Pelatihan Ekonomi Kreatif Dan Pendampingan Edukatif Untuk Meningkatkan Mutu Masyarakat Di Desa Sambiroto
DOI:
https://doi.org/10.31764/am.v1i2.7275Abstract
Abstract: The quality of society is a changing condition of a value that is part of the character in accordance with the expectations of society. The community quality improvement carried out in the village of Sambiroto focuses on improving the economy and community education through the creative economy and education with tutoring. The goal is none other than to improve the quality of rural communities, especially during this COVID-19 pandemic. The method used is to go directly to the field to implement the program that has been prepared. The result is by conducting entrepreneurship socialization, creative business training, digital marketing training, training on making cassava crispy leaves, training in making bouquets, making living pharmacies, and tutoring as a way to improve children's education.
Abstrak: Kualitas masyarakat adalah kondisi perubahan nilai yang menjadi bagian dari karakter sesuai dengan harapan masyarakat. Peningkatan kualitas masyarakat yang dilakukan di Desa Sambiroto berfokus pada peningkatan ekonomi dan pendidikan masyarakat melalui ekonomi kreatif dan pendidikan dengan bimbingan belajar. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kualitas masyarakat pedesaan, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Metode yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan program yang telah disusun. Hasilnya dengan melakukan sosialisasi kewirausahaan, pelatihan bisnis kreatif, pelatihan digital marketing, pelatihan membuat daun garing singkong, pelatihan membuat karangan bunga, membuat apotek hidup, dan bimbingan belajar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan anak.
References
Ayu Rizkia, A., & Rahmawati, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anti Monopoli Dan Persaiangan Bisnis Tidak Sehat : Globalisasi Ekonomi, Persaingan Usaha, Dan Pelaku Usaha. (Literature Review Etika). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.572
Diana, & Laila, N. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Hutama, L., & Mardiani, R. A. (2020). Pembuatan Wadah Tanam Apotik Hidup Dari Material Bambu Di Lingkungan RT 06 RW 08, Kelurahan Jatiraden, Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM). https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.001
Kusumawati, F., & Sadik, J. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah pengolah sabut kelapa melalui inkubator bisnis dan Teknologi Tepat Guna. Jurnal Berkala Ilmu Ekonomi.
Marlinah, L. (2017). Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional melalui pengembangan ekonomi kreatif. Cakrawala - Jurnal Humaniora.
Mulyono, D., & Ansori, A. (2020). Literasi Informasi Dalam Kerangka Pengembangan Pendidikan Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3516
Rahadian, A. H. (2016). Strategi Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar STIAMI.
Sumarno, T., Agustini, T. W., & Bambang, A. N. (2020). Strategi Pengembangan Mutu Ikan Asin Jambal Roti (Ikan Manyung) di Karangsong Kabupaten Indramayu. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. https://doi.org/10.17844/jphpi.v23i2.32040
Tengah, J., Purwanti, I., Wahyu, W., Winarto, A., & Sucianti, N. (2021). Pemberdayaan Wirausahawan Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha , Proposal Usaha dan Analisis Laporan Keuangan di Kabupaten. 2(3).