PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA DESA MASBAGIK UTARA BARU KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Abstrak
Pembangunan antar desa di Indonesia belum merata. Terbukti masih adanya desa dalam status desa tertinggal, desa yang sedang berkembang, sampai dengan desa mandiri. Gradasi klasifikasi desa tersebut sangat terlihat. Beberapa hal yang mendasarinya adalah karena masih adanya beberapa isu strategis dalam pembangunan desa. Isu strategis tersebut berkontribusi besar terhadap permasalahan pelayanan di desa diantaranya, Masih tingginya keterisolasian daerah perdesaan; Keterbatasan ketersediaan pelayanan umum dan pelayanan dasar minimum di perdesaan; Masih rendahnya ketersediaan infrastruktur pendukung produktivitas perdesaan. Perangkat Desa sebagai aparatur pemerintah desa mempunyai tugas pokok yang antara lain tercermin dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan serta pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Pengabdian ini dilakukan di desa Masbagik Utara Baru, Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi langsung kepada masyarakat. hasil yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah, adanya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelayanan publik yang baik serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pelayanan yang baik di desa, serta pemerintah desa semakin paham tentang arti penting pelayanan publik yang baik di desa sebagai sebuah kewajiban pemerintah desa sesuai dengan aturan yang ada.Referensi
Musanef 199, Manajemen Pegawai Di Indonesia PT Toko Gunung Agung, Jakarta
Siagian, Sondang, 1998, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara Indonesia, Jakarta
Widjaja,HAW. 2012. Otonomi Desa . Jakarta . PT Raja Grafindo Persada.
TP, Yansen. 2014. Revolusi Dari Desa. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Sutardjo Kartohadikusumo 1975, Desa dan Pembangunan Desa, PT Sinar Mas Jakarta.
Widjaja,HAW. 2012. Otonomi Desa . Jakarta . PT Raja Grafindo
Persada. TP, Yansen.2014. Revolusi Dari Desa. Jakarta .PT Elex Media Komputindo.