Pengaruh Kualitas Produk, Country Of Origin, Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Viva Cosmetics Pada Konsumen Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31764/jseit.v2i2.8348Keywords:
Purchase Interest, Product Quality, Country of Origin, Product Innovation,Abstract
Abstrac: Cosmetic products have recently become very close to the community and have even become a major need for most women. The magnitude of this cosmetic need causes competition between cosmetic manufacturers. This study was conducted to examine how the influence of product quality, country of origin and product innovation on the buying interest of Viva cosmetics on Indonesian consumers.This study uses a multiple linear method with a sample of 100 respondents who are represented from all provinces in Indonesia. The results of this study indicate that the variables of product quality and product innovation affect respondents' buying interest with positive and significant results. Meanwhile, the country of origin variable has positive but insignificant results so that this variable has no effect on buying interest. The implications of this research provide input so that the Viva cosmetic company can maintain and continue to improve the quality of its products, and continue to innovate so that competitors will not be left behind
ABSTRAK: Produk kosmetik belakangan ini menjadi sangat dekat dengan masyarakat bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan utama sebagian besar wanita. Besarnya kebutuhan kosmetik ini menyebabkan persaingan antar produsen kosmetik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana pengaruh kualitas produk, country of origin dan inovasi produk terhadap minat beli Viva cosmetics pada konsumen Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode linear berganda dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang terwakili dari seluruh provinsi di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  variabel kualitas produk dan inovasi produk mempengaruhi minat beli responden dengan hasil positif dan signifikan. Sementara itu, variabel country of origin memiliki hasil yang positif tetapi tidak signifikan sehingga variabel ini tidak berpengaruh terhadap minatbeli. Implikasi penelitian ini memberikan masukanagar perusahaan Viva cosmetic dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kualtias produknya, serta terus melakukan inovasi akan tidak tertinggaloleh para competitor
References
Ariyanti, A., & Darmanto, R. F. (2020). Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Wardah Cosmetics. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 143. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i2.465
Astuti, Y. (2018). PENGARUH MEREK, NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK TV DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Konsumen Di Perumahan Bandar Lampung).
Berlianto, M. P. (2019). PENGARUH COUNTRY OF ORINGIN DAN BRAND IMAGE. 12(1), 59–70.
Cannon, J. P., Perreault, J. W. D., & McCarthy, E. J. (2008). Pemasaran Dasar : Pendekatan Manajerial Global (Edisi Keen). Salemba Empat.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Ferdinand, A. (2020). METODE PENELITIAN MANAJEMEN : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firdaus, I. (2016). PENGARUH INOVASI PRODUK, DAYA TARIK IKLAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFÉ DENGAN MENU UNIK (STUDI KASUS PADA CAFÉ TOMBO NGELAK YOGYAKARTA).
Herdiana, T., & Purnama Alamsyah, D. (2017). Country of Origin Dan Citra Merek: Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 31. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.488
Janany, E., & Shivany, S. (2017). The Factors Influencing on Purchase Intention towards Beauty Care Products in Jaffna District. Research Journal of Social Science & Management, 7(4), 1–13.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Kurnia, R. A. D., Masitoh, M. R., & Huddin, M. N. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Followers Instragram Mcdonald’s Indonesia). Jurnal Ekonomi Vokasi, 4(1), 23–37.
Kusumaningtyas, G., Suharyono, S., & Abdillah, Y. (2017). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN (Studi pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli Mobil Toyota Avanza di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 77–85.
Muqarrabin, A. M. (2017). TEORI YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR PERILAKU KONSUMEN – Theory of Reasoned Action. BINUS Higher Education. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2017/07/07/teori-yang-biasa-digunakan-untuk-mengukur-perilaku-konsumen-theory-of-reasoned-action/
Nasution, M. . (2001). Manajemen Mutu Terpadu : Total Quality Management. Ghalia Indonesia.
Rizki, R. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Konsumen Matahari Department Store Mall Ska Pekanbaru). Jom Fisip, 5, 1–12.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, 8(1), 267–286.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan Keahlian (Buku 2) (Edisi 6). Salemba Empat.
Syauki, W. R., & Avina, D. A. A. (2020). Persepsi dan preferensi penggunaan skincare pada perempuan milenial dalam perspektif komunikasi pemasaran. 4(2), 42–60.
Yanthi, K. P., & Jatra, I. M. (2015). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN , BRAND IMAGE , DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3852–3881.
Zakiah, A. N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Catering Dapoer Agoeng Bintaro PT AGUNG JELITA PRATAMA. In Universitas Satya Negara Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).