Pengaruh Brand Reputation, Brand Trust dan Perceived Quality terhadap Brand Loyalty Emina Cosmetics di Kota Mataram

Authors

  • Novita Dewi Universitas Mataram
  • Handry Sudiartha Athar Universitas Muhammadiyah Mataram
  • 3Mujahid Dakwah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jseit.v2i2.8350

Keywords:

Brand reputation, brand trust, perceived quality, dan brand loyalty.

Abstract

This research on purpose for knowing brand reputation effect, brand trust, and perceived quality concerning to brand loyalty emina cosmetics on mataram city. The kind of this research by using casual descriptive with quantitation approaching. Collect data method use survey sample by using primer data which is direct collecting from consumer by questionnaire. Population in this research is overall emina cosmetics product on mataram city, with research sample as many as one hundred (100) responden. Sample was taken use non-probability sampling with purposive sampling method that is determining sample with certainty consideration. Data analyze tool which is by using is Structural Equation Modeling (SEM)  use AMOS application  2.0 version. The result of data analyze indicate is: (1)brand reputation give negative effect and not significant toward brand loyalty, (2) Brand trust give positive effect and significant  toward brand loyalty, and (3) Perceived quality give positive effect but not significant toward brand loyalty.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand reputation, brand trust, dan perceived quality terhadap brand loyalty Emina Cosmetics di Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kasual dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sampel survei dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan langsung dari konsumen menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan produk Emina Cosmetics di Kota Mataram, dengan sampel penelitian sebanyak 100 (seratus) responden. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Alat Analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS versi 2.0. Hasil analisa data menunjukkan bahwa: (1) brand reputation berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap brand loyalty, (2) brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyaty, dan (3) perceived quality berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap brand loyalty.

 

 

 

References

Ariyanti, Amin. (2016). â€Pengaruh brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation, dan trust the company terhadap brand loyalty (studi pada konsumen Smartphone Samsung di Purworejo)â€. Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Azis, Ahmad Azwar. (2020). “Pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi Janji Jiwa Kota Mataramâ€. Mataram: Universitas Mataram.

Ermawati, Lusy. (2016). “Pengaruh brand image dan brand trust terhadap band loyalty pada konsumen female bag sophie martin paris di Kota Jemberâ€. Jawa Barat: Universitas Jember.

Fajariah, N., Thoyib, A., & Rahman, F. (2016). Pengaruh Brand Awareness , Perceived Quality , dan Brand Image terhadap Brand Loyalty pada Generasi Y di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 36, 473.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Jr, J.F. et al. (2010). Multivariate Data Analysis, 7th ed. United States:

Pearson

Hair Jr, J.F. et al. (2010). Multivariate Data Analysis, 9th ed. Cengage Learing:

Cheriton House

Izzati, R. R. (2019). Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 17. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1807

Laksananto, Zulfikar Imam (2018). "Analisis Strategi Pemasaran E-Commerce pada Produk Kosmetik Buatan dalam Negeri di Kota Malang (Studi pada PT. Emina pada tahun 2017)". Malang : Universitas Brawijaya.

Lestari, D. A. (2021). Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah Di Surabaya. Menara Ekonomi, VII(2), 29.

Rachman, R. K., & Wahyono. (2017). Pengaruh Brand Experience Dan Brand Reputation Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust (Study Pada Pengguna Xl Di Semarang). Management Analysis Journal, 6(1), 64.

Sari, Y. (2012). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOTALTY TEH BOTOL SOSRO (Survey Konsumen Teh Botol Sosro di Food Court ITC Cempaka Mas, Jakarta Timur). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 6.

Sarwono, J. (2014). Path analysis dengan SPSS: Elex Media Komputindo.

Sutanza, Bangkit. (2013). “Analisis pengaruh brand reputation, brand predictability, brand competence, dan brand liking terhadap brand loyalty kendaraan niaga merek Mitsubishi" (studi pada pemilik kendaraan Niaga Mitsubishi di Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.

Widjajanta, B., Rahayu, A., & Salsabila, A. (2020). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Reputation terhadap Repurchase Intention pada Reviewers Sepatu Bata Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 20(1), 54.

Yuliansyah, A., & Handoko, T. D. (2019). Pengaruh perceived quality dan perceived value terhadap band loyalty melalui customer satisfaction j-klin beauty jember. 2, 295.

Downloads

Published

2022-04-08

Issue

Section

Articles