PENERAPAN TEKNIK FOTO PRODUK DAN VIDEO REEL INSTAGRAM BISNIS SEBAGAI OPTIMALISASI STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MENYAMBUT IKN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9417Keywords:
product photos, instagram reels, social media marketing,Abstract
Abstrak: Penetapan Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur perlu disambut dengan kesiapan generasi muda. Kemampuan pemanfaatan Smartphone seharusnya dapat digunakan untuk mengelola bisnis. Foto produk dan video reel pada Instagram bisnis mampu menarik perhatian masyarakat. Terdapat teknik-teknik untuk menghasilkan konten Instagram yang menarik. Strategi social media marketing dijalankan untuk meningkatkan jangkauan dan jumlah penjualan produk. Permasalahan yang terjadi tidak semua pelaku usaha mampu memanfaatkan Smartphone dan membuat konten yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan pelatihan penerapan teknik foto produk dan video reel sebagai optimalisasi strategi social media marketing kepada generasi muda. Tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mitra TDA Community Samarinda. Metode pelaksanaan yaitu pendampingan secara daring melalui Webinar dengan dihadiri 80 peserta yang terdiri dari mahasiwa berwirausaha dan calon wirausaha muda. Hasil yang dicapai sebanyak 80% peserta memahami teknik pembuatan foto produk dan video reel yang menarik dari sebelum pelaksanaan yang hanya 35%. Pelatihan ini diupayakan sebagai optimalisasi strategi social media marketing.
Abstract: The determination of the Ibu Kota Nusantara in the province of East Kalimantan needs to be welcomed with the readiness of the younger generation. The ability to utilize Smartphones should be able to be used to manage a business. Product photos and video reels on business Instagram can attract people's attention. There are techniques for producing engaging Instagram content. The social media marketing strategy is carried out to increase the reach and number of product sales. The problem that occurs is that not all business actors can use smartphones and create interesting content. Based on these problems, training in the application of product photo and video reel techniques is needed to optimization of social media marketing strategies for the younger generation. The purpose of this activity is to carry out community service activities with TDA Community Samarinda partners. The method of implementing is online mentoring through a Webinar attended by 80 participants consisting of entrepreneurial students and prospective young entrepreneurs. The results achieved were that 80% of participants understood the technique of making interesting product photos and video reels, compared to 35% before the implementation. This training is attempted to optimization of social media marketing strategy.
References
Amanan, A. (2022). Nusantara Dari Satu Kawasan Sampai Nama Ibu Kota Negara. Ensiklopedia of Journal, 4(3), 43–48.
Andriana, A. N., Fourqoniah, F., & Hetami, A. A. (2022). Strategi Mempertahankan Eksistensi Usaha Dalam Menghadapi Perubahan Pola Konsumsi Dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 601–610.
Andriana, A. N., Hijrah, L., Putri, D. A., Putri, W. U., Fauziah, S., & Darus, C. O. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1477–1485.
Andriana, A. N. (2021). Peran Wirausaha Dalam Pengembangan Umkm Dan Desa Wisata. Penerbit Lakeisha.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.
Irpansyah, M. A., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. M. (2019). Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram dalam Meningkatkan Minat Beli pada Toko Online di Instagram. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 248–255.
Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas promosi melalui instagram pada umkm sektor makanan dan minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239-247.
Khasanah, F. N., Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62.
Maria Nila Anggia, & Muhammad Rifki Shihab. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125
Ningsih, D. N., Hidayat, C. W., & Rusno, R. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1).
Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish.
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347–356.
Pribadi, A., Ghozali, K., Hidayanto, B. C., Hafidz, I., Muqtadiroh, F. A., Al Hafidz, M., ... & Sari, R. (2018). Pelatihan Teknik Social Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Produk pada Konveksi Kerudung ‘Al-Kattar’Di Kelurahan Merjosari, Malang. SEWAGATI, 2(1).
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.
Salsabila, M., & Ratnasari, A. (2022). Promosi Produk Footwear di Instagram. In Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1).
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).