Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.4Keywords:
Prestasi Belajar, GenderAbstract
Abstrak: Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan gender di MTs. Nurul Yaqin Kelanjur Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian ex post facto, dimana data yang dianalisis adalah data prestasi siwa laki-laki dan perempuan yang sudah ada dan di dokumentasikan oleh guru. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII, VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Yaqin Kelanjur semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 49 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan Analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama diperoleh nilai Fhitung = 2.2897 lebih besar dari Ftabel = 1.97, sehingga dapat di simpulkan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa berdasarkan gender di Madrasah Tsanawiyan Nurul Yaqin Kelanjur. Selanjutnya dilakukan uji simple effect antar prestasi siswa laki-laki dan siswa perempuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara prestasi siswa laki-laki ataukah siswa perempuan. Dari uji tersebut diperoleh nilai F hitung menunjukan perbedaan yang signifikan yaitu Fhitung = 2.5943 lebih besar dari Ftabel=1.97. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa perempuna lebih baik dari pada siswa laki-laki di MTs. Nurul Yaqin Kelanjur Tahun Pelajaran 2016/2017.
Â
Abstract: As regards to this research is aimed to know if there is differences in students mathematics learning achievement based on their gender in MTs. Nurul Yaqin Kelanjur around 2016/2017. This research approach is using quntitative research with eks post facto type, where the analysis data is the achievement of students boys and girls which is documented by teacher. The object of this research is all of students grade VII, VIII, and IX in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Yaqin Kelanjur in second semester around 2016/2017 on 49 student. Based on data analysis output which done it with variansi analysis one way with another it given count value =2.2897 more than table =1.97, it concluded that there are the significant differences among students learning achievement based on their gender in Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Kelanjur. Afterwards, simple effect examination activity between boys and girls student to know their better achievement from both of them. From that examination, it given F value show the significant differences. The F value =2.5943 more than table=1.97. In conclusion, it shows that learning girls student achievement is better than boys in MTs. Nurul Yaqin Kelanjur around 2016/2017.
References
Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke-3, UNS Press, Surakarta
Eka Rachma Kurniasi. (2016). Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang, 5(2).
Goldman, DGJ., Torrisi, G., Steele. (2002). Contructivist Pedagogies Of Interactivity On A Cd-Rom To Enhance Academic Learning At A Tertiary Institusion, International Journal of Education Technology, 3(1), 155-165
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Herien Puspitawati. (2010). Persepsi Peran Gender Terhadap Pekerjaan Domestik dan Publik Pada Mahasiswa IPB, Institut Pertanian Bogor, 5(1), 17-34
Hudoyo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press
Kristi Liani Purwanti. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas I, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang, 9(1), 112.
Nana Sudjana. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo, Bandung
Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman. (2001). Intraksi dan Motivasi Belajar Menganjar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).