Pengaruh Strategi Heuristik Pada Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP

Authors

  • Dewi Pramita Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muh Rusmayadi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.722

Keywords:

Strategi Heuristik, Pemecahan Masalah

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi heuristik pada pendekatan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Instrument yang digunakan adalah tes yang berjumlah 6 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 65,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 58,68. Hasil uji-t diperoleh t-hitung sebesar 2.53   dan t-tabel sebesar 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberikan perlakuan berbeda. Sehingga strategi heuristik pada pendekatan pemecahan masalah yang digunakan lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung pada materi persamaan linear dua variabel.

Abstract:  The purpose of this study was to determine the effect of heuristic strategies on the mathematical problem solving approach of students in class VIII of Junior High School on the material of Two Variable Linear Equation Systems. This type of research is quasi-experimental. The population of this study was the eighth grade students of junior high school. The instrument used is a test which amounts to 6 questions. The results showed that the average results of the experimental class posttest were 65.8 and the control class average value was 58.68. The t-test results obtained t-count of 2.53 and t-Tabel of 2.02. This shows that the learning outcomes between the experimental class students and the control class have significant differences after being given different treatments. So that the heuristic strategy in the problem solving approach used is more influential on student learning outcomes compared to the direct learning method in the two-variable linear equation material

References

Andri. (2008). Strategi Heuristik Pada Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Nuharini Dewi. (2008). Matematika konsep dan Aplikasinya untuk SMP/MTs kelas VIII. Siduarjo: Campion Smart.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jatim: SIC

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Cet .X. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yudi Darma, Imam Sujadi. (2011). Efektivitas Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan dan Deret Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah di Pontianak. JMEE, 1(2), 72-82

Downloads

Published

2018-10-30

Issue

Section

Articles