Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Pada Materi Operasi Aljabar

Authors

  • Ayu Komalasari SMAN 2 Lambu Bima
  • Darmasih Darmasih MA Ittihadul Umam

DOI:

https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.757

Keywords:

Hasil Belajar, Kreatif-Produktif, dan Operasi Aljabar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dari penelitian adalah hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata diperoleh siswa pada siklus I sebesar 48,68 dengan ketuntasan klasikal belajar sebsar 71,42 dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 64,34 dengan ketuntasan klasikal belajar sebsar 78,12%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama menghasilkan rata-rata 8,4 dan pertemuan kedua dengan rata-rata sebesar 10,2, kemudian pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 11,6 dan pada pertemuan kedua dengan rata-rata 15,4. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif pada materi operasi aljabar kelas VIII SMP.

Abstract:  The purpose of this study was to improve the mathematics learning outcomes of eighth grade students of Junior High School through the application of creative-productive learning strategies. This type of research is classroom action research (CAR). Data collected from research are test results and observations. The results showed that the average value obtained by students in the first cycle was 48.68 with the classical completeness of learning was 71.42 and in the second cycle the average score was 64.34 with the classical completeness of learning was 78.12%. While the activities of students in the first cycle of the first meeting produced an average of 8.4 and the second meeting with an average of 10.2, then in the second cycle the first meeting with an average of 11.6 and at the second meeting with an average of 15, 4. The results of the study showed an increase in mathematics learning outcomes through creative-productive learning strategies in algebraic operating material in eighth grade students of Junior High School.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Fadrik Adi Fahrudin. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 41-48

Hamalik, Oemar. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hendra Erik Rudyanto. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educantum, 4(1), 41-48

Johnson, Richard. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis.United States: Prentice Hall

Musfiroh, Takdiroh. (2003). Bermain Sambil Belajar dan Melatih Kecerdasan Anak. Jakarta: Bumi Angkasa

Pendawi Dwi Herdani, Novisita Ratu. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 9-16

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PTRinekaCipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiono Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grafika Persada

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tatag Yuli Eko Siswono. (2007). Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Jurusan Matematika FMIPA UNESA, 5(1), 1-10

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Articles