PENGUATAN BRANDING PRODUK DAN OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE PADA UMKM BOKOR DAN KEBEN UKIR FIBER
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9386Keywords:
bokor, branding, e-commerce, google my business, keben.Abstract
Abstrak: Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mitra dalam melakukan branding produk melalui Google My Business dan memasarkan produk menggunakan E-commerce. Mitra dalam pengabdian ini adalah Toko Metri yang berlokasi di Kabupaten Buleleng, Bali. Jenis produk yang dipasarkan mitra adalah bokor dan keben ukir fiber. Kegiatan pengabdian menggunakan metode pelatihan yang melibatkan tiga orang peserta. Tahapa pengabdian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan refleksi. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah pembuatan logo produk, pelatihan branding produk menggunakan melalui Google My Business dan pelatihan pemasaran produk menggunakan e-commerce. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada mitra untuk mengetahui peningkatan pemahaman sebelum dan setelah kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa sebelum pelatihan mitra memiliki pemahaman dan kemampuan yang kurang dalam branding produk menggunakan Google My Business dan setelah kegiatan meningkat sebesar 100% pada kategori baik. Sebelum kegiatan, pemahaman dan kemampuan mitra dalam memasarkan produk menggunakan e-commerce sangat kurang dan setelah kegiatan mengalami peningkatan 100%, dimana 66,67% pada kategori baik dan 33,33% pada kategori cukup.
Abstract: This community service aims to increase the understanding and ability of partners in branding products through Google My Business and marketing products using E-commerce. The partner in this service is Toko Metri, which is located in Buleleng Regency, Bali. The types of products marketed by partners are bokor and keben. The service activity uses a training method that involves three participants. The service stages consist of planning, implementation, monitoring, evaluation, and reflection. Activities carried out in this service are product logo creation, product branding training using Google My Business, and product marketing training using e-commerce. Evaluation of activities is carried out by giving questionnaires to partners to determine the increase in understanding before and after the activity. The results of the training activities showed that before the training partners had less understanding and ability in product branding using Google My Business and after the activity increased by 100% in the good category. Before the activity, the understanding and ability of partners in marketing products using e-commerce was very lacking and after the activity, there was an increase of 100%, where 66.67% in the good category and 33.33% in the moderate category.
References
Bashir, A., Susetyo, D., Hidayat, A., Hamira, H., & Aini, B. T. (2020). Pelatihan E-commerce pada Industri Rumah Tangga di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.29259/jscs.v1i1.6
Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business. Jurnal SOLMA, 10(10), 224–231. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6514
Gumi, W. S., Arni, M., & Rai, G. A. N. K. (2018). Bauran Pemasaran Keben Pada Industri Rumah Tangga UD.Bokor Rotan Indah di Bali. Riset Ekonommi Manajemen, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31002/rn.v2i1.964
Hermawati, M., & Sholihaningtias, D. N. (2021). Pemanfaatan E-Commerce Tokopedia Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Ibu-Ibu PKK. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(06), 602–609. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/download/8844/4480
Huda, M., & Prasetyo, A. (2020). Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada Umkm Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 8(2), 14–24.
Husain, T. K., Thamsi, A. B., & Amran, F. D. (2022). Implementasi Google My Business sebagai Media Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1), 88–94. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.53
Meuthia, M., Lita, R. P., Faisal, R. F., Rahmi, D. Y., & Gusmai, M. (2019). Model Keterkaitan Inovasi Produk, Citra Merek, Persepsi Nilai dan Intensi Pembelian Produk Kerajinan Tenun Kubang di Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), 100–111. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i2.3290
Mira Veranita, Yuda Syahidin, Gunardi, & Eki Dudi Darmawan. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 145–159. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.513
Putri, U. M., & Nopriani, F. (2021). Pelatihan Pemanfaatan E- Commerce Sebagai Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi. Seminat Nasional Hasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 372–277. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/download/1482/792
Riyanto, A. D. (2015). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi. Seminar Nasional Informatika, 2015(November), 28–35.
Seftiandy, S., & Sunaryo, R. (2018). Strategi Rebranding E-Commerce Blanja.com Meningkatkan Brand Awareness melalui Iklan Televisi. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 29. https://doi.org/10.36451/j.isip.v15i1.12
Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.
Sirajuddin, & T, S. (2020). Pengembangan Pemasaran Produk Kerajinan Daun Silar Dalam Upaya Mereduksi Penggunaan Produk Bahan Plastik Development of Silar Leaf Craft Product Marketing in an Effort to Reduce the Use of Plastic Products. Jurnal Sinar Manajemen, 07(2). https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM /article/view/1227
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.
Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., Budiyono, P., Informasi, S. T., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., Informasi, S. S., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., & Pusat, K. J. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasio, 1(1), 38–45.
Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus : UMKM Gresik , Jawa Timur ) Universitas Esa Unggul. IKRAITH-ABDIMAS, 5(1), 146–157. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23413-11_2333.pdf
Yuwinanto, H. P. (2020). Pelatihan keterampilan dan upaya pengembangan UMKM di Jawa Timur. Jurnal Sosiologi Dialektika, 13(1), 79. https://doi.org/10.20473/jsd.v13i1.2018.79-87
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).