PENDAMPINGAN PUBLIKASI PENULISAN KREATIF CERPEN PADA PWNA JAWA BARAT

Authors

  • Eris Risnawati Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang
  • Yasir Mubarok Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang
  • Washadi Washadi Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang
  • Adam Muhammad Nur Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9463

Keywords:

Assistance, Publication, Creative Writing, Short story.

Abstract

Abstrak: Berliterasi menjadi bagian dari sekian banyak aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan di kehidupan sehari-hari, mulai dari menulis status hingga menulis sebuah novel. Kebutuhan dalam berliterasi pun hampir sama dengan kehidupan makan, mulai dari membaca, menganalisis hingga menulis. Kegiatan pengabdian ini sebagai upaya untuk mendampingi dan menumbuhkan budaya literasi yang sehat dan baik di PW Nasyiatul Aisyiyah Jawa Barat sehingga menjadikan budaya yang bisa bermanfaat untuk sekitarnya. Selain itu, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu peserta memahami dan cara strategi penulisan cerpen sebagai bentuk pengembangan diri. Pada kegiatan program pendampingan publikasi penulisan kreatif cerpen diikuti sebanyak 30 peserta. Kegiatan ini dilakukan melalui virtual dengan memberikan webinar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 9 oktober 2020. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan selama kegiatan, sebanyak 83 persen peserta berperan aktif dalam pendampingan publikasi penulisan kreatif cerpen. Hal ini terlihat dari kemampuan peserta dalam menulis cerpen secara kreatif. Selain itu, kegiatan PKM ini menarik mitra PKM untuk membangun sebuah budaya literasi yang sehat fleksible dan ramah perempuan muda. Hal ini terbukti dengan banyaknya dan antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian ini. Harapannya dapat mengaplikasikan apa yang sudah disampaikan yaitu mempergunakan apapun yang ada di sekitar kita sebagai sumber untuk berliterasi. Proses dan hasil akan ditentukan oleh kedisiplinan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan tanpa kendala apapun

Abstract: Literacy is part of many activities that cannot be left out in everyday life, from writing status to writing a novel. The need for literacy is almost the same as eating life, starting from reading, analyzing to writing. This service activity is an effort to assist and foster a good literacy culture in PW Nasyiatul Aisyiyah, West Java, so as to create a culture that can be useful for the surroundings. In addition, the purpose of this community service activity is to help participants understand and implement short story writing strategies as a form of self-development. This activity was attended by 30 participants via virtual by giving webinars and held on 7 to 9 October 2020. Based on the results of evaluations carried out during the activity, as many as 83 percent of participants played an active role in assisting the publication of creative short stories writing. It can be seen from the ability of participants to write short stories creatively. In addition, this PKM activity attracts PKM partners to build a healthy literacy culture, flexible and friendly to young women. This is proven by the number and enthusiasm of participants who take part in this service activity. The hope is that we can apply what has been conveyed by using whatever is around us as a source for literacy. The process and results will be determined by the discipline possessed by each individual. So it can be said that this service activity went well and without any obstacles.

Author Biographies

Eris Risnawati, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Yasir Mubarok, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Washadi Washadi, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Adam Muhammad Nur, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

References

Abdullah, N. F. N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Persuasif melalui Pola Latihan Berjenjang. Mabasan, 6(1), 1-10.

Akhadiah, S., Maidar, G. A., & Sakura, H. R. (1989). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15-23.

Ariawan, V. A. N., Agustin, E. D., & Rahman, R. (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. J. APRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 25-36.

Azwar, A. (2018). Sinergi Kebijakan Pengembangan Literasi Sastra dengan Gerakan sosial. In In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (pp. 40–49).

Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. GERAM, 5(1), 49-57.

Dalle, H. A. (2015). Wacana Bahasa Inggris Berdasarkan Keterampilan Berbahasa Kelas X Man 2 Parepare. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 110-129.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 19–25.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa: Dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan resensi Buku. Jakarta: Erlangga.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68-78.

Noviyanti, D., Pravitasari, A. E., & Sahara, S. (2020). Analisis perkembangan wilayah provinsi Jawa Barat untuk arahan pembangunan berbasis wilayah pengembangan. Jurnal Geografi, 12(1), 57-73.

Priyatni, E. T. (2010). Membaca sastra dengan ancangan literasi kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249–258.

Rahardi, F. (2006). Panduan lengkap menulis artikel, feature dan esai: modul dasar pelatihan jurnalistik bagi pemula dilengkapi dengan aneka contoh tulisan. Jakarta: Kawan Pustaka.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96.

Sardila, V. (2015). Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. An-Nida’, 40(2), 110-117.

Sasana, H. (2011). Analisis determinan belanja daerah di kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat dalam era otonomi dan desentralisasi fiskal. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 18(1), 46–58.

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan self-effecacy dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 51-82.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Published

2022-08-28

Issue

Section

Articles