OPTIMALISASI KETERAMPILAN GURU MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLADGE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9435Keywords:
content knowledge, teacher, technological, pedagogical, learning media.Abstract
Abstrak: Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah kurangnya persiapan guru menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi digital. Oleh sebab itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan pemahaman dan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran dengan pendekatan Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan metode pelatihan yang dilakukan secara daring melalui Google Meet dan melibatkan sembilan guru. Tahap pengabdian dibagi menjadi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan tahap evaluasi, serta tahap refleksi. Evaluasi dilakukan dengan melihat hasil pretest dan posttes mengguakan rubrik penilaian. Pelatihan yang dilakukan adalah merancang RPP berbasis TPACK, membuat media pembelajaran menggunakan Canva dan merancang asesmen menggunakan aplikasi Wordwall. Hasil pengabdian menunjukkan; (a) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam membuat RPP berbasis TPACK sebesar 66,67%; (b) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan Canva sebesar 55,56%; dan(c) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam membuat asesmen melalui game edukatif menggunakan aplikasi Wordwall sebesar 77,78%.
Abstract: The main problem faced by partners is the lack of teacher preparation in preparing digital technology-based learning tools. Therefore, the purpose of this service is to optimize the understanding and ability of teachers in designing learning tools with Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). This activity was carried out at SMA Negeri 2 Singaraja using online training methods through Google Meet and involving nine teachers. The service stage is divided into the planning stage, the implementation stage, the monitoring stage and the evaluation stage, and the reflection stage. Evaluation is done by looking at the results of the pretest and posttest using an assessment rubric. The training carried out was designing TPACK-based lesson plans, creating learning media using Canva, and designing assessments using the Wordwall application. The results of the dedication show; (a) an increase in the ability of teachers to make lesson TPACK-based lesson plans approach by 66.67%; (b) an increase in the ability of teachers to make learning media using Canva by 55.56%; and (c) an increase in the ability of teachers to make assessments through educational games using applications Wordwall is 77.78%.
References
Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.30872/primatika. v9i2.366
Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian “ Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19,†468–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5849
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian. v3i1.487
Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model Asesmen Alternatif Dalam Evaluasi Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Tadarus Tarbawy, 3(1), 280–290.
Hwee, J., Koh, L., Chai, C. S., & Natarajan, U. (2018). Developing Indonesia teachers’ technological pedagogical content knowledge for 21 st century learning (TPACK-21CL) through a multi-prong approach. Journal of International Education and Business, 3(1), 11–33.
Mertasari, N. M. S. (2016). Media Online Untuk Asesmen Pendidikan Karakter Terpadu. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 5(1), 683–691. https://doi.org/ 10.23887/jst-undiksha.v5i1.8273
Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 46(4), 609–611. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771
Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.574
Pratiwi, S. E., Sulaimi, M., & Yuliatin, Y. (2018). Implementasi Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri X Lingsar. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.61
Pribadi, Sugiyanto, & Priyono. (2018). Pelatihan Pengembangan Dan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Universitas Negeri Malang.
Restiana, N. (2018). Evaluasi Profil Tpack Untuk Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Di Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 167–178. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.14438
Restiana, N., & Pujiastuti, H. (2019). Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83–94. https://doi.org/ 10.31980/mosharafa.v8i1.407
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Yanto, B., Setiawan, A., & Husni, R. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 15–24. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.209
Zaharah, Z., Harjawati, T., Wahyudi, I., & Nurwahidah, C. D. (2019). Media Pembelajaran Pohon Klasifikasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 113–125. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1373.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).