PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI SOSIALISASI LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9597Keywords:
teacher competence, socialization, digital literacyAbstract
Abstrak: Kompetensi guru era digital perlu ditingkatkan. Masa pandemi Covid-19, hampir semua pembelajaran dilaksanakan secara daring (online). Pemahaman guru menggunakan perangkat teknologi harus selalu diperbaharui. Kenyataannya banyak guru yang belum menguasai dengan baik mengenai aplikasi penunjang pembelajaran daring. Hal ini mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada guru SDN Seberang Masjid 5 Banjarmasin yang berjumlah 14 orang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membekali guru agar terampil dalam menggunakan teknologi dan berliterasi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat berfokus pada pemahaman guru tentang literasi digital dan implementasi literasi digital. Sosialisasi dilakukan dengan ceramah, diskusi, dan pengenalan berbagai aplikasi penunjang pembelajaran daring dan aplikasi bacaan digital yang dapat diakses bebas oleh guru maupun peserta didik selama pembelajaran daring (online). Berdasarkan kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil kompetensi pedagogik guru meningkat. Berdasarkan hasil angket diperoleh presentase 100% guru mampu menggunakan aplikasi digital dan 90% guru mampu mengaitkan dalam proses pembelajaran.
Abstract: The competence of digital era teachers needs to be improved. During the Covid-19 pandemic, almost all learning is carried out online. Teachers' understanding of using technology tools must continually be updated. Many teachers do not have a good understanding of online learning support applications. This resulted in the learning objectives were not achieved optimally. The socialization activity was carried out on 14 teachers at SDN Seberang Masjid 5 Banjarmasin. The purpose of this community service activity is to equip teachers to be skilled in using technology and digital literacy. Community service activities focus on teachers' understanding of digital literacy and the implementation of digital literacy. The socialization was carried out through lectures, discussions, and the introduction of various online learning support applications and digital reading applications that teachers and students could freely access during online learning. Based on the socialization activities that have been carried out, the teacher's pedagogic competence results have increased. Based on the observations, it was obtained that 100% of teachers were able to use digital applications and 90% of teachers were able to relate them to the learning process.
References
Ahsani, et al. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 228–236.
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Fatayan, A. (2022). Evaluasi Pelatihan Ulangan Sekolah Berbasis Teknologi Dalam Aplikasi Microsoft Power Point Di Madrasah Ibtidaiyah Fatahillah Ciledug Kota Tangerang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 882–893.
Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 307–314.
Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform : Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi : Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1–8. https://ejournal.multiliterasi.com/index.php/mmp/article/view/6
Jessica, A. R. A., Harmianto, S., & Mareza, L. (2020). Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 139–146. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.529
Ma’mun, N., & Mariam, S. (2021). Pelatihan kompetensi literasi digital bagi guru bahasa inggris berbasis e-learning moodle. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 69–79. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.15
Mardiana, S., Annisarizki, Marthalena, Liza Diniarizky Putri, & Sigit Surahman. (2022). Literasi Digital dalam Upaya Mendukung Pembelajaran Online pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Cilegon. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3809
Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 13–34. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), 160–175.
Pohan, S. S., & Suparman. (2020). Perspektif Literasi Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 164–178.
Sari, D. D. (2021). Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(02), 27–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.394
Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2020). Bimbingan teknis pembelajaran daring menggunakan aplikasi quizizz bagi guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 213–217. http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2204
Utami, D. S., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Media Belajar Literasi Digital Berbasis Game Edukasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Kelas 2 SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 218–225.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).