Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram

Authors

  • Fadrik Adi Fahrudin UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.185

Keywords:

Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 sebanyak 108 mahasiswa dengan sampel kelas IIIA sebanyak 26 mahasiswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas IIIB sebanyak 24 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Hasil post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,54 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63,35. Analisis uji-t diperoleh thitung = 2,55 pada dk = n1+n2-2, 24+26-2 = 48 dan ttabel = 5%(t0,05; 48) = 1,95. Jadi pada dk = 48, thitung > ttabel yaitu 2,55 > 1,95. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram.

 

Abstract:  This research aims to determine the effectiveness of Problem Based Learning on the creative thinking ability of students of Mathematics Education Program of UIN Mataram. The approach used is quantitative with the type of experimental research. The sampling technique was done by cluster random sampling. The population of this research is student of 3rd grade of 108 students with class IIIA sample as much as 26 students as experiment class, and class IIIB as many as 24 students as control class. Post-test results show that the average grade of the experimental class is 71,54 and the average value of the control class is 63,35. The t-test analysis is obtained t-count = 2,55 at dk = n1+n2-2, 24 + 26-2 = 48 and t-table = 5% (t0,05;48) = 1,95. So at dk = 48, t-count > t-table = 2,55 > 1,95. The conclusion is H0 rejected and Ha accepted, in other words Problem Based Learning is effective towards the creative thinking ability of students of Mathematics Education Program of UIN Mataram.

References

Evans, James. R. (1991). Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Febrianita, Nurzila. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pokok Bahasan Lingkaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Tesis Pasca Universitas Sriwijaya Palembang

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung: Gaung Persada (GP) Press.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Rusman. (2010). Seri Manajemen Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Subana dan Sudrajat. (2001). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2017-10-26

Issue

Section

Articles