwa 99,1% peserta mengalami peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris. Selain itu, peserta mendapatkan berbagai hal positif dari kegiatan pelatihan antara lain keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, serta wawasan yang semakin luas.
Abstract: The Covid-19 pandemic has caused various challenges in the English learning process, impacting student motivation. Online English language training provides a platform for high school and vocational high school students to improve their English skills and foster motivation and positive values in themselves. The training was conducted online through the Zoom application and Google Classroom. Partners of this community service are the grade 12 students of high schools and vocational high schools from various districts and cities in Bali Province and other provinces. The number of participants who participated in the training was 67 people. The participants were divided into four classes according to their English language levels. As a form of evaluation, participants were asked to fill out a self-reflection form to convey their impressions and suggestions after attending the training. Based on the results of self-reflection, it can be concluded that 99.1% of participants experienced an increase in their motivation to learn English. In addition, participants received various positive things from the training activities, including communication skills in English, confidence in expressing opinions, as well as broader insights.
References
Aini, M. R., & Nohantiya, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua Bagi Siswa Desa Jatinom. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 2–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2455
Ambarwati, R., Ningsih, N. A., Kuswardani, Y., Husaini, R., Jianggimahastu, P., & Fahas, R. (2021). Mengasah Kemampuan Berkompetisi Bahasa Inggris Siswa MAN 2 Madiun Melalui Kegiatan Pelatihan TOEFL-Like. 1st E-Proceeding SENRIABDI 2021 Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 180–194. https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI/article/view/851/641
Asri, W. (2021). Peningkatan Mutu Siswa SMA di Desa Wonorejo Wates Melalui Pelatihan Bahasa Inggris. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89–93. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1880
Budi, W., & Ekhsan, M. (2020). Pelatihan Tata Bahasa Inggris Dasar Secara Daring Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas SDM Pada Siswa SMP N 10 Tambun Selatan. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–21. http://djournals.com/jpm/article/view/5
Hafsah, H. (2016). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris (Survei pada SMK Negeri di Jakarta Selatan). MENARA Ilmu, X(2), 25–38. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1508
Hamdani, Z., & Ouvang, L. (2021). Pelatihan Pendidikan Bahasa Inggris pada Remaja di Panti Asuhan Alhusna. Journal of Community Dedication and Development, 1(2), 111–117. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/401
Ilham, I., Humaira, H., & Muslimin, M. (2019). Pendampingan Pengajaran English Fun Bagi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Narmada. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 17–22. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.908
Kurniawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Bentuk Supporting bagi Guru pada Mahasiswa Calon Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 438–444. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4059
Kuspiyah, H. R., Zulaikah, Z., & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 1121–1129. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4690
Lukman, L., Asbah, A., Hijril, H., Ramlah, R., & Nurdin, N. (2017). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Masyarakat Kurang Mampu di Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 79–86. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.17
Nurchaerani, M., Haryati, H., & Nursyamsi, F. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Di Masa Pandemi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Secara Daring. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal (ADIMAS Jurnal), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i1.451
Purnamaningwulan, R. A., Mukti, T. W. P., Brameswari, C., & Astuti, E. P. (2021). Society Speaking Club Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Keterampilan Komunikasi Bahasa Inggris Lisan Untuk Masyarakat. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.24071/aa.v4i2.3730
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161
Santoso, D. T., & Sari, R. P. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Video Conference bagi Dosen dan Mahasiswa Untuk Menunjang Pembelajaran Daring di Masa Pandemic COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1240–1249. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3110
Suputra, P. E. D., Nitiasih, P. K., & Paramarta, I. M. S. (2020). Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran. Seminar Nasional Riset Inovatif, 7, 110–118. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2129
Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).