PELATIHAN PENULISAN ILMIAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9451Keywords:
Scientific Works, Writing, Plagiarism.Abstract
Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru dan siswa dengan karya tulis yang kreatif, khususnya karya ilmiah. Metode pelatihan ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penulisan ilmiah. Dari pelatihan ini setidaknya bisa memberikan kontribusi yakni pertama, secara akademis, guru dapat mengajarkan siswanya apa yang dia ketahui. Kedua, guru dapat menggunakan untuk memajukan karir dan profesionalismenya secara profesional. Ketiga, memberikan pemahaman menulis yang baik serta pemaparan perihal karya ilmiah yang berkaitan dengan aspek legal hukum dan etika akademik. Selain itu, secara khusus PKM ini untuk menyokong SMK Kesehatan Utama Insani dalam meningkatkan penuliasan karya ilmiah itu sendiri. Kegiatan PKM akan berlangsung mulai 19-21 April 2022, dan dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB. Hasil temuan kegiatan ini, para peserta sangat tertarik untuk mengembangkan dan meningkatkan tulisan sendiri khususnya karya ilmiah. Program pelatihan ini diapresiasi dengan baik oleh mitra, terbukti dengan meningkatnya pemahaman mitra tentang penulisan ilmiah, dengan rata-rata skor pre-test 63 dan skor post-test 84. Hal ini terlihat dari ketertarikan peserta terhadap topik yang sedang dibahas dan pertanyaan mereka tentang topik tersebut. Peningkatan kapasitas menjadi tujuan dari latihan PKM ini khususnya pada tulisan ilmiah baik guru maupun peserta didik.
Abstract: This community service project's goal is to supply teachers and students with creative writing, especially in scientific works. This training method uses qualitative methods that aim to describe scientific writing strategies. From this training can at least contribute; first, academically the teacher can transmit the training to his students. Second, professionally teachers can be used to improve their careers and professionalism. Third, to provide a good understanding of writing and presentation of scientific works related to legal aspects of law and academic ethics. In addition, specifically this community service activity is to support the SMK Kesehatan Utama Insani in improving the writing of scientific papers themselves. The 23–25 of April 2022 will see community service activities, which will begin at 09.00–12.00 WIB. Based on the outcomes of this activity, it was determined that the participants were very engaged in developing and enhancing their own writing, especially scientific works. The training program was well appreciated by the community, as evidenced by a rise in Partner comprehension of COVID-19, with an average pre-test score of 60 and a post-test score of 80. This is clear from the attendees' eagerness to ask pertinent questions about the subject being presented. This community service project aims to improve teachers' and students' abilities, particularly in scientific writing.
References
Alie, M. (2015). Motivasi Widyaiswara Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Studi Kasus Pada Peserta Diklat Karya Tulis Ilmiah Di Lan 8 sd 12 Juni 2015). Irfani, 11(1), 96–107.
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis (KTI) bagi guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249-266.
Emha, R. J., Maulinda, R., Mubarok, Z., & Djihadah, N. (2022). Pelatihan Daring Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa Kelas XI SMK Nusantara 02 Kesehatan Tangerang Selatan. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 29-37.
Listiani, F. D. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 112–128.
Munirah, M. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 233-245.
Purbania, B., Rohmadi, M., & Setiawan, B. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Basastra, Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 63–73.
Purnamasari, I., Hayati, M. N., & Yuniarti, D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 248-252.
Rahayu, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Strategi Rekayasa Teks. Jurnal Bahas Unimed, 27(4), 345–355.
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17.
Setiawan, M. A., & Trisnawati, A. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smk Al-inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18-21.
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30–42.
Wanto, A., Lubis, M. R., & Parlina, I. (2019). Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Menulis Bagi Siswa SMK. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 344–349.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan menanggulangi plagiarisme di dunia pendidikan. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 6(5), 195–200.
Wicaksa, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 8-16.
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di Kecamatan Kendal. A. Bdimas Unwahas, 3(1), 25–29.
Widodo, A., Jailani, A. K., Novitasari, S., Sutisna, D., Erfan, M., & Fkip, P. (2020). Analisis kemampuan menulis makalah mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI (1), 77–91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).