Pengaruh Brand Image, Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Di Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/jseit.v3i1.13387Keywords:
Brand image Lifestyle Product quality Purchasing decisionsAbstract
This study aims to examine the effect of brand image, lifestyle, and product quality on iPhone smartphone purchasing decisions in Mataram City. So that this research variable consists of 3 (three) independent variables, namely brand image (X1), lifestyle (X2), and product quality (X3) and 1 (one) dependent variable, namely purchasing decisions (Y). The population in this study are all consumers who live or are domiciled in the Mataram City area who have purchased an iPhone Smartphone. Respondents in this study amounted to 100 respondents.
The results of this study indicate that the brand image (X1) and lifestyle (X2) variables have a positive but not significant effect on the iPhone smartphone purchase decision. This is evidenced by the results of the t-test of the brand image variable (X1) which is the t-count value of 0.232 where this value is smaller than the t-table of 1.985. The t test criteria if sig (0.817) > 0.05 then the brand image variable has no significant effect on the iPhone smartphone purchase decision, and the t test results on the lifestyle variable (X2) is the t count value of 0.781 where this value is smaller than the t table of 1,985. The t test criteria if sig (0.437) > 0.05 then the lifestyle variable has no significant effect on the iPhone smartphone purchase decision. While the results of the product quality variable (X3) have a positive and significant effect on the iPhone smartphone purchase decision. This is evidenced by the results of the t-test, namely that the t-count value is 7.091 where this value is greater than the t-table of 1.985. The t-test criteria if sig (0.000) <0.05 then the product quality variable has a positive and significant effect on the iPhone smartphone purchase decision.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image, lifestyle, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone di Kota Mataram. Sehingga variabel penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) variabel independen yaitu brand image (X1), lifestyle (X2), dan kualitas produk (X3) serta 1 (satu) variable dependen yaitu keputusan pembelian (Y). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang bertempat tinggal atau berdomisili di wilayah Kota Mataram yang pernah melakukan pembelian Smartphone iPhone. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image (X1) dan lifestyle (X2) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dari variabel brand image (X1) adalah nilai t hitung sebesar 0,232 dimana nilai ini lebih kecil dari t tabel sebesar 1,985. Kriteria uji t jika sig (0,817) >0,05 maka variabel brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone, dan dan hasil uji t pada variabel lifestyle (X2) adalah nilai t hitung sebesar 0,781 dimana nilai ini lebih kecil dari t tabel sebesar 1,985. Kriteria uji t jika sig (0,437) >0,05 maka variabel lifestyle tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Sedangkan hasil dari variabel kualitas produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusam pembelian smartphone iPhone. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yaitu bahwa nilai t hitung sebesar 7,091 dimana nilai ini lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Kriteria uji t jika sig (0,000) <0,05 maka variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone.References
DAFTAR PUSTAKA
Anoraga, B. J., & Iriani, S. S. (2014). Pengaruh gaya hidup dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung Galaxy. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(2), 139-147.
Arianto, N., & Albani, A. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(3).
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dn Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Journal Manajemen, 8(8), 5222-5239.
Echdar Saban (2017) metode penelitian manajemen dan bisnis. Bogor:Ghalia Indonesia.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung.JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.
Fatriana, E., Karim, S., & Eka, D. (2016).Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Di Kota Palembang.Jurnal Ilmiah Managemen Bisnis dan Terapan.
Ferdinand,A (2014), Metode penelitian manajemen, semarang: seri pustaka kunci 12.
Kotler,Phillip, 2005. Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1 Jakarta: PT Ideks kelompok gramedia.
Kotler, Amstrong (2013) prinsip-prinsip pemasaran. Edisi ke 12 jilid 1 penerbit Erlangga
Kotler dan keller (2009) manajemen pemasaran, edisi kedua belas, jilid 1. PT indeks kelompok gramedia Jakarta.
Nst, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6, NO.1,MEI 2017, 5, 660-689.
Margono, (2004), metode penelitian pendidikan, Jakarta : rineka cipta.
Prabowo, I. J. K. G. (2016).Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY pengguna Iphone).Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(3), 246-256.
Prawira, E. Y., & Sukardi, S. (2020). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO PADA MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(1), 64-75.
Rofiq, F. A., & Saputri, M. E. (2020). PENGARUH LIFESTYLE, PRODUCT ATTRIBUTES DAN BRAND AMBASSADORS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OPPO SMARTPHONE. eProceedings of Management, 7(2).
Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh brand image terhadap kesetiaan pengguna smartphone iphone. Jurnal sosioteknologi, 13(3), 193-201.
Simamora, (2000), manajemen pemasaran internasional, jilid 1, Jakarta: salemba empat.
Simamora, (2008) manajemen sdm edisi 2 yogyakarta: graha ilmu
Sugiyono (2009). Metode penelitian bisnis, Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2016), metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Bandung: PT Alfabet
Supriyadi, Y. F. (2016). 135 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. urnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2016, 3, 135-144.
Syamsul Bahri*, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. JURNAL VISIONER & STRATEGISVolume 6, Nomor 2, September 2017ISSN : 2338-2864p. 99-109, 6, 99-109.
Tjiptono, (2005) strategi pemasaran, edisi kedua, Yogyakarta: Andi offset.
Widjaya, (2009), lifestyle marketing: paradigma baru pemasaran, jakarta: gramedia pustaka utama
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).