Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab

Authors

  • Syaharuddin Syaharuddin Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Vera Mandailina Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.1

Keywords:

Modul, Pemrograman, Matlab

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar pada mata kuliah Pemrograman Komputer Berbasis Matlab di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMM. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan melalui 4 tahap yang disebut 4-D yakni: Define, Design, Develop, and Disemination. Bahan ajar ini meliputi struktur urut, struktur percabangan dan struktur perulangan yang dikembangkan dalam bentuk beberapa program aplikasi matematika berbasis komputasi. Pada tahap validasi ahli diperoleh tingkat kevalidan rata-rata sebesar 4,13 yang berarti “validâ€. Kemudian pada uji coba terbatas terhadap bahan ajar di 5 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMM rata-rata mahasiswa memberikan respon sebesar 73,42% yang berarti “baik/praktisâ€. Sedangkan pada uji coba lapangan di 20 mahasiswa Tadris Matematika FITK IAIN Mataram, rata-rata mahasiswa memberikan respon 78,62% yang berarti “baik/praktisâ€.

Abstract:  This research is a development to produce product in the form of teaching materials in Matlab Based Computer Programming Course in Mathematics Education Program of FKIP UMM. Development of teaching materials is done through 4 stages called 4-D namely: Define, Design, Develop, and Dissemination. These teaching materials include sequential structures, branching structures and looping structures developed in the form of several computational mathematical application programs. In the expert validation stage obtained the level of the average validity of 4.13, which means "valid". Then on a limited trial of teaching materials in 5 students of Mathematics Education Studies Program of FKIP UMM, the average student gives a response of 73.42% which means "good / practical". While on field trials in 20 students of Tadris Matematika FITK IAIN Mataram, the average student responded 78.62% which means "good / practical".

References

Antony Pranata. (2005). Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Depdiknas. (2011). Pengembangan Bahan Ajar. http://www.jardiknas.org, diakses pada tanggal 25 Pebruari 2011, pukul 20.00 WITA

Parhaini Andriani. (2009). “Pengembangan Akhlak Mulia Dalam Pembelajaran Matematika di SD/MIâ€. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar Publisher

Syaharuddin. (2015). Modul Praktikum Matlab Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMM

Downloads

Published

2017-10-26

Issue

Section

Articles